CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Pentingnya IT Governance Untuk Keberhasilan Implementasi IT

by superadmin / 4 August 2021 / Published in Machung

IT Governance

Perkembangan teknologi digital yang semakin cepat mutlak dibutuhkan IT Governance atau tata kelola IT yang baik, demi terwujudnya Good Corporate Governance. Adanya strategi dan perencanaan, pembuatan skema, dan rencana implementasi IT, pemetaan risiko, serta evaluasi dan audit yang baik, maka implementasi akan berjalan dengan efektif dan berhasil memberikan kepuasan bagi pengguna terhadap implementasi IT.

Fenomena Digital Transformation

Satu atau dua dekade yang lalu, istilah ojek online, lokapasar (marketplace), teknologi finansial (fintech) jarang kita temui. Namun, dewasa ini, istilah-istilah tadi amat dekat dengan keseharian kita. Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari perkembangan dunia IT. Perkembangan yang pesat memaksa berbagai penyesuaian. Salah satu penyesuaian yang jamak dilakukan adalah pemanfaatan IT di dunia bisnis. Banyak perusahaan dan organisasi telah memanfaatkan IT demi kepentingannya. Bahkan tak sedikit yang beralih total ke dunia digital. Fenomena ini bisa juga disebut dengan digital transformation.

Digital Transformation

Ilustrasi Digital Transformation – Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Namun yang perlu diingat, IT itu bukan sekadar coding. IT juga menyangkut bidang tata kelola atau manajemen terhadap IT. Hal ini sering kita kenal dengan IT Governance. Tata kelola IT yang baik akan menuntun pada efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi/Sistem Informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang berakhir pada peningkatan terhadap kepuasan pengguna terhadap kinerjanya.

Beberapa hal yang harus dilakukan ketika hendak memulai digital transformation itu adalah strategi dan perencanaan, pembuatan skema (grand design) dan rencana implementasi IT, pemetaan risiko, dan pelaksanaan/implementasinya. Hal ini dilanjutkan dengan evaluasi, monitoring dan auditing. Semua proses ini bertujuan agar implementasi IT berjalan efektif, sesuai kebutuhan pengguna dan memberikan kepuasan bagi pengguna terhadap penggunaan IT untuk membuat organisasi/perusahaan lebih baik dan berlari serta bersaing di dunia digital. Selamat datang di Digital Age!

Yudhi Kurniawan, S.Kom., M.MT.
Certified: COBIT., ITIL., FCCH, FCNS, ISO27001

Dosen Program Studi Sistem Informasi
Kepala UPT Sistem Informasi
Universitas Ma Chung

Instagram Resmi Universitas Ma Chung – @universitasmachung

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP