CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Side Hustle Buat Mahasiswa

by superadmin / 4 February 2022 / Published in Machung

Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menambang Cuan.

side hustle
Foto oleh Judit Peter dari Pexels

Siapa bilang side hustle itu cuma buat mereka yang sudah bekerja dan mencari tambahan pendapatan? Kalian yang masih kuliah pun bisa cari side hustle supaya punya pendapatan sendiri. Walaupun, masih banyak sih orang tua yang beranggapan kalau mahasiswa itu harusnya fokus kuliah aja. Tapi kalau kalian bisa meyakinkan orang tua dan bisa mengatur waktu, kenapa ngga coba memanfaatkan waktu luang kalian buat menambang cuan?

Lalu, side hustle apa nih yang cocok buat mahasiswa di Indonesia? Apalagi di masa pandemi yang mungkin agak terbatas pergerakannya ini. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa.

Tutor Privat

Kalian jago di mata pelajaran tertentu waktu masih SMA? Kenapa nggak nyoba jadi tutor atau sering disebut juga guru les buat siswa SD, SMP atau bahkan SMA? Nggak hanya yang sifatnya akademik, kalian juga bisa jadi tutor untuk skill bermain alat musik tertentu, menyanyi, menggambar, dan lain sebagainya. Tidak memiliki kendaraan buat datang ke rumah siswa bukan lagi penghalang. Sekarang ada banyak situs tempat kalian bisa melamar jadi tutor untuk mengajar secara online. Coba aja kunjungi situs ruangguru, superprof, preply, italki, dan lain sebagainya.

Bisnis Thrift Store

Kebiasaan thrifting saat ini juga sedang naik daun, karena selain lebih hemat, membeli pakaian bekas juga jadi upaya untuk mengurangi jumlah sampah pakaian yang berakhir di landfill. Kalau kalian punya passion di bidang fashion, bisnis thrift store ini bisa kalian lirik. Modalnya minim, dan bisa joinan bareng temen juga. Nggak harus punya toko fisik, buka toko di Instagram atau di e-commerce populer seperti Tokopedia atau Shopee pun bisa.

Online Freelancer

Menjadi freelancer adalah peluang paling besar buat mahasiswa untuk mendapat tambahan pendapatan, tentunya disesuaikan dengan keahlian yang kalian miliki. Saat ini freelance di bidang desain, fotografi, videografi, voice over, ilutrator, terjemahan, dan copywriting bertebaran di situs-situs freelancer seperti sribulancer, fastwork, freelancer, dan lain-lain. Cukup daftarkan diri kalian, dan jangan lupa lengkapi juga dengan portfolio terbaru, lalu kalian bisa apply deh pekerjaan yang sedang ditawarkan.

Bisnis Open Jastip

Dengan masih terbatasnya ruang gerak pada masa pandemi ini, banyak orang yang sudah kangen barang-barang atau makanan khas dari satu daerah. Kalau kalian tinggal di daerah yang kebetulan menjadi destinasi wisata dan memiliki kekhasan kuliner tertentu, kalian bisa coba untuk menawarkan jasa ini. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kalian punya peralatan yang memadai buat pengemasannya ya!

Content Creator

Nah, khusus yang ini tentunya nggak bisa tiba-tiba jadi cuan. Tapi kalau kalian punya ide topik-topik yang menarik tentang kehidupan sehari-hari, kehidupan di kampus, atau tema tertentu yang kalian kuasai, kalian bisa menekuni profesi content creator juga. Kalian bisa jadi content creator di website/blog, youtube, podcast, maupun sosial media, yang jika ditekuni, bisa jadi membawa keuntungan finansial juga. Entah itu berupa adsense, paid promote, hingga endorsement. Yang pasti, selain kreativitas, konsistensi juga dibutuhkan untuk profesi yang satu ini.

Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu usaha sampingan yang nirmodal, alias nggak perlu modal. Dengan jeli mencari supplier serta pasar yang tepat, kalian bisa mendapatkan keuntungan dengan menjualkan produk dari produses, tanpa harus memiliki stok dari produk tersebut. Berawal dari dropshipper, biasanya usaha ini bisa berkembang menjadi reseller/authorized reseller.

Paid Internship

Buat kalian yang udah semester atas, liburan maupun jadwal kosong juga bisa kalian manfaatkan untuk magang yang berbayar. Cukup banyak perusahaan yang memberikan pocket allowance untuk mahasiswa magang, baik di dalam maupun di luar negeri. Selain dapat cuan, kalian juga dapat pengalaman yang relevan buat bekal masa depan. Siapa tau, posisi itu juga bisa kalian lamar saat sudah lulus nantinya!

Syarat utama saat mau memulai kerja sampingan adalah komitmen buat tetep lulus kuliah dengan baik ya! Jangan-jangan, karena sudah merasakan nikmatnya punya pendapatan sendiri, jadi lupa deh kewajiban utama jadi mahasiswa. Selamat berburu cuan buat para mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif dan banyak energi!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP