CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Kunjungan dan Magang Industri Bahasa

by Admin Sasing / 30 November 2023 / Published in Machung

Sebelas mahasiswa Program Studi Sastra Inggris melaksanakan kunjungan pertama kalinya ke kantor pusat Translation Transfer, perusahaan industri bahasa di Jember. Para mahasiswa yang tengah mengikuti magang online bersama Translation Transfer ini, diantar oleh para dosen pembimbing mereka, Dono Sunardi, Wawan Eko Yulianto, dan Ounu Zakiy Sukaton.

Mereka berangkat pagi-pagi sekali dari Malang ketika udara masih terasa sejuk dan laron berterbangan setelah hujan deras pada hari sebelumnya. Para mahasiswa yang sebagian besar berasal dari angkatan 2021 ini tampak penuh semangat datang pagi-pagi.

Magang Industri Bahasa

Sejak bulan Agustus, para mahasiswa ini telah mengikuti program magang industri bersama Translation Transfer. Namun, beberapa hal membuat magang ini “hanya” bisa dilakukan secara daring. Untungnya, industri bahasa, khususnya industri terjemahan, adalah jenis usaha yang sangat lazim dilakukan secara remote namun dengan komunikasi dan koordinasi yang ketat.

Industri bahasa pada saat ini sangat beragam. Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Ma Chung tidak hanya belajar menjadi penerjemah, namun juga berbagai aspek lain dalam industri bahasa. Penulisan kreatif, misalnya copywriting, adalah bagian yang saat ini sedang sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan penjurubahasaan (interpreting), sulih suara (voice over atau voice acting), dan lain-lain. Semua hal ini dipelajari dalam kegiatan-kegiatan magang yang dilakukan oleh prodi Sastra Inggris.

Translation Transfer, meski berbasis di Jember, memiliki banyak tenaga freelance yang tersebar di berbagai penjuru Jawa Timur. “Kami terbiasa dan telah menemukan sistem untuk mengelola talent kami secara freelance dan remote,” kata Zakkyl Fikri Pratama, CEO Translation Transfer.

para tokoh industri bahasa, Dono Sunardi dan Zakkyl Fikri Pratama
Kaprodi Sastra Inggris Dono Sunardi (kiri) menyerahkan plakat kepada bapak Zakkyl Fikri Pratama, CEO Translation Transfer

Menajamkan Profesionalitas

Kegiatan ini, yang diselenggarakan pada 27 November 2023, menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh selama magang mereka. Dono Sunardi, selaku kepala Program Studi Sastra Inggris, menyatakan, “Para mahasiswa telah bekerja dengan Translation Transfer dan belajar dari mereka. Namun selama ini mereka hanya pernah bertemu dengan Pak Zakkyl. Kali ini mereka bisa ketemu mentor mereka, Pak Fadhil, dan berbincang lebih bebas di sini.”

Kunjungan ini juga menjadi momen berharga bagi Anastasya Trifena, salah satu mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, yang menyatakan, “Saya sudah menanti-nanti kesempatan untuk datang dan melihat tempat ini selama hampir empat bulan.”

Acara ini diorganisir oleh para mahasiswa sendiri, dipimpin oleh Angeline Gabrielle, dan didukung oleh dana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka.

mahasiswa berfoto bersama para penerjemah, pekerja di industri bahasa
Mahasiswa Sastra Inggris bersama para awak Translation Transfer yang telah menjadi mentor mereka dalam menerjuni industri bahasa

Kunjungan ini tidak hanya memberikan wawasan praktis tentang industri bahasa, tetapi juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan para profesional di bidang ini.

Dengan penuh semangat, para mahasiswa kembali ke Malang, membawa pulang pengetahuan nyata dan inspirasi untuk lebih berkontribusi dalam dunia layanan bahasa yang terus berkembang. Pengalaman magang dan kunjungan ke industri bahasa ini semakin menekankan komitmen Prodi Sastra Inggris Universitas Ma Chung untuk membina mahasiswa menjadi pribadi yang profesional, selaras dengan salah satu dari 12 Nilai Ma Chung.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP