CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Plagiarisme adalah Dosa Besar

by superadmin / 4 August 2021 / Published in Machung

Bapak Ounu Zakiy Sukaton, MGAL. memiliki trik khusus agar para mahasiswa yang diajarnya tidak jatuh ke praktik plagiarisme. “Beberapa cara umum yang dapat digunakan adalah menggunakan aplikasi Turnitin atau aplikasi pendeteksi plagiarisme yang lain,” ujarnya. Namun, ada trik-trik khusus yang dapat diaplikasikan untuk mencegah praktik ini.

Mencegah Plagiarisme

Menugaskan pembuatan outline sebelum membuat esai adalah salah satunya. “Dengan hal ini kita bisa melihat alur pemikiran teman-teman mahasiswa. Kalau sejak pembuatan outline sampai pembuatan esai final alur pemikirannya sudah koheren, maka kecil kemungkinan mereka melakukan plagiarisme”. Selain itu, Pak Ounu yang juga ahli di bidang Forensic Linguistic ini juga kerap memberikan tugas yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Dari sini juga dapat dilihat koherensi alur pemikiran dan tema yang dipilih oleh teman-teman mahasiswa.

Plagiarisme

Ilustrasi – Sumber (kuliahkomputer.com)

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk dapat mencegah plagiarisme, mulai dari riset terlebih dahulu, menyertakan sitasi, dan menghindari praktik copy-paste. Upaya preventif ini juga diusahakan di program studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung. Mayoritas dosen di program studi ini adalah ahli di bidang proofreading. Oleh sebab itu, nilai-nilai kejujuran juga ditanamkan oleh para dosen. Semua upaya ini dilakukan demi membentuk karakter jujur dari mahasiswa. Hal ini juga sejalan dengan spirit Universitas Ma Chung, yakni tidak hanya mengasah intelektualitas mahasiswa, tapi juga karakter dan integritas mereka.

Ounu Zakiy Sukaton, S.Hum., MGAL

Dosen Program Studi Sastra Inggris
Universitas Ma Chung

Plagiarisme adalah Dosa Besar

Instagram Resmi Universitas Ma Chung – @universitasmachung

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP