CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Universitas Ma Chung Teliti Akselerasi Informasi bagi Peningkatan Kinerja Pemasaran IKM Kabupaten Malang dengan Kolaborasikan 3 Elemen Penting

by Humas Universitas Ma Chung / 11 September 2024 / Published in Machung

Arvendo Mahardika | Rabu, 11 September 2024 | 22:32 WIB

AboutMalang.com – Dalam upaya mengakselerasi produk industri kecil dan menengah (IKM) Kabupaten Malang serta memperluas akses informasi bagi para pegiatnya, Tim Dosen Universitas Ma Chung mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama pelaku IKM dan stakeholders di Hotel Atria Malang, Selasa, 10 September 2024.

FGD tersebut menghadirkan dari 3 elemen, yakni dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, perwakilan dari para pelaku IKM Kabupaten Malang, serta perwakilan dari media massa.

Tim penelitian yang terdiri dari Sunday Alexander T N, S.T., M.ProcMgnt sebagai ketua, dengan anggota Melany, S.S.T.Par., M.M.Tr dan Prof. Dr. Ir. Stefanus Yufra Menahen Taneo, M.S., M.Sc. tersebut mengadakan penelitian berjudul Ekosistem Inovasi Quadruple Helix: Peran Media Masa Memperluas Akses Informasi bagi Peningkatan Kinerja UKM.

Sunday Alexander T N, S.T., M.ProcMgnt sebagai ketua dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai moderator mengatakan bahwa FGD sore itu akan berfokus pada peran pemerintah dan media massa.

“Kebutuhan informasi untuk kami ini sangat diperlukan, apalagi informasi mengenai ekspor,” ujar Neneng perwakilan dari IKM Kabupaten Malang.

“Namun, semakin banyaknya informasi tersebut, kadang kala kami kesusahan mana informasi yang dapat dipercaya dan tidak,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Shintiya Yulia Frantika selaku redaktur AboutMalang.com perwakilan dari media massa memberikan tanggapannya.

“Sebenarnya seperti AboutMalang.com sendiri bisa dibilang UMKM media. Karena kita juga mengolah barang mentah atau barang setengah jadi berupa konten yang tersebar di medsos menjadi barang jadi yakni berita yang terverifiksi,” kata Shintiya.

“Untuk IKM yang akan melakukan ekspor ini keberadaan media menjadi amat diperlukan. Di mana apabila IKM tersebut diliput media bisa menjadi tanda bahwa IKM tersebut memang ada sehingga akan memberikan kepercayaan untuk buyer,” lanjutnya.

Tak hanya itu, perempuan asal Kediri tersebut juga memaparkan peran AboutMalang.com sebagai media berkontribusi untuk UMKM.

“Tidak dipungkiri bahwa kami sebagai media akan selalu bersinggungan dengan pelaku UMKM. Maka dari itu, kami sediakan paket UMKM yang terjangkau. Selain itu, kami juga ada program Saba Warung di mana kami keliling ngereview UMKM di bidang kuliner,” paparnya.

Kesempatan tersebut bukan kali pertama yang dilakukan Universitas Ma Chung.

Beberapa tahun ini, Universitas Ma Chung konsisten melakukan penelitian, pendampingan kepada IKM, hingga publikasi ke berbagai jurnal internasional.

Selain itu, jika tahun lalu Universitas Ma Chung menggelar business matching dengan mendatangkan calon pembeli dari Malaysia, tahun ini mendatangkan atase perdagangan Korea Selatan (Korsel). (***)

Link berita asli di sini.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP