CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Creative Camp, Belajar Desain hingga Website

by Humas Universitas Ma Chung / 4 May 2024 / Published in Machung

Asiknya dunia perkuliahan tidak hanya dapat dinikmati sesudah lulus SMA saja, namun dapat dirasakan langsung oleh siswa SMA pada masa sekolahnya. Pada kesempatan kali ini, sebanyak 115 siswa-siswi kelas 11 SMAS Katolik Cor Jesu Malang merasakan serunya menjadi mahasiswa melalui kegiatan Creative Camp di Universitas Ma Chung.

Belajar Apa?

Dalam kegiatan Creative Camp ini tentunya siswa-siswi SMAS Katolik Cor Jesu diajak untuk mempelajari materi yang menyenangkan dan saat ini banyak dibutuhkan di dunia industri, yakni UI/UX yang disampaikan oleh Program Studi DKV dan Desain Aplikasi berbasis Augmented Reality yang disampaikan oleh Program Studi Teknik Informatika.

Pada sesi pertama, siswa-siswi SMAS Katolik Cor Jesu diperkenalkan dengan materi UI/UX khususnya menggunakan web desain Figma. Penjelasan materi ini disampaikan oleh Bintang Pramudya Putra Prasetya, S.Sn., M.Ds. yang merupakan salah seorang Dosen Progam Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan Bidang Keahlian Brand & Graphic Design di Universitas Ma Chung.

“Figma adalah salah satu software desain yang fokusnya untuk pembuatan UI desain. Salah satu output dari UI desain adalah tampilan dari gadget yang kita pakai,” jelas Bintang.

Selain pengenalan materi, siswa-siswi juga diberikan penjelasan mengenai berbagai fungsi dari tools yang tersedia dalam web desain Figma dan berbagai kemudahan yang dimiliki, seperti menyediakan berbagai ukuran frame, dapat melihat bentuk tampilan di mobile dan bisa berkolaborasi hingga 3 orang secara bersamaan (untuk versi gratis). Tidak lupa, Bintang juga menampilkan hasil karya mahasiswa-mahasiswi DKV Universitas Ma Chung sebagai contoh terhadap para peserta.

Sebagai bentuk penerapan dari materi yang telah disampaikan, siswa-siswi SMAS Katolik Cor Jesu diajak untuk mempraktekkan langsung pembuatan desain sederhana dengan menggunakan Figma. Tahapan demi tahapan dilakukan siswa hingga pada akhirnya menghasilkan sebuah tampilan layar sederhana dengan animasi yang menarik.

Bagaimana Kesannya?

“Saya sangat senang karena mempunyai kesempatan untuk bisa belajar tentang materi UI/UX di Universitas Ma Chung. Selain itu, saya juga suka dengan penyampaian materi yang baik dari pemateri dan fasilitator nya, karena dapat menyampaikan materi dengan baik dan mudah di mengerti,” ungkap salah seorang peserta Creative Camp SMAS Katolik Cor Jesu Malang.

Pada sesi berikutnya, siswa-siswi SMAK Cor Jesu diajak untuk belajar lebih lanjut mengenai desain aplikasi (website) dengan menggunakan coding. Para peserta diberikan penjelasan singkat mengenai html dan CSS. Sebagai bentuk latihan, siswa-siswi SMAK Cor Jesu Malang diajak untuk berlatih sederhana dengan memanfaatkan website w3schools.com.

Kolaborasi antara Universitas Ma Chung dan SMAS Katolik Cor Jesu Malang merupakan sinergi positif yang memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMA untuk merasakan suasana perkuliahan yang dinamis, ramah, dan menyenangkan di Universitas Ma Chung. Melalui kegiatan Creative Camp ini pula, siswa-siswi SMA mendapatkan bekal pengetahuan baru yang dapat bermanfaat yang bagi mereka untuk diterapkan di jenjang pendidikan berikutnya atau karier yang dijalani nantinya.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP