CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Perkenalkan Budaya Indonesia, Ma Chung Gelar Summer Camp

by Humas Universitas Ma Chung / 16 January 2024 / Published in Machung

Universitas Ma Chung menggelar Summer Camp untuk mahasiswa internasional bertajuk “Encounter Ma Chung 2024” yang merupakan kegiatan dari rangkaian hibah program International Credit Transfer (ICT) yang berhasil disabet Universitas Ma Chung pada 2023 yang lalu. Lima belas mahasiswa internasional mengikuti program Summer Camp di Kota Malang mulai tanggal 15 hingga 26 Januari 2024. Mahasiswa-mahasiswa internasional ini terdiri atas 11 mahasiswa yang berasal dari CamTech University Kamboja dan 4 mahasiswa dari Da-Yeh University.

Event “Encounter Ma Chung” ini merupakan program short course di mana mahasiswa universitas partner dapat merasakan dan belajar tentang bahasa dan kultur budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Malang. Selain itu, diselenggarakannya program “Encounter Ma Chung” ini adalah untuk memperkenalkan Universitas Ma Chung dan memperkuat kerjasama antar partner.

Wawan Eko Yulianto, Ph.D. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dalam sambutannya mengatakan supaya mahasiswa internasional yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkan kesempatan mereka ini dengan sebaik mungkin.

“Akan ada banyak hal yang akan kalian jumpai di sini, saya harap teman-teman dapat menggunakan kesempatan ini sebagai sarana untuk belajar pengalaman baru dan melebarkan cakrawala baru,” ungkap Wawan. “Hal ini sejalan dengan semangat universitas kami dalam hal hubungan internasional.  Kami benar-benar mendorong siswa kami untuk mengambil inisiatif untuk mencoba pergi ke luar negeri untuk belajar dalam budaya yang berbeda, agar pola pikir dan perilakunya menjadi kaya,” pungkas beliau.

Salah seorang mahasiswa perwakilan CamTech University dari Kamboja mengaku bahwa ini adalah kali pertama mereka pergi ke luar negeri dan sangat antusias dengan kesempatan ini. “Ini adalah pengalaman pertama kami pergi ke luar negeri dan kami senang memilih Indonesia sebagai negara pertama kami untuk dijelajahi,” ungkap Aok, Thunmnychan Makara.

“Saya harap kami memiliki banyak pengalaman dan kenangan di Indonesia, terutama di Malang. Saya belum tahu banyak tentang budaya di sini, jadi saya berharap setelah 2 minggu kami akan tahu dan mengalami banyak hal baik, juga rintangan (yang pasti akan menjadi menyenangkan),” tambah Aok, Thunmnychan Makara dengan semangat. “Kami berharap dapat bertukar pengalaman, budaya, dan saling mengenal. Taiwan, Kamboja, dan Indonesia akan lebih bekerja sama satu sama lain di masa depan,” pungkasnya.

Berbagai kegiatan telah telah dipersiapkan untuk program Summer Camp ini, termasuk city tour Kota Malang, kunjungan ke Candi Badut, berkreasi dengan Topeng Malangan, serta mempraktekan seni melukis batik yang nantinya akan dibawa pulang ke negara asal mahasiswa internasional. Kunjungan ke berbagai UMKM Malang serta pasar tradisional, juga menjadi bagian dari pengalaman mereka di Malang. Tidak hanya itu, mahasiswa internasional juga akan mengikuti kelas materi seperti Indonesia Digital World, Business Overview in Indonesia, serta Bahasa Indonesia 1-6.

Puncak kegiatan ini akan ditandai dengan presentasi oleh mahasiswa internasional, di mana mereka akan berbagi mengenai hal-hal yang dirasa menarik selama program berlangsung dan memberikan wawasan unik tentang perbedaan budaya di Indonesia dengan negara asal mereka.

Pada akhir program, mahasiswa internasional diharapkan dapat menampilkan “Cultural Activity,” yang melibatkan presentasi atau drama singkat dalam Bahasa Indonesia sebagai hasil pembelajaran Bahasa Indonesia yang mereka terima selama program Summer Camp “Encounter Ma Chung 2024.” Semua kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman mahasiswa internasional tentang kekayaan budaya Indonesia.

Terselenggaranya program Summer Camp “Encounter Ma Chung 2024” ini menjadi bukti kegigihan dan sinergi Universitas Ma Chung dengan perguruan tinggi dunia dalam menyediakan pembelajaran yang global baik melalui program pertukaran pelajar untuk mahasiswa Universitas Ma Chung, maupun program Summer Camp “Encounter Ma Chung” untuk mahasiswa internasional.

Sebelumnya, dalam rangkaian program International Credit Transfer, sebanyak enam mahasiswa dari Universitas Ma Chung berkesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar di Da-Yeh University Taiwan selama 1 semester, mulai 1 September 2023 hingga Februari 2024.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP