CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tingkatkan Kualitas Diri melalui Ma Chung Ambassador 2024

by Humas Universitas Ma Chung / 1 April 2024 / Published in Machung

Universitas Ma Chung kembali menggelar kompetisi bergengsi tahunannya, yakni Ma Chung Ambassador 2024. Kompetisi ini diadakan sebagai wujud dukungan dan apresiasi terhadap prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa.

Pada acara sosialisasi Ma Chung Ambassador 2024, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Alumni, dan Pusat Karir UMC, Puspita Agustina, SP, menekankan agar mahasiswa dapat memanfaatkan ajang ini dengan sebaik mungkin.

“Manfaatkan kegiatan ini. Saya yakin kegiatan ini membawa banyak sekali manfaat, karena ini merupakan ajang prestasi yang dapat membantu kalian mendapat sertifikat, pengalaman, dan nantinya bisa digunakan sebagai bekal untuk melamar kerja, dan sebagainya,” ujarnya.

Puspita juga menambahkan bahwa melalui kompetisi Ma Chung Ambassador, peserta akan memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan, tidak hanya di internal kampus tetapi juga eksternal dengan mewakili universitas.

Kompetisi Ma Chung Ambassador 2024 ini terbuka dalam tiga kategori, yaitu Young Leadership Ambassador, Achievement Ambassador, dan Academic Ambassador. Setiap kategori memiliki kriteria dan tugasnya tersendiri. Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk mendaftar di lebih dari satu kategori.

Kriteria Peserta Young Leadership Ambassador

1. Mahasiswa Aktif (tidak sedang cuti atau mendapatkan sanksi akademik).

2. Memiliki IPK terakhir ≥ 3.00.

3. Aktif dalam kegiatan organisasi, kepanitiaan, dan pengembangan diri.

4. Memiliki kemampuan komunikasi, khususnya public speaking yang baik.

5. Memiliki penampilan menarik, percaya diri, dan mampu mempersuasi orang lain secara elegan

Kriteria Peserta Achievement Ambassador

1. Mahasiswa Aktif (tidak sedang cuti atau mendapatkan sanksi akademik) dan maksimal semester VI.

2. Berusia tidak lebih dari 22 tahun per 1 Januari 2024 (dibuktikan dengan KTP).

3. Memiliki IPK rata-rata minimal 3.00

4. Memiliki banyak prestasi baik dalam bidang akademik dan non akademik di tingkat universitas, regional, maupun nasional.

5. Aktif berorganisasi, kepanitiaan, pelatihan pengembangan diri, dan kepemimpinan.

6. Kemampuan Bahasa Inggris pasif dan aktif yang baik.

Kriteria Peserta Academic Ambassador

1. Mahasiswa Aktif (tidak sedang cuti atau mendapatkan sanksi akademik).

2. Memiliki IPK terakhir ≥ 3.50.

3. Memiliki prestasi akademik baik di tingkat universitas, regional, maupun nasional.

4. Aktif mengikuti kegiatan akademik seperti seminar dan pelatihan ilmiah.

5. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang handal baik secara lisan maupun tulisan.

Para peserta kompetisi Ma Chung Ambassador nantinya diwajibkan untuk membuat makalah sesuai dengan tema dan sistematika penulisan yang telah ditetapkan pada setiap kategori. Penilaian para peserta akan dilakukan dengan mempertimbangkan kelengkapan berkas adiministrasi, presentasi CV, makalah yang telah dibuat, dan presentasi makalah.

Sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa, seluruh peserta yang mendaftar akan diberikan poin keaktifan. Sementara itu, para pemenang akan mendapatkan poin keaktifan tambahan, sertifikat penghargaan, dan uang beasiswa.

Felik Sad Windu Wisnu Broto, SS., M.Hum. selaku narasumber kegiatan sosialisasi Ma Chung Ambassador 2024 mengungkapkan dorongannya pada mahasiswa untuk mengikuti ajang ini.

“Kompetisi Ma Chung Ambassador adalah salah satu kegiatan unggulan universitas. Bangun track recordmu dengan pengalaman kompetisi,” jelasnya.

Felik juga menekankan bahwa melalui kompetisi Ma Chung Ambassador akan memungkinkan mahasiswa untuk belajar lebih banyak lagi.

Diselenggarakannya ajang Ma Chung Ambassador 2024 merupakan bukti nyata dari komitmen Universitas Ma Chung dalam mendukung serta mengapresiasi prestasi para mahasiswanya. Melalui ajang ini Universitas Ma Chung berupaya melahirkan lulusan berkualitas yang mampu menjadi pemimpin masa depan dengan kemampuan berpikir kritis dan kapasitas hati nurani yang luhur.

Adapun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mantra Ma Chung juga terlibat dalam memfasilitasi mahasiswa calon Ma Chung Ambassador dalam persiapan yang dilakukan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada laman Instagram Mantra Ma Chung.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP