CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Ma Chung Fasilitasi Kongres MGBK Kab. Malang

by Humas Universitas Ma Chung / 31 January 2024 / Published in Machung

Universitas Ma Chung menjadi tuan rumah Kongres MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) Kabupaten Malang yang berlangsung di Gedung Balai Pertiwi Universitas Ma Chung pada Sabtu, 27 Januari 2024. Acara ini merupakan wadah bagi para guru BK untuk berdiskusi, dan berbagi pengalaman guna meningkatkan kualitas bimbingan konseling di Kabupaten Malang.


Sambutan pembuka diberikan oleh Sekretaris Kongres MGBK, Bapak Suratno S.Pd, yang juga menyampaikan rasa syukur dan harapannya atas kerjasama yang telah terjalin dengan Universitas Ma Chung. Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya pernah menjalin kerja sama dengan Universitas Ma Chung dalam penyelenggaraan OSN (Olimpiade Sains Nasional).


“Mudah-mudahan jalinan kerjasama ini tetap terus berlanjut. Dan kami mendoakan semoga Universitas Ma Chung mahasiswanya semakin banyak dan semakin dikenal,” ungkap Suratno.

Sesi berikutnya dipimpin oleh Dr. Soetam Rizky Wicaksono, S.Kom., M.M., salah satu Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Ma Chung, yang memberikan pelatihan menulis karya ilmiah. Dengan tema “Menulis Artikel Ilmiah Itu Mudah”, materi ini memberikan penjelaskan mengenai cara menulis karya ilmiah untuk guru, mulai dari menemukan masalah, analisis, dan kiat-kiat yang dapat dilakukan dalam membantu proses penulisan karya. Dr. Soetam mengungkapkan bahwa dalam mencari permasalahan untuk sebuah karya ilmiah tidak perlu mencari sebuah permasalahan yang rumit.

“Cari saja permasalahan yang sudah ada, dari yang sudah dijalani. Ketika kita sudah punya solusi, maka hal itu dapat kita jadikan karya ilmiahnya,” ungkap Dr. Soetam.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan agenda utama kongres yakni diskusi program kerja dan sharing antar guru BK. Selain itu, tahun ini, Universitas Ma Chung juga menjadi saksi pemilihan ketua MGBK Kabupaten Malang yang baru. Dalam sesi ini, dilakukan pemilihan umum yang diikuti oleh seluruh anggota MGBK Kabupaten Malang yang hadir dalam acara. Selamat kepada Ibu Indira Ratna Furi M.Pd dari SMAN 1 Lawang yang terpilih sebagai ketua MGBK Kabupaten Malang yang baru.


Terselenggaranya kongres MGBK Kabupaten Malang di Universitas Ma Chung ini menjadi bukti sinergi Universitas Ma Chung dalam mendukung instansi pendidikan di Malang Raya. Selain itu, terselenggaranya kegiatan ini juga menjadi wujud nyata pengabdian masyarakat yang dilaksanakan civitas akademika Universitas Ma Chung untuk dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP