CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Mengenal Nyeri dan Penanganannya

by Humas Universitas Ma Chung / 19 June 2024 / Published in Machung

This image has an empty alt attribute; its file name is DSC02718-1024x576.jpg

Untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswi SMK, Universitas Ma Chung menyelenggarakan trial class bagi siswa-siswi SMK Farmasi Maharani Malang pada Rabu dan Kamis, 19-20 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 11 SMK Farmasi Maharani Malang. Dipandu oleh Kepala Program Studi Farmasi, apt. Martanty Aditya, S.Farm., M.Si., siswa-siswi diajarkan tentang nyeri, termasuk cara mengidentifikasinya hingga upaya mengatasi nyeri tersebut.

Dalam kelas ini, Martanty menjelaskan bahwa keluhan nyeri merupakan tanda adanya reaksi dalam tubuh. Nyeri kepala contohnya, bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, kecemasan, depresi, dan tekanan darah tinggi. Martanty menekankan bahwa obat anti-nyeri tidak bisa diberikan secara terus-menerus karena yang perlu diobati adalah penyebab dari nyeri tersebut. Ia juga menekankan pentingnya kemampuan komunikasi dalam melayani pasien.

“Ketika ada pasien yang datang, maka harus kita gali terlebih dahulu keluhan yang dialami supaya kita bisa tahu dan memberikan obat yang tepat,” jelasnya.

Deteksi nyeri juga bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan mengenai pola tidur atau makan yang terganggu.

Lebih lanjut, siswa-siswi SMK Farmasi Maharani juga belajar mengenai diare yang umumnya disebabkan oleh virus, infeksi bakteri, keracunan makanan, dan berbagai faktor lainnya. Kondisi ini sangat umum terjadi pada anak-anak.

Sebagai bentuk praktik nyata dari kegiatan pembelajaran ini, siswa-siswi diajak untuk praktik langsung di apotek Universitas Ma Chung dan melayani pasien dengan memberikan pertanyaan untuk menganalisis kondisi mereka. Selain itu, dalam trial class ini, seluruh peserta juga diajak berkeliling ke laboratorium dan fasilitas perkuliahan di Universitas Ma Chung.

“Seru dan materinya sangat bermanfaat bagi kita, karena bisa memperluas materi untuk kita yang mau berangkat untuk PKL. Labnya keren-keren banget, terus penataannya bagus, arsitekturnya. Kawasan kampusnya itu juga rindang banget, adem, jadi nyaman banget buat belajar,” ungkap Farah dan Rere, siswi kelas 11 SMK Farmasi Maharani.

“Pengajarnya sangat-sangat humble dan ramah. Cara mengajarnya tuh masuk banget ke kita yang Gen Z. Kami sangat berterima kasih sekali karena trial class ini bisa memberi kita banyak materi yang baru,” tambah mereka.

Terselenggaranya trial class ini bertujuan memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswi SMK Farmasi Maharani Malang dalam menangani keluhan nyeri dan kondisi medis lainnya. Selain itu, mereka diajarkan cara melayani pasien agar dapat memberikan layanan pengobatan yang sesuai.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi memahami pentingnya mendiagnosis dan mengatasi keluhan nyeri dengan tepat, serta memberikan bekal pengetahuan yang berguna dalam praktik mereka nanti. Hal ini sejalan dengan semangat Universitas Ma Chung untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan tinggi dengan menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas, serta sesuai dengan kebutuhan di masa kini dan yang akan datang.  

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP