CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Komunikasi Efektif adalah Kunci

by Humas Universitas Ma Chung / 9 August 2023 / Published in Machung

Pada tanggal 29 Juli 2023, Universitas Ma Chung merayakan Dies Natalisnya yang ke-16 dengan kedatangan tamu istimewa yaitu Harjanto Kusuma Halim, CEO PT Marimas Putera Kencana, produsen minuman segar terkenal di Indonesia, Marimas. Acara “Deep Talk with Harjanto Kusuma Halim” di Gedung Balai Pertiwi menjadi momentum inspiratif bagi seluruh yayasan, dosen, dan staf untuk meningkatkan skill komunikasi demi mencapai tujuan bersama.

Dalam acara yang berlangsung meriah, Bapak Harjanto Kusuma Halim membagikan berbagai wawasan dan tips mengelola komunikasi yang efektif, yang bisa diaplikasikan dalam lingkungan kerja, hubungan antara dosen dan mahasiswa, dan dalam komunikasi di institusi. Rektor Universitas Ma Chung, Dr. Ir. Stefanus Yufra Menahen Taneo, M.S., M.Sc., bersama jajarannya yang baru saja dilantik, sangat antusias menyambut materi yang disampaikan.

“Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita berhadapan dengan orang yang menyebalkan,” demikian disampaikan oleh Harjanto Halim. “Namun, penting untuk memahami bahwa orang yang kesal tidak selalu meminta solusi dari kita – yang dibutuhkan adalah ‘The Art of Active Listening yaitu kemampuan mendengar aktif dengan penuh perhatian,” sambungnya. “Harus peka untuk memahami akar permasalahannya, dan dengan membuka obrolan melalui satu kata kunci yang menggambarkan perasaannya, hampir 80% masalah bisa terselesaikan,” demikian lanjutnya.

Harjanto menekankan pentingnya mendeteksi perasaan lawan bicara. “Dengan mengatakan satu atau dua kata kunci yang mencerminkan perasaannya, kita bisa menunjukkan empati dan memahami apa yang dia rasakan,” sambungnya. “Cinta, menurutnya, adalah absennya penghakiman dan menyalahkan. Membangun hubungan yang baik dengan sesama manusia tidak melulu harus menawarkan solusi, tetapi juga menjadi pendengar yang baik dan penuh pengertian,” demikian Harjanto Halim menutup ceramahnya dengan mengutip pernyataan Dalai Lama.

Pesan inspiratif Harjanto Halim ini menjadi cambuk bagi seluruh peserta acara untuk berpikir positif dan aktif dalam menghadapi situasi yang menantang. Dia mengajarkan tentang pentingnya menciptakan iklim komunikasi yang harmonis dan saling menghargai di lingkungan sekitar kita.

Dengan begitu banyak pelajaran berharga yang disampaikan Harjanto Kusuma Halim, semangat untuk terus berkarya dan berinovasi di tengah persaingan global semakin membara. “Universitas Ma Chung berkomitmen untuk terus menghadirkan acara-inspiratif demi memotivasi dan membekali mahasiswa dan karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan di dunia bisnis dan akademisi,” jelas Dr. Yufra. “Dari acara ini, semoga peserta memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, berpikir positif, dan menginspirasi orang lain di sekitarnya melalui semangat cinta, pengertian, dan dukungan antar sesama, kita bisa menciptakan dunia yang lebih baik dan penuh harmoni. Sebab, cinta adalah kunci utama dalam menghadapi perbedaan dan tantangan hidup,” sambung Dr. Yufra.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP