CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Kolaborasi dalam Dunia Koperasi

by Humas Universitas Ma Chung / 6 March 2024 / Published in Machung

Universitas Ma Chung dan Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Seremoni penandatanganan ini berlangsung di Gedung RnD lt. 6 Universitas Ma Chung pada Rabu, 6 Maret 2024, dengan dihadiri oleh perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

MoU ini bertujuan untuk melakukan berbagai kegiatan kolaboratif seperti seminar, kuliah umum, workshop, training, magang, rekrutmen mahasiswa, program MBKM, serta penelitian dan pengabdian masyarakat. Prof. Dr. Ir. Stefanus Yufra M. Taneo. MS., M.Sc., selaku Rektor Universitas Ma Chung, dalam sambutannya menyatakan bahwa dari kerja sama ini bidang pendidikan dapat berkontibusi untuk membantu membawa perubahan positif dan inovasi dalam bidang koperasi.

“Dalam koperasi ada dua misi utama yakni sosial dan ekonomi. Pendidikan adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah mindset dan menjadi salah satu ruang lingkup kerja sama kita,” ujar Prof. Stefanus.

Firdaus Putra, HC selaku Ketua Komite Eksekutif ICCI, juga turut memberikan komentar mengenai pentingnya inovasi dalam perkoperasian.

“Hari ini Koperasi punya banyak nuansa-nuansa baru daripada 10 tahun lalu. Kemudian kurang lebih saya dan teman-teman pada tahun 2018-2019 mengembangkan Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI), dengan tujuan untuk mendorong inovasi perkoperasian supaya lebih akseleratif lagi,” ungkapnya.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Stefanus Yufra dan Firdaus Putra, HC, dengan Dr. Seno Aji Wahyono, SE., MM (Kaprodi Magister Manajemen Inovasi) dan Endy Chandra sebagai saksi. Acara ini juga menyajikan pemaparan mengenai Arah Kebijakan Pengembangan Koperasi Tahun 2025-2045 yang disampaikan oleh Harry Lesmana, selaku perwakilan dari Direktorat Pengembangan UMKM dan Koperasi, Kementerian PPN/Bappenas.

Diskusi yang berlangsung setelah penandatanganan MoU dan pemaparan Arah Kebijakan Pengembangan Koperasi fokus pada kendala branding koperasi dalam generasi muda (Gen Z) serta rasio volume usaha koperasi terhadap PDB. Melalui diskusi ini, muncul beberapa ide untuk membantu branding koperasi di generasi muda. Selain itu, melalui diskusi ini juga terbuka bebeberapa potensi kerjasama lainnya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Penandatanganan MoU antara Universitas Ma Chung dengan Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) membuktikan upaya Universitas Ma Chung dalam usaha untuk membantu meningkatkan peradaban dunia melalui penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran tinggi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas) khususnya dalam dunia koperasi.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP