CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Olimpiade Farmasi: Jalin Jejaring, Tingkatkan Kreativitas

by Humas Universitas Ma Chung / 26 February 2024 / Published in Machung

Himpunan Mahasiswa Prodi Farmasi (Aloephera Club) Universitas Ma Chung menyelenggarakan Olimpiade Farmasi dengan tema “Explore Potential and Increase Creativity” pada Sabtu, 24 Februari 2024, di Gedung Balai Pertiwi Universitas Ma Chung. Acara ini ditujukan untuk seluruh SMK Farmasi se-Jawa Timur.

Kepala Program Studi Farmasi Universitas Ma Chung, apt. Martanty Aditya, S.Farm., M.Si., menjelaskan bahwa olimpiade ini merupakan acara tahunan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Farmasi Universitas Ma Chung. Untuk tahun ini sendiri, antusiasme peserta sangat tinggi sehingga jumlah pendaftar melebihi target yang telah ditetapkan.

“Tahun ini, dari target 20 kelompok peserta, kami menerima pendaftaran dari 24 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang peserta. Bahkan, ada kelompok yang datang dari SMK Farmasi Sidoarjo,” ungkap apt. Martanty.

Selain meningkatkan minat siswa dalam lomba Farmasi, olimpiade ini juga bertujuan untuk membangun jejaring dengan SMK Farmasi dan memperkenalkan Program Studi Farmasi khususnya di Universitas Ma Chung kepada SMK Farmasi di Jawa Timur.

Dalam penyelenggaraan olimpiade ini, para peserta mengikuti beberapa tahapan, yakni babak penyisihan, semifinal, dan final berupa kompetisi cerdas cermat. Para peserta yang lolos babak penyisihan secara berkelompok akan melanjutkan ke babak semifinal di mana perwakilan kelompok melakukan praktikum sediaan sirup suspensi dalam waktu 90 menit.

Selain itu, pada babak semifinal peserta juga mengerjakan jurnal resep yang telah disediakan oleh panitia. Pada babak ini, peserta dinilai oleh dua orang juri, yakni apt. Annisa Lazuardy, S.Si., M.Farm., dan apt. Ellyvina Setya Dhini, S.Si., M.Farm., yang merupakan Dosen Program Studi Farmasi Universitas Ma Chung. Kelompok terbaik akan melanjutkan ke babak final untuk mengikuti sesi cerdas cermat.

Selain kegiatan olimpiade, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berkeliling ke berbagai laboratorium Farmasi di universitas. Didampingi oleh Ardian Indra, seorang Laboran Universitas Ma Chung, para peserta melihat fasilitas laboratorium dan mendapat materi mengenai kegiatan praktikum yang dilakukan di laboratorium tersebut.

“Seru, dapat pengalaman baru, pengetahuan baru, dan dapat teman-teman baru dari sekolah-sekolah lain,” ungkap Dinda, peserta dari SMK Kesehatan Amanah Husada, Kota Batu.

Terselenggaranya Olimpiade Farmasi ini menjadi bukti sinergi dan kegigihan civitas akademika Universitas Ma Chung dalam menjalin hubungan antar institusi pendidikan. Kegiatan ini juga merupakan kontribusi Universitas Ma Chung dalam membantu melahirkan generasi muda yang berkualitas, kreatif, dengan pemikiran kritis-prinsipil dan kreatif-realistis melalui kegiatan olimpiade yang mencakup sesi cerdas cermat.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP