CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Mahasiswa Farmasi Gencarkan Semangat Remaja Bebas Anemia

by Humas Universitas Ma Chung / 5 June 2024 / Published in Machung

Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Ma Chung menggelar sosialisasi dampak anemia di tiga sekolah di Malang Raya, yakni SMK Maharani, SMK Prajna Paramitha, dan SMK Amanah Husada Batu. Enam kelompok mahasiswa turut serta dalam sosialisasi ini sebagai bagian dari praktikum mata kuliah Farmasi Komunitas yang diampu oleh Apt. Annisa Lazuardy S.Si., M. Farm.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya mencegah anemia dan mengusung semangat remaja bebas anemia. Gabriella Elizabeth, salah satu mahasiswa Farmasi yang berpartisipasi, menjelaskan bahwa remaja, terutama perempuan yang mengalami menstruasi setiap bulan, sangat rentan terkena anemia.

“Remaja rentan terkena anemia, terutama di masa pubertas. Apalagi perempuan yang mengalami menstruasi setiap bulannya. Jadi kami berusaha mengadakan sosialisasi untuk mencegah dampak yang lebih dalam,” ungkapnya.

Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tidak mendapatkan cukup oksigen. Gejala umum anemia meliputi wajah pucat, mudah lelah, dan pusing. Dalam sosialisasi ini, mahasiswa Farmasi memberikan informasi tentang cara mencegah anemia, termasuk dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, kaya zat besi, vitamin B12, vitamin C, vitamin A, asam folat, minum air mineral delapan gelas sehari, melakukan aktivitas fisik, tidur yang cukup, dan meminum tablet tambah darah.

Selain memberikan materi, mahasiswa juga membuka sesi untuk cek hemoglobin bagi para peserta. Kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa. Putri Agustin, salah seorang siswa kelas X SMK Prajna Paramitha, menyatakan, “Kegiatannya hari ini seru banget. Saya dan teman-teman jadi bisa tahu banyak tentang dampak dari anemia.”

Salah satu kelompok mahasiswa, yaitu kelompok 1 yang beranggotakan Firda Amalia, Gabriella Olga, Gabriella Elizabeth, dan Imelda Finna, dengan mengusung slogan “Cegah anemia, raih prestasi. Kesehatanmu, masa depanmu,” membagikan semangat dalam kegiatan ini supaya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan para remaja di Malang Raya.

Kegiatan sosialisasi ini mencerminkan semangat kegigihan civitas akademika Universitas Ma Chung sebagai insan akademik yang berkontribusi kepada masyarakat. Kegiatan pembelajaran yang diperoleh mahasiswa tidak hanya digunakan untuk kepentingan akademis, melainkan juga untuk kebermanfaatan dalam masyarakat.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP