CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tips-Tips Lolos IISMA 2024

by Humas Universitas Ma Chung / 7 February 2024 / Published in Machung

Pendaftaran program International Student Mobility Award (IISMA) 2024 telah dibuka. Untuk tahun 2024, pendaftaran IISMA dibuka mulai tanggal 25 Januari hingga 14 Februari 2024. Untuk mahasiswa Universitas Ma Chung yang saat ini duduk di semester 4 dan 6, ini adalah saat yang tepat untuk segera mengambil kesempatan mengikuti program ini.

Sebelumnya, beberapa mahasiswa dan alumni Universitas Ma Chung telah berhasil mendapatkan beasiswa IISMA, di antaranya adalah:

  1. Iman Bramantya (Prodi Manajemen 2018, Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Korea University
  2. Siti Gwyna Audrey (Prodi Sastra Inggris 2018, Fakultas Bahasa dan Seni), Korea University
  3. Gerry Hermawan (Prodi Sastra Inggris 2018, Fakultas Bahasa dan Seni), Michigan State University
  4. Marius Pribadi (Program Studi Teknik Industri 2019, Fakultas Sains dan Teknologi) National Taiwan Normal University
  5. Angela Putri Natalia (Prodi Sastra Inggris 2020, Fakultas Bahasa dan Seni), Universitas Humboldt Berlin

Adapun Angela Putri Natalia berbagi beberapa tips untuk dapat lolos dalam seleksi program IISMA sebagai berikut.

1. Mulai Lebih Awal

Mulailah lebih awal supaya dapat meluangkan waktu untuk mengumpulkan semua dokumen dan informasi yang diperlukan.

2. Gali Informasi

Galilah sebanyak mungkin informasi. Pahami kriteria, persyaratan pendaftaran, dan batas waktu pendaftaran IISMA.

3. Fokus pada Kelebihan

Tonjolkan pencapaian akademis, kegiatan ekstrakurikuler, peran kepemimpinan yang diikuti, dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan. Sampaikan kelebihan kalian tersebut dengan jelas dan rapi di dalam berkas pendaftaran. Tekankan keterampilan, pengalaman, atau kualitas unik yang membuat diri kalian berbeda.

4. Tulis Esai yang Menarik

Tulis esai yang jelas, ringkas, dan menarik yang menguraikan tujuan, pencapaian, dan dampak beasiswa IISMA pada pendidikan kalian. Sampaikan passion, dedikasi, dan segala tantangan yang pernah dihadapi dan bagaimana kalian menyelesaikannya (tapi pastikan untuk selalu sesuai dengan prompt).

5. Periksa Ulang Berkas Pendaftaran & Esai yang telah dibuat

Pastikan berkas pendaftaran dan esai yang telah kalian buat bebas dari kesalahan tata bahasa, typo, dan masalah format. Selain itu, kalian dapat meminta bantuan orang lain untuk mengecek berkas pendaftaran dan esai kalian untuk mendapatkan feedback dan saran.

6. Tunjukkan Ketertarikan yang Sungguh-Sungguh

Tunjukkan minat dan ketertarikan yang sungguh-sungguh pada beasiswa dan universitas yang dituju. Gali informasi mengenai universitas yang kalian minati, seperti klub atau kegiatan ekstrakurikuler apa tersedia, apakah universitas yang kalian tuju memiliki kegiatan darmawisata, seperti apa lingkungan akademik di universitas tujuan, dan lain sebagainya.

7. Ikuti dan Patuhi Instruksi

Perhatikan dengan baik panduan pendaftaran dan instruksi yang diberikan oleh panitia IISMA. Pastikan untuk mengirim semua dokumen dan informasi yang diperlukan, dan periksa dua kali agar tidak melewatkan apa pun.

8. Persiapkan Diri untuk Wawancara

Persiapkan diri untuk mengikuti tahapan seleksi wawancara. Gali informasi mengenai berbagai pertanyaan yang umumnya ditanyakan dan persiapkan jawabannya. Selain itu, persiapkan diri kalian untuk membahas mengenai pencapaian, tujuan, dan pengalaman yang telah kalian sampaikan di esai atau berkas pendaftaran.

9. Berlatih untuk wawancara

Pahami kembali esai kalian dan mintalah feedback dari guru, mentor, atau pembimbing akademik sebelum melakukan wawancara.

10. Berdoa

Setelah melakukan segala upaya dan persiapan, pastikan untuk berdoa supaya hasil yang diterima dapat sesuai dengan keinginan.

Untuk mendukung mahasiswa dalam mengikuti program ini, Universitas Ma Chung melalui Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) menyediakan layanan konsultasi. Selama proses pendaftaran dan seleksi IISMA, mahasiswa dapat berkonsultasi dan mendapatkan bimbingan dari BKUI untuk bantuan dan panduan. Tentunya, hal ini dilakukan sejalan dengan semangat universitas untuk melahirkan lulusan yang berwawasan global dan memiliki pengalaman internasional.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP