CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Selamat Awardee Beswan Djarum 2024!

by Humas Universitas Ma Chung / 24 September 2024 / Published in Machung

Civitas akademica Universitas Ma Chung kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini Nathasya Christianie Tandyo dari Program Studi Manajemen dan Felicia Clarissa dari Program Studi Akuntansi, berhasil menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus 2024. Setelah melewati proses seleksi yang ketat, mereka resmi menyandang gelar Beswan Djarum, yang merupakan salah satu beasiswa bergengsi di Indonesia.

Dengan menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus, para beswan djarum berhak untuk mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun serta mengikuti berbagai pelatihan soft skills yang dirancang untuk mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini mencakup Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, dan International Exposure. Melalui program Community Empowerment. Mereka juga diberikan kesempatan untuk menerapkan keterampilan yang telah dipelajari dalam memberikan solusi atas masalah sosial di sekitar mereka.

Proses Seleksi yang Menantang

Perjalanan menjadi Beswan Djarum melalui proses yang cukup panjang dengan seleksi yang berlangsung sejak Mei hingga September 2024. Proses seleksi tersebut meliputi tahap administrasi, tes tulis online dan offline, serta Group Assessment Test dan wawancara. Felicia dan Nathasya mengaku senang, terkejut, dan tidak menyangka bisa lolos seleksi tersebut.

Pada awalnya, Nathasya dan Felicia mengaku mengetahui informasi beasiswa ini dari sosialisasi kampus, Instagram, dan kakak tingkat di Universitas Ma Chung yang sudah lebih dahulu menjadi Beswan. Bagi mereka, beasiswa ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan soft skill yang merka miliki.

“Beswan terkenal dengan banyak pelatihan soft skills yang ke depannya bisa membantu karier. Selain itu, bisa mendapatkan banyak relasi baru dari seluruh Indonesia,” ungkap Felicia.

Sementara itu, Nathasya juga melihat peluang besar dari beasiswa ini untuk memperkuat kemampuan pribadi dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan. “Djarum memiliki pelatihan yang sangat membantu dalam meningkatkan soft skills dan hard skills. Jadi, kita bisa lebih matang mempersiapkan diri untuk meraih cita-cita,” jelas Nathasya.

Tantangan Selama Seleksi dan Tips

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Nathasya dan Felicia adalah saat mengikuti Group Assessment Test, di mana mereka harus cepat beradaptasi dan berbaur dengan peserta lain yang belum dikenal. Menjaga emosi dan tetap fokus menjadi kunci sukses mereka.

Selain itu, mereka juga berprinsip untuk memberikan yang terbaik dalam kesempatan yang mereka miliki. “Jika sudah ada niat, langsung saja maksimalkan diri, tidak perlu overthinking, do the best!”

Felicia juga menambahkan bahwa bagi penting untuk berani mencoba dan mengambil kesempatan “Jangan takut mencoba. Berani coba dulu, siapa tahu kita beruntung.”

Keduanya juga memberikan beberapa tips dan trik agar bisa lolos seleksi Beswan Djarum, antara lain banyak berlatih untuk tes tulis ataupun psikotes, mencari informasi sebanyak termasuk dari kakak tingkat awardee Beswan Djarum tahun sebelumnya, dan tentu saja, tidak lupa berdoa.

Dukungan Universitas Ma Chung

Baik Felicia maupun Nathasya mengungkapkan bahwa dukungan dari Universitas Ma Chung sangat membantu mereka dalam mendapatkan beasiswa ini. Felicia juga menambahkan bahwa partisipasinya dalam berbagai kompetisi akuntansi sangat membantu saat proses wawancara “Proses pengurusan berkas oleh universitas sangat lancar dan dimudahkan. Selain itu aku ikut kompetisi-kompetisi Akuntansi mewakili prodi. Hal ini benar-benar membantu, terlebih ketika proses interview,” ungkap Felicia.

Di sisi lain, Nathasya menambahkan bahwa banyaknya kegiatan kemahasiswaan di Universitas Ma Chung sangat membantu dirinya dalam memperkuat CV. “Banyaknya kegiatan kemahasiswaan di kampus membantu memperkuat CV kami, jadi jika ada kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan kampus, jangan disia-siakan” jelas Nathasya, yang banyak terlibat dalam kegiatan internasional di Universitas Ma Chung.

Wawan Eko Yulianto, SS., MA., Ph.D. selaku Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) mengapresiasi prestasi Nathasya dan Felicia ini. “Selamat kepada Nathasya Christianie Tandyo dan Felicia Clarissa! Tentu ini bukan hasil kerja semalam. Semoga semangat dan ketekunannya yang membawa sampai ke titik ini akan terus terjaga dan bahkan meningkat. Dan menular ke yang lain!”

Prestasi gemilang Nathasya dan Felicia ini menjadi bukti kegigihan civitas akademika Universitas Ma Chung. Semangat juang dan keinginan untuk selalu mengembangkan diri menjadi sebuah teladan berharga bagi mahasiswa lainnya. Hal ini selaras dengan nilai semangat Universitas Ma Chung untuk terus menghasilkan lulusan yang unggul, berkualitas, dan berkontribusi dalam masyarakat.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP