CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

6 Tips Membangun Dan Memperluas Networking Selama Kuliah

by superadmin / 21 April 2022 / Published in Machung

Selain menuntut ilmu, kuliah juga dapat menjadi sarana untuk mendatangkan manfaat lain seperti contohnya membangun dan memperluas networking. Networking membantu mahasiswa untuk lebih mudah melangkah ke jenjang berikutnya, yaitu pada dunia kerja. Dengan memiliki networking yang luas, anda dapat mendapatkan berbagai informasi dan memiliki banyak teman yang berasal dari berbagai bidang.

Terlebih jika anda telah membangun networking sejak duduk di bangku perkuliahan. jaringan dan relasi yang anda miliki sangat dapat membantu anda untuk menapak jenjang karir berikutnya. Namun bagi sebagian orang masih merasa kesulitan untuk membangun dan memperluas networking. Jika anda adalah salah satu orang yang merasakan hal demikian, maka anda wajib menyimak 6 tips membangun dan memperluas networking selama kuliah berikut ini:

Tips memperluas networking
Foto oleh Visual Tag Mx dari Pexels

Jangan Takut Keluar dari Zona Nyaman

Step pertama untuk membangun dan memperluas networking adalah keluar dari zona nyaman dan berani untuk mencoba sesuatu yang mungkin masih terasa baru untuk anda. Anda tidak perlu takut untuk menyapa atau bahkan memulai obrolan dengan rekan baru. Memulai obrolan dengan baik, dan pastikan anda tulus ingin menjalin pertemanan bukan untuk koneksi semata. Jika dirasa perlu, anda dapat bertukar kontak dengan rekan anda. Pastikan anda mengingat mereka jika bertemu dilain waktu, karena rekan anda akan merasa dihargai.

Memanfaatkan Akun Media Sosial dengan Baik

Salah satu akses yang dimiliki setiap orang adalah social media. Gunakan social media anda dengan baik untuk membangun dan memperluas networking. Social media mempermudah anda untuk dapat terhubung dengan orang yang berpengaruh dalam bidangmu. Selain melalui Facebook, Instagram, Whatsapp, anda juga bisa menggunakan LinkedIn untuk menghubungkan anda dengan orang – orang profesional dalam bidang yang sesuai dengan diri anda.

Gunakan Status Mahasiswa dengan Bijak

Status mahasiswa yang dimiliki sangat dapat membantu anda untuk membangun dan memperluas networking anda saat ini. Anda bisa menjalin relasi dengan para alumni kampus anda saat ini dengan meminta kontak mereka. Manfaatkan hal tersebut untuk menjalin hubungan yang baik, siapa tahu mereka akan membantu memberikan anda saran bagaimana menemukan karir yang tepat untuk diri anda. Bermanfaat sekali bukan?

Membangun Hubungan Baik dengan Dosen dan Staff

Selain menjalin hubungan baik dengan sesama mahasiswa, membangun hubungan yang baik dengan dosen dan staff juga tidak kalah penting. Banyak sekali manfaat dari membangun dan memperluas networking dengan dosen. Terlebih jika dosen dan staff sudah mengenal dan hafal dengan anda. Ciptakan first impression yang baik, karena first impression menentukan bagaimana cara orang memandang dan menilai. Tetapi ada hal yang harus diperhatikan selanjutnya, yaitu harus memahami batasan-batasan yang berlaku antara dosen dan mahasiswa.

Magang

Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti program magang, salah satunya untuk membangun dan memperluas networking. Temukan program magang yang sesuai dengan bidang yang sedang anda tekuni. Ini dapat membantu anda untuk menambah relasi dengan rekan yang memiliki bidang yang sama dengan anda. Selain itu, anda dapat memiliki kemungkinan untuk direkrut menjadi karyawan full time dan bekerja di tempat anda melakukan magang.

Universitas Ma Chung memiliki berbagai program studi yang dapat disesuaikan dengan minat Anda, sehingga anda tidak perlu takut untuk salah masuk jurusan. Networking yang akan anda dapatkan tentunya sangat luas, karena alumni Universitas Ma Chung tersebar di berbagai daerah dan sangat profesional dalam bidangnya. Universitas Ma Chung Juga menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan, sehingga menjadikan Universitas Ma Chung sebagai pilihan yang tepat untuk anda. Tunggu apalagi? Daftar di sini sekarang juga.

Ikut Kegiatan Mahasiswa

Dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ada, akan sangat membantu anda bertemu dengan banyak orang-orang baru dari kalangan mana saja. tentunya anda dapat memanfaatkan momen ini untuk menambah relasi dan memperluas networking. Anda dapat mengikuti kepanitiaan, seminar, lomba dan kegiatan aktif kampus lainnya.

Berikut merupakan 6 tips membangun dan memperluas networking selama kuliah yang dapat anda terapkan selama masa kuliah. jangan lupa untuk terus memperluas networking karena akan memberikan banyak manfaat bagi diri anda terlebih jika anda adalah seorang mahasiswa. Semoga artikel ini membantu.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP