CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Where Art Meets Technology

2 Dimensi  / 3 Dimensi

World Class Design, World Class Lecturers

DIRECTORY
PROGRAM STUDI DKV

REPOSITORY PEMBELAJARAN ONLINE

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

DKV Ma Chung "AYAS DKV Ma Chung!"

DKV Ma Chung merupakan program studi unggulan dari Universitas Ma Chung

PREV
NEXT

Program Studi  DKV Universitas Ma Chung

Didukung oleh dosen profesional dan kaya pengalaman di industri kreatif, prodi DKV Universitas Ma Chung siap menerima generasi muda masa kini yang menyukai perubahan dan hal-hal baru di era 4.0. Bersama DKV Universitas Ma Chung, mahasiswa dapat memilih bidang konsentrasi yang diinginkan sesuai minat masing-masing, dan memiliki kesempatan besar untuk langsung terserap di dunia kerja bahkan sebelum lulus dari Universitas Ma Chung.

Brand & Graphic Design

Konsentrasi ini mengekplorasi desain grafis dan juga implementasinya pada medium berbasis cetak (print-based graphic design/print-collateral), dan juga berbasis layar (screen-based graphic design). Sehingga bidang kajian praktik desain grafis dalam konsentrasi ini disamping meliputi pengetahuan akan proses dan material cetak analog, juga mencakup pengetahuan tentang karakteristik media digital, dan keterampilan motion graphic.

Games & Digital Media Design

Dengan dibekali pengetahuan mengenai konsep games dan media digital, keterampilan merumuskan konsep dan mewujudkan user experience, pengetahuan tentang metode dan manajemen produksi games serta media digital, dan juga keterampilan merancang website, user interface, dan multimedia interaktif, lulusan diharapkan mampu menjadi game assets designer/game artists, game designer, digital media designer, dan games & digital media production manager.

Animation

Dengan dibekali pemahaman tentang konsep animasi, metode perancangan, dan keterampilan manajemen produksi animasi, keterampilan merancang figur dan karakter, keterampilan mengoperasikan perangkat lunak animasi, serta melakukan 3D modelling, lulusan diharapkan mampu menjadi wirausahawan animasi, profesional animasi (animator), dan manajer produksi animasi.

Comics & Illustration

Dengan dibekali pengetahuan tentang praproduksi seni sekuensial (merancang alur cerita, naskah, karakter dan perwatakan), dan keterampilan digital coloring, sketch drawing, background drawing, dan character design, lulusan diharapkan mampu menjadi comic artists, ilustrator, digital painter, dan character designer.

Photography & Videography

Dengan dibekali pengetahuan tentang manajemen produksi film dan sinematografi, serta keterampilan fotografi digital, video editing, photo editing, dan visual effect, lulusan diharapkan mampu menjadi fotografer (baik fotografer produk, model, maupun landscape), photo editor-retoucher, digital imaging artist, videografer, sineas, Visual Effect Director, serta penulis naskah film.

Mengapa memilih Program Studi ini?

Perkuliahan dengan metode pengajaran yang up to date dan menyenangkan

Dosen yang profesional dan berpengalaman untuk membimbing mahasiswa sesuai dengan minat masing-masing.

Pengembangan karakter mahasiswa yang terintegrasi dalam perkuliahan

Kesempatan untuk memiliki pengalaman internasional.

Memiliki 5 bidang konsentrasi yang dibutuhkan di berbagai bidang industri.

Tergabung dalam komunitas desain nasional maupun internasional yang dapat meningkatkan paparan mahasiswa terhadap pengetahuan desain yang lebih luas.

Program Studi ini cocok untuk Anda yang:

Memiliki minat di bidang seni, desain dan mengkomunikasikan ide melalui berbagai media

Memiliki minat pada bidang desain dengan memanfaatkan teknologi

Tertarik untuk bekerja bersama-sama untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada masyarakat.

Memiliki minat pada kombinasi warna, gambar, dan kata yang mampu membawa kesan yang berbeda

Memiliki minat pada proses kreatif maupun proses bisnis untuk menghasilkan suatu karya.




Lulusan Desain Komunikasi Visual akan dibekali dengan berbagai kompetensi, antara lain.

  • Memiliki wawasan global dan mampu bekerja di berbagai bidang komunikasi visual dengan menerapkan pengetahuan dan metodologi desain berbasis penguasaan teknologi digital
  • Mampu merancang dan mengembangkan usaha mandiri serta turut berperan dalam industri kreatif
  • Mampu berinovasi, merancang dan mengembangkan karya cipta desain media digital.
Sesuai bidang konsentrasinya, lulusan Prodi DKV dapat:

  • Menjadi desainer in-house di sebuah perusahaan kreatif, rumah produksi, atau perusahaan manufaktur;
  • Menjadi creative enterpreneur dengan mendirikan usaha mandiri;
  • Bekerja secara mandiri sebagai desainer lepas (freelance designer); dengan bidang kerja Percetakan, Periklanan, Perfilman, Fotografi, Teknologi Informasi, serta Teknologi Game.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia menyatakan bahwa Program Studi Desain Komunikasi Visual terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B
Unduh Sertifikat
Lulusan SMA/SMK. Untuk informasi calon mahasiswa baru dan beasiswa silakan klik di sini.
Tahun 1 : Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dasar desain dari Desain Komunikasi Visual, dimulai dari teori, sejarah, dan prinsip-prinsip dasar desain. Selain itu, mahasiswa juga mendapat mata kuliah kekhasan Universitas Ma Chung yaitu Bahasa Tionghoa dan Bahasa Inggris pada tahun pertama.

Tahun 2 : Pada tahun kedua mahasiswa akan mempelajari metode desain dan teknik produksi berbagai media mulai dari fotografi, animasi, dan musik. Di tahun kedua ini pula mahasiswa dapat mulai memilih mata kuliah yang sesuai dengan minatnya.

Tahun 3 : Mahasiswa akan mengenal lebih jauh tentang desain media digital serta bidang-bidang ilmu desain lainnya. Selain itu, pada tahun ini mahasiswa dipersiapkan untuk mengerjakan tugas akhirnya melalui mata kuliah Metodologi Penelitian dan Seminar.

Tahun 4 : Di tahun keempat mahasiswa dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja melalui mata kuliah etika profesi hingga praktik kerja lapangan. Pada akhir tahun keempat, mahasiswa dapat berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas akhirnya.

Lecturer

Dosen Program Studi

Sultan Arif Rahmadianto, S.Sn., M.Ds.

Sultan Arif Rahmadianto, S.Sn., M.Ds.

Bidang Keahlian Desain Media Digital dan Game
Ayyub Anshari Sukmaraga, S.Sn., M.Ds.

Ayyub Anshari Sukmaraga, S.Sn., M.Ds.

Bidang Keahlian Ilustrasi dan Komik.

Aditya Nirwana, S.Sn., M.Sn.

Aditya Nirwana, S.Sn., M.Sn.

Bidang Keahlian Research Design.

Didit Prasetyo Nugroho, S.Sn., M.Sn.

Didit Prasetyo Nugroho, S.Sn., M.Sn.

Bidang Keahlian Fotografi dan Videografi.

Bintang Pramudya Putra Prasetya, S.Sn., M.Ds.

Bintang Pramudya Putra Prasetya, S.Sn., M.Ds.

Bidang Keahlian Brand & Graphic Design

Amar Ma'ruf Stya Bakti,S.Pd., M.Pd.

Amar Ma'ruf Stya Bakti,S.Pd., M.Pd

Bidang Keahlian Brand Identity & Illustration

ARTIKEL PRODI DKV

LIHAT SEMUA -
  • Tiga desainer Top Dunia yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Desain

    Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seni desain […]

  • Empat Platform rekomendasi untuk Portofolio Desain Grafis Kamu!

    1. Dribbble Dribbble merupakan salah satu web yang berisi komunitas dari graphic designer, illustrator, dan juga web designer untuk saling membagikan screenshoot dari proyek yang mereka kerjakan. Proyek yang kamu upload bisa dinilai oleh pengguna lain sebelum menjadi public. Dengan banyaknya engagement di post yang kamu miliki, akan semakin besar kesempatanmu untuk dilirik oleh klien. Selain itu, penilaian para user lain bisa menjadi salah satu bahan pembelajaran untuk ke depannya. 2. […]

AGENDA PRODI DKV

LIHAT SEMUA -
  • Tahukah Kalian Macam-macam Gambar Perspektif?

    Ada 3 macam jenis titik hilang yang perlu kalian ketahui dalam menggambar perspektif. Mata manusia mampu melihat objek secara realistis. Objek benda yang jauh akan terlihat semakin kecil. Hal ini diadaptasi dalam pembuatan gambar yang menggunakan satu titik hilang, dua titik, atau tiga titik hilang. Gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan manusia agar dapat membuat […]

  • Jenis Teknik Menggambar yang Wajib Kamu Ketahui!

    Inilah beberapa teknik dalam menggambar yang digunakan oleh para pemula maupun seniman tingkat pemula! Menggambar bagi kebanyakan orang itu hal yang susah dan banyak beranggapan bahwa orang yang bisa gambar orang yang mempunyai bakat (bawaan lahir). Tahukah Anda menggambar dapat dipelajari oleh semua orang baik yang mempunyai bakat sejak lahir maupun masih dalam belajar menggambar. […]

  • Rekomendasi Software Berbasis Vector untuk Mendesain

    Era digital yang sudah berlangusng saat ini dan setelah terjadinya Pandemi Global Covid 19 telah merubah aktivitas gaya hidup masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya. Antara lain yang berubah dari pola sehari-hari yaitu bekerja, berbelanja dan berkomunikasi satu sama lain termasuk sektor penjualan dan usaha mikro atau yang disebut dengan UMKM. Para pelaku UMKM tentunya […]

  • Mengakar Lebih Dalam, Untuk Menjulang Lebih Tinggi *

    Oleh : Aditya Nirwana Menakar Disparitas Pertemuan pemuda Indonesia dari 34 provinsi, beserta komunitas diaspora pada tanggal 13-15 Agustus 2018 di Jakarta guna merumuskan visi Indonesia 2045, menyisakan harapan kepada kualitas sumber daya manusia, terutama pemuda. Dengan semangat melanjutkan Sumpah Pemuda 1928, pertemuan tersebut menghasilkan komitmen dalam beragam bidang. Setelah membaca dokumen berjudul “Visi Indonesia […]

Portofolio Penelitian Dosen Desain Komunikasi Visual

Portofolio Pengabdian Dosen Desain Komunikasi Visual

Sertifikasi IT

Lulusan dibekali dengan sertifikasi Microsoft Office

Sertifikasi Bahasa Inggris

Lulusan dibekali dengan sertifikasi TOEIC

Sertifikasi Bahasa Mandarin

Lulusan dibekali dengan sertifikasi HSK

Testimoni Stakeholder & Pengguna Lulusan

Disini saya tidak hanya diajarkan untuk membuat karya desain yang bagus, tetapi juga dilatih untuk dapat melakukan problem solveing melalui tugas-tugas yang menantang. Hard skill didapat, soft skill pun makin mantap, sehingga saya siap dalam menghadapi dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Evelyne Afriliana Gultom

DKV 2015
Lulusan Universitas Ma Chung sangat mengedepankan karakter mahasiswa seperti meningkatkan integritas, memiliki disiplin yang sangat tinggi, dan persiapan untuk terjun dalam dunia kerja. Tidak hanya secara individual saja, namun belajar untuk bekerja sama dalam tim dan kepemimpinan di luar akademik.

Rosalia Nadya Narulita

DKV 2015
MITRA PROGRAM STUDI

Program Studi DKV

Universitas Ma Chung

Gedung Bhakti Persada, Villa Puncak Tidar N-01,
Malang, Jawa Timur

Tel: 0341 / 550 171
Fax: 0341 / 550 172

Email: dkv@machung.ac.id
Web: www.machung.ac.id

STAY IN TOUCH WITH US!

Watch our videos!

We pin only the good stuff!

DKV Ma Chung merupakan program studi unggulan dari Universitas Ma Chung, hal ini dikarenakan DKV Ma Chung memiliki spesialisasi didesain media digital 2D dan 3D yang saat ini menjadi trend dalam masyarakat.

Sehingga lulusan dari DKV Ma Chung mampu terserap di dunia kerja dengan baik yaitu masa tunggu kerja adalah 0 (nol) bulan. Ayo Gabung bersama kami di DKV Ma Chung!!!

Universitas Ma Chung

Berjarak 10 menit dari pusat kota Malang, kami terletak di tempat yang tenang dan mendukung segenap warga Universitas Ma Chung untuk berproses dan bertumbuh di setiap aspeknya.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP