CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Lanjutkan Studi di Newcastle University

by Humas Universitas Ma Chung / 28 August 2024 / Published in Machung

Maria Regina, alumni Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung angkatan 2017, berhasil meraih prestasi gemilang dengan mendapatkan beasiswa Vice Chancellor’s International Scholarships 2024 dari Newcastle University, Inggris. Regina akan melanjutkan studi master dalam bidang International Marketing di universitas ternama tersebut selama satu tahun mulai September 2024.

Mengapa Newcastle University?

Newcastle University merupakan bagian dari Russell Group kelompok yang terdiri dari 24 universitas terkemuka di Inggris. Kampus ini kemudian menjadi pilihan Regina karena reputasi globalnya. Russell Group juga dikenal berkomitmen untuk mempertahankan standar penelitian terbaik, pengalaman mengajar yang luar biasa, serta hubungan yang kuat dengan dunia bisnis dan sektor publik.

Selain itu, berkuliah di Newcastle juga memberikan peluang bagi Regina untuk melanjutkan studi dengan biaya hidup yang lebih terjangkau dibandingkan dengan daerah lain di Inggris.

Mendalami Bidang International Marketing

Regina sebelumnya sempat bekerja sebagai Digital Marketing Specialist di salah satu perusahaan logistik ternama di Indonesia. Melalui pengalaman ini, ia merasa perlu untuk memperdalam pengetahuannya di bidang pemasaran internasional. Pengalaman kerja tersebut mendorongnya untuk mencari kesempatan studi lanjut S2, sehingga ia memutuskan untuk fokus pada bidang International Marketing di Newcastle University.

Untuk mendapatkan beasiswa studinya ini, Regina harus melalui serangkaian persiapan yang matang. Mulai dari tes IELTS dan berbagai dokumen penting, seperti personal statement, esai, transkrip akademik, surat rekomendasi, ijazah, dan CV. Dalam proses ini, Regina mendapatkan dukungan penuh dari para dosen Sastra Inggris Universitas Ma Chung.

“Saya sangat senang dan bersyukur bisa berkuliah di Universitas Ma Chung karena dosen-dosennya sangat suportif. Mereka tidak hanya memberikan dukungan melalui surat rekomendasi, tetapi juga memberikan dukungan mental yang sangat berarti,” ujar Regina.

Tantangan dan Tips Sukses

Bagi Regina, tantangan terbesar selama persiapan adalah membagi waktu antara pekerjaan dan menyiapkan dokumen aplikasi, serta berlatih untuk tes IELTS. Meski demikian, ia berhasil melalui semua tantangan tersebut dengan baik.

Regina juga membagikan tips bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa serupa. “Untuk lolos beasiswa, pastikan nilai akademik saat S1 bagus. Dalam menulis personal statement, susunlah secara tertata dan original,” saran Regina.

Regina juga menyampaikan pesan inspiratif kepada mahasiswa Universitas Ma Chung, “Jangan takut untuk memiliki mimpi besar. Dengan upaya optimal dan dukungan dari kampus, mimpi besar kita pasti bisa menjadi kenyataan,” pungkasnya.

Dr. FX Dono Sunardi., SS., MA selaku Kepala Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung mengapresiasi prestasi Regina ini.

“Prodi Sastra Inggris atau dikenal pula sebagai E-GCC (English for Global and Creative Communication) memiliki warna khas yang kuat dan ingin terus dikembangkan, dengan salah satunya adalah global. Kami meng-encourage mahasiswa kami untuk memiliki mentalitas global, kemauan untuk mengembangkan diri dan berkiprah serta ambil peran di arena global,” ungkap Dr. Dono.

“Salah satu upaya untuk terlibat dalam dunia global adalah keluar dan berani mengambil peran aktif. Studi keluar negeri seperti akan dilakukan oleh alumnus kami, Maria Regina dari angkatan 2017 ke Newcastle University di UK adalah sebuah langkah nyata untuk bisa ikut dalam peran global tersebut. Kami senang dengan hal ini dan akan mendorong lebih banyak mahasiswa dan alumni terlibat dalam percaturan global, baik melalui pertukaran mahasiswa ataupun studi ke luar negeri,” pungkasnya.

Dengan diraihnya prestasi gemilang oleh Regina, diharapkan pencapaian ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi yang kuat bagi seluruh civitas akademika Universitas Ma Chung. Kesuksesan Regina dalam meraih beasiswa untuk melanjutkan studi S2 di Newcastle University bukan hanya sekadar pencapaian pribadi, tetapi juga refleksi dari kualitas pendidikan dan bimbingan yang diberikan oleh Universitas Ma Chung. Prestasi ini menunjukkan bahwa dengan tekad, kegigihan, kerja keras, dan dukungan dari lingkungan akademik yang solid, setiap mahasiswa memiliki potensi untuk mencapai impian mereka.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP