CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tips Menghemat Biaya Hidup Saat Kuliah

by Humas Universitas Ma Chung / 2 October 2024 / Published in Machung

Mengatur keuangan selama masa kuliah bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari keluarga. Biaya hidup yang semakin tinggi seringkali memaksa mahasiswa untuk pintar-pintar berhemat agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi tanpa harus mengorbankan kualitas pendidikan. Yuk simak beberapa tips untuk menghemat biaya hidup selama kuliah berikut ini!

1. Pilih Kos Dekat Kampus

Bagi mahasiswa rantau, memilih kos yang berlokasi dekat dengan kampus adalah cara efektif untuk berhemat. Dengan tinggal di dekat kampus, kalian bisa mengurangi biaya transportasi sehari-hari. Selain itu, tinggal dekat kampus akan memudahkan akses jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, sehingga kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

2. Membawa Bekal Sendiri

Membawa bekal makanan dimasak sendiri bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghemat pengeluaran. Selain lebih hemat, membawa bekal juga memungkinkan kalian untuk mengontrol kualitas gizi dari makanan yang kalian konsumsi. Namun, jika kalian tidak sempat membawa bekal, cobalah mencari makanan di kantin kampus atau warung di sekitar kampus yang biasanya menawarkan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah makan di luar.

3. Membeli Kebutuhan Bersama

Selama masa kuliah, kebutuhan untuk mengerjakan tugas atau proyek kelompok akan terus ada. Solusi hemat untuk kebutuhan ini adalah dengan membeli peralatan atau bahan yang diperlukan secara bersama-sama dengan teman satu kelompok. Hal ini akan membantu mengurangi pengeluaran, dan terkadang kamu bisa mendapatkan diskon khusus jika membeli dalam jumlah yang banyak.

4. Manfaatkan Fasilitas Kampus

Di Universitas seperti Ma Chung misalnya menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan mahasiswa secara gratis. Misalnya, perpustakaan kampus yang dilengkapi dengan buku, jurnal, komputer, dan WiFi dapat menjadi sumber daya yang sangat membantu tanpa harus mengeluarkan uang ekstra. Fasilitas non-akademik, seperti kolam renang atau aula, juga bisa menjadi pilihan untuk hiburan atau kegiatan olahraga.

5. Pilih Hiburan yang Terjangkau

Keseimbangan antara belajar dan hiburan penting untuk menjaga kesehatan mental. Namun, hiburan tidak harus mahal. Kalian bisa menikmati waktu luang dengan menonton film di kos, mengikuti kegiatan kampus, atau sekadar jalan-jalan di taman sekitar. Ini semua bisa menjadi alternatif murah daripada berkunjung ke pusat hiburan atau kafe dengan tarif yang tinggi.

Dengan menerapkan tips di atas, kalian akan lebih mudah mengelola keuangan selama masa kuliah. Terlebih lagi, di Universitas Ma Chung menawarkan berbagai pilihan kos yang dekat dengan kampus dan kantin yang menyediakan makanan dengan harga yang terjangkau, membuat hidup hemat menjadi lebih mudah diakses bagi para mahasiswa.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP