CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tips Dan Trick Alumni Ma Chung Yang Mendapatkan Beasiswa LPDP

by Humas Universitas Ma Chung / 7 March 2023 / Published in Machung

Pendidikan merupakan kunci utama bagi suatu negara untuk unggul dalam persaingan global. Pendidikan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mewujudukan kesejahteraan nasional. Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter merupakan prasyarat terbentuknya peradaban yang tinggi. Sebaliknya, SDM yang rendah akan menghasilkan peradaban yang kurang baik pula.

Rahmat, S.E merupakan alumni Universitas Ma Chung, angkatan 2015 jurusan S1 Akuntansi dan setelah lulus kuliah rahmat mencoba mengikuti beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP adalah program bantuan dana pendidikan yang  membiayai biaya kuliah dan biaya lainnya termasuk biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran studi di berbagai universitas di berbagai negara. Alasan rahmat mengikuti beasiswa LPDP untuk lebih memperdalam ilmu akuntansi dan bisa menjadi praktisi dan akademisi dalam bidang akuntansi dan keuangan. Rahmat menjelaskan, “untuk persiapan mengikut tes beasiswa LPDP sangat banyak sekali persiapannya mulai dari TEST Toefl, proses pembuatan essay, pemberkasan, rekomendasi dan lain sebagainya hingga membutuhkan waktu yang cukup lama.  Saat tes, saya mengikuti tes bakat skolastik dan tes substansi secara online yang dilakukan oleh pihak (praktisi, akademisi, dan psikolog).”

Rahmad, S.E Alumni Ma Chung

Saat pengumuman, rahmat dinyatakan diterima sebagai Awardee LPDP pada tahun 2022 gelombang 1 dan menjadi angkatan PK-195 dalam LPDP RI saat ini. Rahmat memilih S2-nya di salah satu Universitas Negeri di Surabaya. Menurut rahmat, “lulus beasiswa LPDP fasilitas yang didapatkan adalah semua di tanggung oleh pihak LPDP, mulai dari biaya studi, living allowance, book allowance, dana kedatangan, asuransi, dana penelitian dan lain sebagainya.” Selama kuliah di Ma Chung rahmat mendapat wawasan yang luas dan membuka cakrawala pikirannya sehingga bisa menjadi pribadinya seperti saat ini.

Tidak hanya itu, “Ma Chung memberikan saya banyak pelajaran yang bermakna bukan hanya

hal akademis saja tapi banyak hal yang menambah value saya untuk menjadi seorang yang berjiwa besar di masyarakat saat ini.” tutur rahmat

Orisinalitas dan Terpercaya termasuk di dalam 12 nilai Ma Chung,

menurut rahmat, “orisinalitas itu menjadi orang yang apa adanya tanpa perlu dibuat, karena kita tidak bisa menjadi orang lain agar di nilai baik oleh orang lain. Selain itu, menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan terpercaya merupakan hal yang wajib kita miliki karena kejujuran adalah nomor satu dalam segala aspek kehidupan.”

Pesan rahmat untuk adik-adik mahasiswa yang ingin lolos beasiswa LPDP harus memperbanyak sumber informasi baik dari dalam ataupun luar kampus, jadi pribadi yang berbeda dan ber-value dari yang lain, selain itu, mau memahami apa yang di minta oleh pihak pemberi beasiswa lalu eksekusi dan jalin relasi.

Beberapa Tips & Trik Lolos Beasiswa LPDP, antara lain :

  • Berdoa, tidak ada kekuatan terbesar selain doa. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan tidak lupa doa restu kedua orangtua. Akan memudahkan untuk lebih dekat dengan impian yang ada. Bahkan, hal tidak mungkin bisa menjadi mungkin karena kekuatan doa.
  • Percaya Diri, apa yang dipikirkan akan empengaruhi tindakan, lingkungan, dan hasil yang akan didapatkan. If you belive you can do it, so believe in yourself you will get it.
  • Tekad Yang Kuat, hal ini menjadi salah satu poin penting karena akan banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Persiapan dan perjuanganmu membutuhkan kerja keras yang begitu besar. Jika sudah berprinsip, maju terus pantang mundur, berarti poin ini sudah terpenuhi.
  • Penuhi Persyaratan Seleksi Administrasi, seleksi awal beasiswa LPDP adalah melengkapi persyaratan administrasi. Siapkan dari sekarang. Jangan sampai kebiasaan untuk menjadi deadliner sejati terbawa saat mengurus beasiswa ini.
  • Tentukan Pilihan Jurusanmu, jurusan yang diambil harus Jelas. Terutama manfaat yang bisa dihasilkan bagi masyarakat. Dengan begitu pihak LPDP akan semakin yakin memilih kalian.
  • Tentukan Universitas Tujuanmu, tentukan sesuai dengan disiplin ilmu yang diinginkan dan mata kuliah yang disediakan harus membantu rencana aplikasi ilmu ke depan.
  • Tingkatkan TOELF Dan IELTS, tes TOEFL dan IELTS menjadi syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP dan masuk ke universitas yang didambakan. Namun, masing-masing Universitas memiliki ketentuan score TOEFL dan IELTS yang berbeda-beda. Untuk itu, para awardee menyiapkannyadengan kursus/ pelatihan hingga berbulan-bulan lamanya demi memenuhi score yang ditentukan oleh universitas idaman.
  • Persiapan Sertifikasi Bahasa Dan LoA, sertifikasi bahasa dan LoA (Letter Of Acceptance) menjadi poin plus kamu bisa diterima oleh pihak LPDP dan Universitas tujuanmu. Persiapan yang matang pastinya akan membuahkan hasil yang memuaskan.
  • Kontribusimu Untuk Bangsa, kontribusi untuk masyarakat diperkuat. Kontribusi dari bidang apa saja dan memberi manfaat kepada masyarakat. Pada saat diterima menjadi keluarga besar LPDP                nantinya, semua penerima beasiswa harus berikrar untuk selalu berkontribusi kepada masyarakat dibidangnya masing-masing
  • Siapkan Visi Misi, menyiapkan visi misi yang berkorelasi dengan bidang yang diinginkan

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP