CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Kuatkan Nilai Kewargaan, Ma Chung Adakan Upacara Sarat Makna dalam Peringatan HUT RI ke-78

by Humas Universitas Ma Chung / 18 August 2023 / Published in Machung

Universitas Ma Chung merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dengan menggelar upacara yang penuh makna pada Kamis, 17 Agustus 2023. Upacara ini diadakan di kampus universitas tersebut dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, panitia Ma Chung Festival, serta para pengurus Lembaga Kemahasiswaan.

Dalam suasana khidmat, Dr. Ir. Stefanus Yufra Menahen Taneo, M.S., M.Sc, Rektor Universitas Ma Chung, mengambil peran sebagai Inspektur Upacara. Ia menyampaikan pidato yang didasarkan pada pesan dari Bupati Malang, yang menyoroti tentang pentingnya persiapan sumber daya manusia Kabupaten Malang untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Yufra menyampaikan, “Kita harus bersama-sama mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan membangun pondasi yang kuat.”

Dalam pidatonya, Yufra juga memaparkan empat hal penting kepada para peserta upacara. “Saya mengapresiasi panitia Ma Chung Festival atas penyelenggaraan upacara yang sangat baik,”demikian disampaikan sebagai pembuka. “Saya juga menghargai kehadiran para peserta upacara yang menunjukkan komitmen terhadap nilai-nilai kebangsaan.”

Hal kedua yang beliau sampaikan adalah mengenai penyesuaian diri dengan perubahan Struktur Organisasi. “Saya menekankan perlunya penyesuaian diri yang cepat terhadap perubahan struktur organisasi Universitas Ma Chung, terutama dengan adanya pemekaran fakultas,” jelasnya. “Kini, universitas ini memiliki empat fakultas yang berfokus pada berbagai bidang, yaitu Ekonomi dan Bisnis, Bahasa, Teknologi dan Desain, serta Ilmu Kesehatan”.

Dr. Yufra juga menjelaskan tentang perubahan kalender akademik yang akan dimulai pada September 2023. Ini mencakup semua kegiatan belajar mengajar, termasuk pergeseran Ma Chung Festival yang telah menjadi tradisi universitas.

Hal terakhir yang ditekankan adalah mengenai penguatan Nilai Kewargaan sebagai salah satu dari 12 Nilai Universitas Ma Chung. “Dalam menghadapi tantangan lunturnya nilai-nilai kebangsaan, Universitas Ma Chung berkomitmen untuk memperkuat nilai-nilai kewargaan generasi muda, salah satu langkah yang akan diambil adalah dengan menyisipkan pertanyaan-pertanyaan tentang kebangsaan di Kuis Besar atau Ujian Akhir Semester, sebagai upaya untuk membangun kesadaran akan nilai-nilai kebangsaan,” pungkasnya.

Setelah upacara berakhir, suasana meriah berlanjut dengan diadakannya berbagai lomba-lomba yang seru. Peserta berasal dari pengurus lembaga kemahasiswaan, dosen, dan tenaga kependidikan. Lomba-lomba ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sarana untuk mempererat tali persaudaraan di lingkungan universitas.

Perayaan HUT RI yang sarat makna ini menggambarkan komitmen Universitas Ma Chung dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan melahirkan generasi muda yang berkarakter serta siap menghadapi masa depan. Dengan semangat kebersamaan, universitas ini terus berupaya menginspirasi dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP