CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Penyusunan BKP Merdeka Belajar demi Mewujudkan Power Skills Lulusan

by Humas Universitas Ma Chung / 4 December 2023 / Published in Machung

Pada tanggal 4 dan 5 Desember 2023, Hotel Royal Orchid Garden menjadi saksi kegiatan Workshop Pembuatan Dokumen BKP dan Penyelerasan dengan RPS yang diadakan oleh Universitas Ma Chung. Acara ini menjadi wadah bagi fakultas dan program studi di lingkungan Universitas Ma Chung untuk bisa mendengar dari ahli dan mitra Dunia Usaha Dalam Negeri (DUDI) untuk menghasilkan dokumen Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang semakin tajam dan selaras dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Narasumber utama dalam workshop ini adalah Dr. Agus Muji Santoso, seorang akademisi dari Universitas Nusantara PGRI Kediri yang juga pernah menjabat sebagai Co-Coordinator Duta Kampus Merdeka (DKM) Leads pada tahun 2022. Dalam paparannya, Dr. Agus Muji Santoso menekankan pentingnya Learning Design MBKM Institusi sebagai dasar untuk pembuatan BKP. “Salah satu tujuan utamanya adalah agar kita bisa mengakui berbagai kegiatan mahasiswa yang mendukung penguatan power skills mahasiswa kita,” ungkapnya dengan antusias.

Dr. Agus Muji Santoso menyajikan materi workshop

“Dengan begitu, ketika lulusan kita bekerja di luar bidang yang dipelajar di S1, kita tidak memandangnya sebagai kelemahan,” imbuhnya. “Karena justru itu adalah bukti mereka telah menguasa power skill yang memungkinkan mereka bisa mendapatkan profesi yang bahkan belum ada ketika mereka masih kuliah.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dr. Kestrilia Rega Prilianti, M.Si., Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Ma Chung, yang memberikan harapannya terkait kesiapan Merdeka Belajar. “Kita berharap kesiapan Merdeka Belajar kita lebih baik. Dengan begitu, mahasiswa sudah bisa mendapat kepastian konversi bahkan ketika program MBKM mereka belum berjalan,” ujar Dr. Kestrilia.

Workshop ini merupakan bagian dari hibah PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk Institutional Support System (ISS) atau pengelola MBKM di tingkat Universitas Ma Chung. Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya sebatas penyelarasan dokumen, tetapi juga meningkatkan pemahaman mengenai kegiatan mahasiswa yang mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa di luar ranah akademis.

Dengan antusiasme dan partisipasi aktif dari para peserta, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Universitas Ma Chung dan memperkuat kesiapan Merdeka Belajar mahasiswa.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP