CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Pelajari Dunia Pariwisata dengan Praktik Nyata

by Humas Universitas Ma Chung / 29 May 2024 / Published in Machung

Sebagai bentuk konkret kedekatan dan kerjasama antara perguruan tinggi dan dunia industri, Program Studi Sastra Inggris di Universitas Ma Chung mengadakan kuliah tamu bertajuk “Paving the Way Into the Tourism Industry” untuk mahasiswa konsentrasi pariwisata semester 4 dan 6.

Kegiatan ini diselenggarakan pada 29 Mei 2024 bertempat di Gedung RnD lantai 6. Kuliah tamu ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar siap berkontribusi dalam industri dan memastikan bahwa kurikulum dan pengetahuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Kuliah tamu ini menghadirkan Dion Sultan Ciptadimulya, BA, Direktur Utama PT. Djalanin Wisata Jaya dan Sugianto, Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Arjasa Jember.

Dalam sambutannya, Dr. FX Dono Sunardi., SS., MA selaku Kepala Program Studi Sastra Inggris menekankan pentingnya acara ini sebagai kesempatan bagi mahasiswa untuk memperdalam ilmu kepariwisataan.

“Kami di Program Studi Sastra Inggris juga belajar mengenai kepariwisataan, seperti melalui mata kuliah Tour & Travel Management. Sehingga dalam hal ini, kolaborasi dengan pihak industri sangat penting. Melalui kuliah tamu dan sinergi bersama ini, diharapkan terjadi transfer pengetahuan dan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri hospitality dan pariwisata saat ini,” jelasnya.

Pengelolaan Desa Wisata

Dalam kuliah tamu ini, kedua narasumber berbagi mengenai pengelolaan sebuah desa wisata. Desa Wisata Adat Arjasa, sebelumnya diresmikan pada tahun 2019, merupakan sebuah desa adat di Jember. Dalam pengelolaannya, pengembangan desa wisata melibatkan berbagai pihak, termasuk BUMDES dan POKDARWIS, serta beragam komponen seperti lapisan masyarakat. Dalam hal ini Dion dan Sugianto menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengelolaan desa wisata.

“Pengelolaan desa melibatkan banyak pihak. Kolaborasi antar pengelola sangat penting,” jelas Dion.

Selain itu, kolaborasi eksternal juga penting untuk dilakukan dalam pengembangan desa wisata. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Desa Wisata Adat Arjasa bersama dengan djalanin.com. Djalanin.com sebagai sebuah online travel agent, turut berperan dalam memfasilitasi desa wisata melalui aplikasi yang memudahkan pengelolaan dan wisatawan.

Aplikasi ini menggantikan tiket konvensional dengan sistem digital yang memungkinkan pelacakan real-time dan telah berkolaborasi dengan lembaga asuransi.

“Aplikasi ini dapat memudahkan pengelola desa wisata dan wisatawan, memberikan kemudahan dalam manajemen desa wisata,” kata Dion.

Implementasi Pendidikan Pariwisata

Selain menerima kuliah tamu mengenai dunia pariwisata khususnya dalam pengembangan desa wisata, mahasiswa juga akan berpraktek langsung dan diajak untuk turut terlibat dalam dunia industri. Sebagai bentuk implementasi dari mata kuliah Introduction to Tour and Travel Management, mahasiswa akan membuat simulasi kantor perjalanan wisata dengan paket tour domestik dan internasional, yang kemudian dinilai oleh djalanin.com.

Sedangkan untuk mata kuliah Guiding Technique, mahasiswa akan membuat travel blog mengenai salah satu destinasi wisata di Indonesia, yang juga akan dinilai oleh djalanin.com. Proyek terbaik dari kedua mata kuliah akan akan dimasukkan dan menjadi produk dari djalanin.com.

Terselenggaranya kegiatan kuliah tamu ini menjadi bentuk sinergi dan kedekatan Universitas Ma Chung dengan industri. Melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat memperoleh wawasan praktis mengenai pengelolaan dan pengembangan desa wisata, serta menerapkan ilmu yang mereka peroleh dalam praktik nyata di bidang pariwisata, dan membuka jalan untuk terjun dalam industri.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP