CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Dari Beasiswa, Hingga Kuliah di Luar Negeri

by Humas Universitas Ma Chung / 26 March 2024 / Published in Machung

Kabar bahagia kembali diterima oleh Universitas Ma Chung. Kali ini salah satu mahasiswanya, yakni Vania Ashanti Kilin dari Program Studi Sastra Inggris berhasil menjadi awardee beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2024. Vania nantinya akan menempuh studi selama satu semester di National Taiwan University mulai tanggal 28 Agustus hingga 31 Desember 2024.

Vania mengaku pertama kali mengetahui informasi mengenai beasiswa ini dari dosen Program Studi Sastra Inggris. Selain itu, ia telah lama memiliki keinginan untuk punya kesempatan belajar ke luar negeri. Hal tersebut menjadi motivasi utamanya untuk mendaftar IISMA.

National Taiwan University menjadi pilihan Vania bukan tanpa alasan. Menurutnya universitas tersebut memiliki mata kuliah, lingkungan, dan bermacam-macam event, serta club activities yang menarik.

Berbagai dokumen Vania siapkan dengan sebaik mungkin untuk memenuhi persyaratan IISMA. Mulai dari esai dengan pertanyaan yang telah disiapkan oleh pihak IISMA, hingga sertifikat kemampuan Bahasa Inggris.

Vania bersyukur karena selama proses pendaftaran dan seleksi yang dijalani, ia mendapatkan bimbingan dan dampingan penuh dari Program Studi Sastra Inggris, sehingga dapat mempercepat perlengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Vania juga mengaku sangat terbantu dengan mock-interview yang ia lakukan bersama dosen dan Bagian Kerjasama Urusan Internasional (BKUI) Universitas Ma Chung.  Mock-interview mengakomodasi pertanyaan seputar IISMA, sehingga Vania dapat lebih siap untuk menghadapi interview yang sesungguhnya.

Adapun beberapa tahapan yang dilalui Vania dalam seleksi IISMA adalah pengisian data diri dan penulisan esai, interview, melengkapi dokumen bebas narkoba, dan setelah lolos interview melengkapi SKCK serta dokumen-dokumen pribadi.

Melalui kesempataan beasiswa IISMA yang ia peroleh ini, Vania berharap bisa mengembangkan pengetahuannya, terlebih pada mata kuliah yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya. Selain itu, Vania juga berharap dapat memperluas relasi pertemanannya dengan jejaring internasional.

Dengan prestasi yang diraihnya ini, Vania turut mendorong mahasiswa Universitas Ma Chung agar dapat mengambil kesempatan dan peluang yang ada untuk berprestasi, terlebih di tingkat internasional.

“Jangan takut untuk mencoba hal baru,” ungkap Vania memberikan motivasi.

“Persiapkan dengan sebaik mungkin, baik untuk English test, esai, interview, dan dokumen. Jangan sampai ada yang kurang. Selain itu yang paling penting jangan lupa untuk rajin berdoa dan beribadah ya guys” tambahnya.

Dr. FX Dono Sunardi., SS., MA selaku Kepala Program Studi Sastra Inggris mengapresiasi prestasi Vania ini.

“Saya sangat mengapresiasi setiap prestasi dan upaya mahasiswa sekecil apa pun itu. Tentu saja, saya sangat bangga dan apresiatif untuk pencapaian Vania yang luar biasa sehingga layak mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengalami pengalaman hidup di luar negeri lewat IISMA. Vania seakan menegaskan bahwa di Sasing, IISMA dan pertukaran pelajar adalah sesuatu yang kental dan di-encouraged. Semoga prestasi Vania bisa menginspirasi adik-adik kelas untuk membuka wawasan dan belajar sampai ke negeri-negeri jauh,” ungkap Dr. FX Dono Sunardi.

Universitas Ma Chung selalu mendukung upaya civitas akademikanya dalam meraih prestasi. Hal ini dibuktikan dengan sinergi dan kegigihan yang dilakukan bersama hingga pada akhirnya berbuah prestasi yang manis. Dengan adanya kabar bahagia ini, semoga kedepannya akan semakin banyak prestasi membanggakan yang lahir dari kegigihan civitas akademika Universitas Ma Chung.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP