CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Level-Up Pengetahuan Investasi di Kalangan Generasi Muda

by Humas Universitas Ma Chung / 22 May 2024 / Published in Machung

Investasi menjadi topik yang semakin menarik perhatian generasi muda saat ini. Dengan akses informasi yang lebih mudah dan minat yang tinggi untuk meraih kebebasan finansial, banyak anak muda mulai menyadari pentingnya memahami dunia investasi.

Untuk mendukung dan memfasilitasi hal ini, UKM Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Ma Chung mengadakan seminar dan workshop bertajuk “Gen Z do Investment for a Lifestyle” pada Rabu, 22 Mei 2024 yang bertempat di gedung RnD lantai 6. Seminar ini bertujuan memberikan pemahaman dasar tentang investasi, cara memilih investasi yang tepat, serta tips dan trik mencapai tujuan finansial.

Dua pembicara utama dihadirkan dalam seminar ini, yakni Dyan Fajar Mahardika, Executive Trainer PT. Bursa Efek Indonesia, dan Agus Soenartono, Online Advisor Office PT. BRI Danareksa Sekuritas.

Dyan Fajar Mahardika memberikan tips penting bagi para peserta ketika akan mulai untuk berinvestasi.

“Saat akan memulai investasi, pastikan untuk memulai dengan menggunakan uang yang memang dialokasikan untuk investasi, memahami dan menetapkan tujuan investasi, serta memahami profil risiko dan return setiap produk investasi” jelasnya.

Dyan juga menekankan pentingnya memahami profil risiko diri sendiri untuk menghindari kerugian.

Di sisi lain, Agus Soenartono membahas berbagai keuntungan dan risiko dari saham.

“Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari saham termasuk dividen (pembagian laba perusahaan), capital gain (kenaikan harga saham), dan hak sebagai pemilik perusahaan. Namun, terdapat pula beberapa risiko saham, seperti tidak mendapat dividen jika perusahaan merugi, capital loss (penurunan harga saham), delisting (tidak tercatat lagi di bursa), dan risiko perusahaan pailit,” ungkap Agus.

Selain materi yang menarik, peserta seminar juga mendapatkan berbagai benefit seperti top up saldo RDN, e-sertifikat, menambah relasi, dan point keaktifan bagi mahasiswa Universitas Ma Chung. Kegiatan ini berhasil diikuti dengan antusias oleh 89 peserta yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perguruan tinggi di Jawa Timur.

Terselenggaranya seminar investasi ini merupakan salah satu upaya Universitas Ma Chung dalam membekali dan memberikan pengetahuan kepada mahasiswanya mengenai dunia investasi. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang kritis, bijak, dan mampu bersaing di dunia kerja.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP