CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Berkumpul di Finlandia, Universitas Ma Chung Bersinergi Mengatasi Food Waste

by Humas Universitas Ma Chung / 12 December 2023 / Published in Machung

Pada tanggal 12 Desember 2023, perwakilan dari Universitas Ma Chung menghadiri kegiatan penting di Tampere, kota terbesar ketiga di Finlandia. Perwakilan dari berbagai universitas internasional berkumpul di Ruang Paidia, bagian dari Nokia Arena, Tampere University, untuk membahas dan mengevaluasi program In2Food Project selama tiga tahun terakhir.

Universitas Ma Chung bersama Universitas Prasetya Mulia, Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Katolik Parahyangan menjadi perwakilan Indonesia bersama dengan tiga universitas eropa,  yaitu Tampere University (Finlandia), Ghent University (Belgia), Hotelschool the Hague (Belanda). Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam upaya bersama mengurangi limbah makanan, yang menjadi fokus utama In2Food Project.

Pertemuan Evaluasi menuju In2Food Closing Conference

Agenda utama pertemuan adalah penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan selama tiga tahun terakhir. Perwakilan universitas melakukan peninjauan menyeluruh terhadap program-program In2Food yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran tentang food waste. In2Food Project adalah sebuah program yang didanai oleh Uni Eropa melalui hibah Erasmus dan dilaksanakan oleh konsorsium 7 universitas. Program ini terdiri dari antara lain modernisasi mata kuliah di beberapa program studi, penyelenggaraan summer camp tentang limbah makanan di Bali, partisipasi dalam lomba food waste di Bandung dan Jakarta, pendirian pusat penelitian, dan sebuah program magister yang berfokus kepada upaya-upaya berkelanjutan, termasuk mengurangi limbah makanan.

Selain itu, perwakilan Universitas Ma Chung turut mempersiapkan dan menghadiri secara luring In2Food Closing Conference yang dijadwalkan pada tanggal 14 Desember 2023. Konferensi hybrid ini akan dihadiri oleh sekitar 300 peserta secara daring dari seluruh dunia. Konferensi ini akan menjadi forum penting untuk berbagi hasil dan pemikiran terkait upaya mengurangi limbah makanan. Acara ini akan dibuka oleh sambutan Duta Besar Indonesia untuk Finlandia, Dr. Ratu Silvy Gayatri. Selain itu, akan hadir pula pembicara utama Jenni Vainioranta dari The Consumers’ Union of Finland.

Perwakilan dari Universitas Ma Chung terdiri dari Dr. Ir Stefanus Yufra Menahen Taneo (Rektor), Ibu Mustika Tarra (Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional), dan Dr. Wawan Eko Yulianto (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama). Mereka terlibat dalam In2Food Project dengan kapasitas berbeda-beda.

Perwakilan dari konsorsium 7 universitas Indonesia dan Eropa bertemu

Meski dihadapkan dengan cuaca dingin Tampere yang mencapai -5 derajat Celsius dan salju yang turun dengan intensitas tinggi, semangat perwakilan dari Universitas Ma Chung tetap membara. “Ke depannya, kami berharap bahwa meskipun event ini berakhir, semangat untuk mengurangi food waste tetap ada,” kata Ibu Mustika Tarra. Nina Mesirantara, tuan rumah acara ini dari Tampere University, mengekspresikan harapan dan tekad mereka dalam menerapkan langkah-langkah berkelanjutan di lingkungan kampus dan masyarakat luas.

Keikutsertaan ini merupakan wujud sinergi Universitas Ma Chung bersama mitra lokal dan global untuk menghadapi tantangan global terkait limbah makanan secara multidisipliner.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP