CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Membuka Jendela Karya Animasi Internasional dan Lokal

by Humas Universitas Ma Chung / 12 October 2023 / Published in Machung

Pada Kamis, 12 Oktober 2023, para mahasiswa Program Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Ma Chung menghadiri sosialisasi CRAFT Animfest 2023 yang diselenggarakan di kampus mereka. Sosialisasi ini menjadi ajang untuk memperkenalkan festival animasi terkemuka, CRAFT Animfest 2023, yang akan berlangsung di Malang, Jawa Timur, mulai tanggal 23 hingga 28 Oktober 2023.

Salah satu momen utama dalam sosialisasi ini adalah talkshow bersama Chonie Prysilia, selaku Festival Director CRAFT Animfest 2023. Dalam kesempatan ini, Chonie Prysilia membagikan wawasan mendalam mengenai festival animasi ini yang akan membawa penonton dan juri dalam perjalanan animasi yang penuh warna dan mengasyikkan. “Terdapat 46 film animasi yang akan bersaing di kategori Internasional, terdiri dari 18 film karya mahasiswa dan 34 film karya profesional. Selain itu, terdapat 11 film dalam kategori Shorts for Kids Competition,” demikian jelasnya.

Selain talkshow, sosialisasi Animfest juga menghadirkan screening film-film animasi pemenang CRAFT Animfest 2021 dari berbagai negara. Para mahasiswa terlihat sangat antusias saat mengikuti kegiatan screening film ini karena menariknya film-film animasi yang diputar.

CRAFT Animfest 2023 menjadi festival unik di Asia karena fokus pada pendekatan klasik dan fisik terhadap seni film animasi, seperti stop-motion, teknik tradisional, pemandangan dan boneka kerajinan, sketsa arang, potongan material, serta penggunaan cat atau pasir dengan keahlian. Namun, festival ini juga mengapresiasi keanekaragaman dengan memasukkan seni digital. Terdapat 4 film digital dalam program non-kompetitif SOUTH-EASTERN ASIA FOR KIDS dan 17 film dalam DIGITAL WORLD PANORAMA.

Tak hanya kompetisi internasional dan panorama, SEA COMPETITION juga menjadi bagian penting dalam CRAFT Festival. SEA COMPETITION unik karena memfokuskan pada film animasi dari Asia Tenggara, dengan total 12 film termasuk 6 karya mahasiswa dan 6 karya profesional. Berbagai teknik animasi dapat dipertontonkan dalam kompetisi ini.

CRAFT International Animation Festival ke-4 akan menjadi yang pertama diadakan di Malang, Jawa Timur, sejak tanggal 23 hingga 28 Oktober 2023. Antusiasme dari mahasiswa DKV Universitas Ma Chung dalam sosialisasi ini membuka pintu bagi eksplorasi lebih lanjut mengenai seni animasi, dan diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam dunia animasi baik di tingkat nasional maupun internasional.(RK)

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP