CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Read the World, Express Yourself, Actualize your Potential

We are  A-Accredited Study Program

Lihat Detail

World Class Programme, World Class Lecturers

Webinar FBS

Komik Sebagai Karya Sastra

Info Lengkap

Menghadirkan Lilis Lestari Wilujeng, S.S., M.Hum., dosen Sastra Inggris Universitas Ma Chung

Artikel Sastra Inggris

Plagiarisme adalah Dosa Besar

Selengkapnya

"Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk dapat mencegah plagiarisme, mulai dari riset terlebih dahulu, menyertakan sitasi, dan menghindari praktik copy-paste".

DIRECTORY
PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS

REPOSITORY PEMBELAJARAN ONLINE

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

KEPOIN PRODI

Mau tahu apa aja yang seru di prodi Sastra Inggris? Yuk simak video berikut!

PREV
NEXT

Program Studi  Sastra Inggris Universitas Ma Chung

Dikenal dengan corak "Digital, Kreatif, dan Rekreatif", program studi Sastra Inggris menjanjikan pengalaman studi sastra yang berbeda dan tentu saja, menyenangkan. Metode belajar active learning yang ditunjang dengan penerapan teknologi blended learning memudahkan mahasiswa untuk menerima materi perkuliahan, konsultasi dan pengumpulan tugas yang dapat diakses kapan saja. Dengan kualitas pengajar yang tidak perlu diragukan lagi, Prodi Satra Inggris diakui oleh BAN-PT sebagai program studi unggul, dengan peringkat akreditasi A.

Tourism

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip kepariwisataan dan aplikasi bahasa Inggris dalam bidang pariwisata. Mahasiswa juga akan dikenalkan pada sistem manajemen agen pariwisata dan manajemen hotel serta perencanaan wisata yang tepat. Ditunjang dengan pemahaman antar kultur yang baik, maka mahasiswa akan memiliki kemampuan mumpuni untuk berkecimpung di dunia pariwisata.

Entrepreneurship for Language students

Membekali mahasiswa dengan konsep kewirausahaan yang kuat ditunjang dengan kemampuan komunikasi yang memadai untuk dapat membentuk lapangan kerja bagi dirinya sendiri di bidang bahasa. Dalam konsentrasi ini, mahasiswa juga dikenalkan pada aspek-aspek penting dalam kewirausahaan, termasuk aplikasi langsungnya dalam proyek kewirausahaan yang harus diambil mahasiswa dengan konsentrasi ini.

Mengapa memilih Program Studi ini?

Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung menitikberatkan pada penguasaan critical thinking, communication, creativity dan collaboration (4C) bagi para mahasiswanya. Diterjemahkan dengan apik melalui kurikulum yang menekankan pembelajaran aktif, presentasi yang kreatif, penampilan publik yang representatif dan didukung sistem blended learning yang adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan. Belajar bahasa asing tak pernah semenyenangkan ini.

Program Studi ini cocok untuk Anda yang:

Tertarik untuk menguasai berbagai aspek dari pembelajaran bahasa asing, termasuk di dalamnya budaya.

Senang menulis dan mengembangkan pola pikir analitis dalam menyusun karya tulis, baik karya ilmiah, biografi maupun fiksi.

Tertantang untuk menyelesaikan permasalahan melalui proses komunikasi baik tertulis maupun lisan yang terencana dan bermakna.

Tertarik menguasai penerapan bahasa Inggris dalam berbagai bidang, termasuk di dalamnya pariwisata, bisnis, hingga sosial media.

Lulusan Sastra Inggris akan dibekali dengan berbagai kompetensi, antara lain.

  • Menguasai cabang-cabang ilmu bahasa Inggris dan terampil dalam berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.
  • Memiliki apresiasi tinggi terhadap bahasa dan sastra Inggris.
  • Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian di bidang kebudayaan dan pembelajaran bahasa dan sastra.
  • Memanfaatkan prinsip-prinsip tersebut dalam berbagai profesi yang ditekuninya.
  • Memiliki kecakapan digital, kreatif dan rekreatif yang relevan untuk diaplikasikan dalam berbagai wilayah praktis dalam pekerjaannya.
  • Memiliki kemampuan dasar di bidang-bidang pilihan konsentrasinya yaitu kewirausahaan (entrepreneur) dan pariwisata (tourism)
Lulusan Sastra Inggris Berkarir Dan Bekerja Pada Beberapa Bidang Antara Lain.

  • Content Creator
  • Penerjemah
  • Editor
  • Pengajar Bahasa Inggris
  • Peneliti Bidang Kebahasaan dan Keusastraan
  • Praktisi Kepariwisataan (tour guide, tour leader, travel agent, staf hotel)
  • Wirausahawan di Bidang Bahasa Asing
  • Pekerja kreatif di bidang periklanan
  • Menjadi profesional yang mampu menjalankan fungsinya di beberapa bidang pekerjaan yang mengedepankan kemampuan komunikasi dan kecakapan berbahasa (seperti di bidang media dan broadcasting)
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia menyatakan bahwa Program Studi Sastra Inggris terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A
Unduh Sertifikat
Lulusan SMA/SMK. Untuk informasi calon mahasiswa baru dan beasiswa silakan klik di sini.
Tahun 1 : Mahasiswa akan mempelajari pemahaman dasar bahasa Inggris mulai dari Pronounciation, Speaking, Listening, Vocabulary, Writing dan Reading . Selain itu, mahasiswa juga mulai dikenalkan tentang budaya dan sastra secara umum. Sebagai kekhasan Universitas Ma Chung, mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah umum Agama, Entrepreneurship dan mata kuliah Bahasa Tionghoa.

Tahun 2 : Mahasiswa akan mempelajari secara lebih mendalam tentang English Grammar, Writing dan Reading. Mahasiswa juga mendapatkan pengenalan bidang linguistik, serta pendalaman budaya melalui mata kuliah Drama, Prose, dan Popular Literature. Pengenalan keahlian khusus penerjemahan dan interpretasi teks, serta keahlian pengajaran bahasa Inggris juga diberikan di tahun ini. Pemilihan konsentrasi juga dilakukan pada tahun ini, dan disediakan 2 pilihan konsentrasi yaitu Tourism dan Entrepreneurship for Language Student.

Tahun 3 : Mahasiswa dipersiapkan untuk melakukan penelitian pada tahun ini melalui mata kuliah Research Technique dan Seminar on Research Proposal. Pendalaman terhadap bidang linguistik dan sastra, serta penajaman keahlian penerjemahan dan pengajaran juga diberikan di tahun ketiga ini. Sesuai dengan konsentrasi masing-masing, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah konsentrasi untuk melengkapi pemahamannya.

Tahun 4 : Mahasiswa dapat memfokuskan diri pada kegiatan intership (PKL) sesuai dengan bidang konsentrasi maupun peminatannya. Selain itu mahasiswa juga dapat memprogram dan menyelesaikan tugas akhir (Skripsi) nya pada tahun keempat ini.

Lecturer

Dosen Program Studi

Wawan Eko Yulianto, Ph.D.

Bidang keahlian Penerjemahan Sastra, Teknologi Penerjemahan, Penulisan Populer, Penulisan Kreatif.

Lilis Lestari Wilujeng., SS., M.Hum.

Bidang Keahlian Kajian Sastra, Teaching English to Young Learners, TOEIC.

Prof. Dr. Patrisius I Djiwandono

Bidang Keahlian Metodologi Penelitian, Analisis Wacana, Strategi Pengajaran, Penulisan Ilmiah.

Dr. Daniel Ginting., SS., M.Pd.

Bidang Keahlian Pembelajaran Berbasis Teknologi, Public Speaking, Penulisan Ilmiah, Kepemimpinan.

Melany., SST.Par., MM.Tr.

Bidang Keahlian Perhotelan, Pariwisata, Agen Perjalanan Wisata, Hospitality Service.

FX Dono Sunardi., SS., MA

Bidang keahlian Penerjemahan, Kritik Sastra, Penulisan Populer, Stilistika Bahasa Inggris & Indonesia.

Ounu Zakiy Sukaton, MGAL.

Bidang keahlian Forensic Linguistic, Teknologi Penelitian Bahasa, Penelitian Bahasa, IELTS & TOEIC.

ARTIKEL PRODI SASTRA INGGRIS

LIHAT SEMUA -
  • Plagiarisme adalah Dosa Besar

    Bapak Ounu Zakiy Sukaton, MGAL. memiliki trik khusus agar para mahasiswa yang diajarnya tidak jatuh ke praktik plagiarisme. “Beberapa cara umum yang dapat digunakan adalah menggunakan aplikasi Turnitin atau aplikasi pendeteksi plagiarisme yang lain,” ujarnya. Namun, ada trik-trik khusus yang dapat diaplikasikan untuk mencegah praktik ini. Mencegah Plagiarisme Menugaskan pembuatan outline sebelum membuat esai adalah […]

  • Kampus Mengajar dan Skripsi Pengembangan Bahan Ajar

    Clarissa Mengikuti Kampus Mengajar 2021

    Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung sangat berbangga bisa terus tumbuh dalam kurikulumnya dan mengiringi perkembangan pendidikan di era Merdeka Belajar (Kampus Mengajar). Bentuk dan fokus pembelajaran di prodi Sastra Inggris telah banyak mengakomodasi perkembangan di bidang Bahasa dan Sastra Inggris. Selain itu, mahasiswa juga mulai terlibat aktif dalam berbagai Program Merdeka Belajar yang […]

  • Food Waste Management: Capacity Building dari Erasmus dan Universitas Ma Chung

    Peserta Capacity Building Food Waste Management

    Pengelolaan sampah makanan atau food waste management adalah satu hal yang kian perlu diperhatikan di semua bidang keilmuan, mulai teknik hingga Sastra Inggris. Apalagi bila jurusan Sastra Inggris itu memiliki konsentrasi di bidang pariwisata dan perhotelan seperti yang dimiliki Universitas Ma Chung. Di tengah tingginya tuntutan untuk berproduksi dan berinovasi, kita tidak boleh melupakan apa yang […]

  • Universitas Ma Chung Mendampingi Tim Kreatif Promosi Desa Kucur

    (Berita ini ditayangkan ulang dari Terakota.id) Terakota.id–Di Lembah Gunung Sari yang teduh, 25 orang berkumpul di gazebo beratap ijuk bergaya Minang, Sabtu, 12 Juni 2021. Kawasan ini merupakan tempat wisata alam pemandian di desa Kucur, kecamatan Dau, kabupaten Malang. Pertemuan ini adalah “Pelatihan Tim Kreatif Promosi Potensi Desa.” Meski senyum tertutup masker, sorot mata dan gerak-gerik […]

  • “Komik Sebagai Karya Sastra,” Webinar oleh Dosen Sastra Inggris Ma Chung

    “Komik Sebagai Karya Sastra” adalah judul Webinar yang diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Ma Chung pada tanggal 10 Juni 2021. Webinar ini menghadirkan Lilis Lestari Wilujeng, S.S., M.Hum., dosen Sastra Inggris Universitas Ma Chung. Bu Lilis pada dasarnya mengajukan gagasan bahwa komik adalah karya budaya yang bisa dibaca dan ditelaah sebagai sebuah karya […]

AGENDA PRODI SASTRA INGGRIS

LIHAT SEMUA -
  • Clarissa Mengikuti Kampus Mengajar 2021

    Kampus Mengajar dan Skripsi Pengembangan Bahan Ajar

    Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung sangat berbangga bisa terus tumbuh dalam kurikulumnya dan mengiringi perkembangan pendidikan di era Merdeka Belajar (Kampus Mengajar). Bentuk dan fokus pembelajaran di prodi Sastra Inggris telah banyak mengakomodasi perkembangan di bidang Bahasa dan Sastra Inggris. Selain itu, mahasiswa juga mulai terlibat aktif dalam berbagai Program Merdeka Belajar yang […]

  • Komik Sebagai Karya Sastra – Webinar Fakultas Bahasa dan Seni

    Komik Sebagai Karya Sastra Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Ma Chung mengundang seluruh sivitas akademik Universitas Ma Chung dan pihak-pihak yang berminat untuk menghadiri FORKOMIL (Forum Komunikasi Ilmiah) dengan tema “Komik sebagai Karya Sastra” Waktu: Kamis, 9 Juni 2021, pukul 15.00 – 17.00 WIB Narasumber: Lilis Lestari Wilujeng, S.S., M.Hum. Meskipun beliau merupakan dosen Program […]

  • Webinar Pop Linguistics: Linguistic Landscape & Forensic Linguistics

    Seintim apa kamu dengan Ilmu Bahasa? Ilmu Bahasa (kerennya Linguistik) itu sangat luas lho. Yang bisa digarap ahli linguistik pun sangat beragam, mulai menafsirkan papan informasi sampai membantu penyidik melakukan investigasi. Pop Linguistics Dalam kuliah umum ini, Prodi Sastra Inggris Universitas Ma Chung menghadirkan “Landscape Linguistics” dan “Forensic Linguistics: Voice Comparison”. Bu Ika Nurhayani, Ph.D. […]

  • Hospitality Talk “The Future is Airbnb” featuring Tino Indrawanto

Portofolio Penelitian Dosen Sastra Inggris

Portofolio Pengabdian Dosen Sastra Inggris

Sertifikasi IT

Lulusan dibekali dengan sertifikasi Microsoft Office

Sertifikasi Bahasa Inggris

Lulusan dibekali dengan sertifikasi TOEIC

Sertifikasi Bahasa Mandarin

Lulusan dibekali dengan sertifikasi HSK

Testimoni

I was an intern at Gets Hotel Malang for 3 months (July - October 2016). There, I learned most in Sales and Marketing and Human Resources Department. I acted as an administrator in both departments, taking care of administrative jobs. Like an actual hotelier, I had a lot to do and I frequently went home late. However, I got to learn and made a lot of new friends at Gets Hotel Malang. Instead of assigning me with simple jobs like other interns anywhere else (photocoying, making coffe, etc.), the superiors trusted me to help them with actual hotel tasks, and that was a very precious experience.

TRIFOSA OLFI

Sastra Inggris Angkatan 2013
The English Letters Study Program does not only teach me literature, but also Translation, Linguistics, English Teaching, culture and many others. In my classes and activities, I learned about parenting, how to be happy wherever I am, and how to love compassionately. I learn so many thing both academically and non-academically. I hope you all learn many things during your learning process at Universitas Ma Chung.

YUKIKO TIRZAH SUHENDRA

Sastra Inggris Angkatan 2014

Angela Nerissa Tayongka

Sastra Inggris Angkatan 2014
Saya memilih Prodi Sastra Inggris karena di dalamnya saya mendapatkan pengajaran 2 bahasa sekaligus: Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Kemampuan dalam 2 bahasa ini sangat mendukung saya sebagai pianis untuk mengerti berbagai literatur musik dan analisa lagu sehingga interpretasi musik saya bisa lebih kaya. Berbekal kemampuan dalam 2 bahasa, saya siap untuk berkarya di tingkat internasional.
Mitra Program Studi

Program Studi Sastra Inggris

Universitas Ma Chung

Gedung Bhakti Persada, Villa Puncak Tidar N-01,
Malang, Jawa Timur

Tel: 0341 / 550 171
Fax: 0341 / 550 172

Email: sastrainggris@machung.ac.id
Web: www.machung.ac.id

STAY IN TOUCH WITH US!

Watch our videos!

We pin only the good stuff!

Universitas Ma Chung

Berjarak 10 menit dari pusat kota Malang, kami terletak di tempat yang tenang dan mendukung segenap warga Universitas Ma Chung untuk berproses dan bertumbuh di setiap aspeknya.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP