CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Rektor Universitas Ma Chung Jadi Narasumber Di Seminar Koperasi Dan UKM

by Humas Universitas Ma Chung / 18 November 2022 / Published in Machung

Rektor Universitas Ma Chung Assoc. Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring, SE., M.Si. menjadi narasumber seminar di UPT Pelatihan Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Jawa Timur pembahasan modul dengan tema  “Strategi menuju Koperasi Modern” (17/11/22). Selain sebagai Rektor Universitas Ma Chung, bapak Murpin juga memiliki Pengalaman sebagai “pembicara” seputar Filosofi & pergerakan koperasi, antara lain : selaku Dewan Pakar di Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (AKRINDO) SK Kepala Dinas Koperasi & UKM November 2022), Riset Disertasi (S3) Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga tentang Koperasi di Jawa Timur, Mantan Ketua Umum Koperasi KPRI Kantor Kopertis Wil.7 Jatim ( 6 tahun), Mantan Ketua Umum DPD Akrindo (Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia) Prop. Jatim (6 tahun), Mantan Ketua Bidang Organisasi DEKOPINDA Kota Surabaya, Mantan Pengurus P-KPRI Kota Surabaya,  Mantan Ketua Komite tetap Wirausaha & Koperasi KADIN Kota Surabaya,  Mantan Dewan Pertimbangan KADIN Kota Surabaya, Penulis artikel/opini di ragam media massa tentang Koperasi & UMKM (teknik advokasi) Pembicara diragam forum seminar, dialog, televisi, radio dengan topik Koperasi & UMKM, Penulis buku “Koperasi untuk Kualitas pertumbuhan ekonomi rakyat Indonesia”

Seminar ini bertujuan untuk memperoleh masukan berupa saran dan kritik melalui diskusi yang mendalam untuk perbaikan modul yang tersusun. Acara berlangsung dari Pukul 08.00 WIB s.d Pukul 17.00 WIB dan dihadiri oleh peserta 35 orang.

Murpin menjelaskan “pentingnya koperasi menuju modern ada tiga disrupsi bersamaan sedang terjadi (disrupsi digital, disrupsi pandemi covid 19, dan disrupdi milenial) yang menuntut kita untuk melakukan transformasi digital agar semakin memperkuat posisi koperasi sebagai salah satu penggerak roda perekonomian nasional.” “ada 6 strategi potensial memajukan koperasi modern/ digital, yaitu : Strategi Dengan Model Koperasi Multipihak, pengembangan di sektor riil, mengembangkan bisnis dengan skema kemitraan, memperluas akses pembiayaan, strategi amalgamasi, digitalisasi pelayanan dan usaha koperasi. Sambung murpin.

Ibu Agustina selaku analis kurikulum dan pembelajaran “mengharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan masukan dan saran untuk menghasilkan modul sebagai baham ajar bagi gerakan koperasi untuk maju dan berkembang.”

Bersinergi merupakan salah satu nilai Universitas Ma Chung yang selalu mengutamakan kerjasama untuk mencapai hasil yang lebih baik bersama-sama. Ayo bangkit bersama Koperasi dan UKM Indonesia!

Malang. November 2022

Tabita Teresia K (081 231 638 730)

Humas & Protokoler

Universitas Ma Chung

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP