CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Wujudkan Gigih dan Kreatif: Dosen Ma Chung Maju ke Indonesia Bertutur 2024

by Humas Universitas Ma Chung / 15 August 2023 / Published in Machung

Dosen Universitas Ma Chung, Didit Prasetyo, M.Ds., bersama rekannya dalam tim Nandes Kombet, telah meraih prestasi gemilang dalam dunia seni. Proposal mereka berhasil menjadi salah satu dari dua proposal terbaik dalam Kompetisi Cipta Indonesia Bertutur 2023 kategori Seni Instalasi Cahaya – sebuah bentuk seni yang memadukan inovasi teknologi dengan estetika visual yang menawan. Dari ribuan proposal yang diterima oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, proposal Didit yang berjudul “Pranotomongso” berhasil menarik perhatian juri dan akan mendapatkan pendanaan untuk diwujudkan menjadi karya nyata yang akan ditampilkan dalam Festival Indonesia Bertutur 2024 mendatang.

Dalam wawancara usai pengumuman prestasi, Didit Prasetyo mengungkapkan rasa gembiranya, “Saya sangat senang dapat meraih prestasi ini – karya kami dihargai oleh Pemerintah. Ini adalah buah manis hasil perjuangan dari mulai mengajukan proposal, mengikuti pembekalan selama satu bulan, mengembangkan proposal, hingga melewati serangkaian tahapan wawancara yang ketat.”

Prestasi ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari sesama akademisi. Sultan Arief Rahmadianto, M.Ds., Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung, menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi Didit. “Kami yakin Pak Didit bisa menyelesaikan proyek ini dengan baik,” ujar Sultan. “Etos Pak Didit yang kreatif dan gigih sangat perlu dijadikan teladan bagi mahasiswa,” tambahnya.

Prestasi yang diraih oleh Didit dalam kompetisi ini sekaligus menjadi bukti nyata bagaimana nilai-nilai fundamental Universitas Ma Chung tercermin dalam tindakan nyata. Dua dari 12 Nilai Universitas Ma Chung, yaitu Gigih dan Kreatif, terlihat nyata dalam perjalanan Didit dan timnya dalam meraih pengakuan dalam dunia seni yang kompetitif.

Kiprah gemilang Didit Prasetyo, M.Ds., dan tim Nandes Kombet dalam Kompetisi Cipta Indonesia Bertutur 2023 menjadi inspirasi bagi para pelajar dan mahasiswa untuk terus berani mengejar mimpi dan berkarya tanpa batas. Prestasi ini tak hanya mengangkat nama Didit dan UMC, tetapi juga memberikan semangat baru dalam eksplorasi seni dan teknologi di Indonesia.

Indonesia Bertutur adalah sebuah peristiwa mega festival yang terdiri dari berbagai macam festival yang mengutamakan pemanfaatan cagar budaya dan warisan budaya tak benda sebagai sumber inspirasi dan pengetahuan. Indonesia Bertutur mempromosikan atau mempelopori kegiatan melihat dan mengalami masa lalu untuk menumbuhkan masa depan, artinya segala sesuatu yang kita lakukan dalam Indonesia Bertutur utamanya adalah menggali pengetahuan lama demi mengembangkan pengetahuan yang baru.  Pengetahuan lama tersebut terinspirasi oleh lokasi atau wilayah-wilayah warisan cagar budaya yang ada di Nusantara. Indonesia Bertutur mengajak praktisi seni dan budayawan dan juga bekerjasama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan di 23 wilayah PPK di tanah air. Indonesia berturut-turut merupakan Mega festival sebenarnya yang akan diadakan untuk kedua kalinya di tahun 2024 dan tahun 2023 ini adalah program-program pra-event atau program menuju Indonesia bertutur 2024 dengan mengundang berbagai seniman antara umur 23 hingga 40 untuk terlibat dalam proses-proses misalnya seperti melakukan residensi riset secara mandiri tentang cagar budaya mereka.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP