CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tips Memilih Kos yang Efektif

by Humas Universitas Ma Chung / 5 January 2024 / Published in Machung

Hello Machungers! Sebagai mahasiwa baru yang pergi merantau untuk kuliah, penting untuk mencari tempat tinggal yang sesuai supaya kehidupan selama masa perkuliahan dapat berjalan dengan lancar. Tidak sembarang pilih, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kos. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kos.

1. Carilah Kos yang Nyaman
Dalam memilih kos, penting untuk mencari tempat yang nyaman untuk ditinggali. Hal ini karena kos akan menjadi tempat tinggal dan beristirahat setiap harinya setelah beraktivitas seharian. Maka, pilihlah tempat yang nyaman untuk ditinggali supaya dapat bersitirahat dengan baik setelah menjalani padatnya kegiatan.

2. Pertimbangkan Budget
Ketika memilih kos, penting untuk mempertimbangkan budget yang dimiliki. Apakah kos yang akan ditempati memiliki harga yang masih dalam budget yang kita anggarkan atau tidak. Hal ini penting untuk dipertimbangkan agar kita dapat menentukan budget untuk kebutuhan yang lain, sehingga biaya kos setiap bulannya tidak akan memberatkan kita atau hingga mengurangi anggaran dari kebutuhan yang lain.

3. Fasilitas
Pertimbangkan pula fasilitas dan layanan tersedia. Misalnya seperti ketersediaan kamar mandi (luar atau dalam), laundry pakaian, biaya air dan listrik, wifi, catering, dan sebagainya. Pertimbangkan pula apakah harga yang kalian bayarkan sesuai dengan fasilitas yang diterima.

4. Jarak
Jarak merupakan salah satu hal krusial yang perlu dipertimbangkan. Pertimbangkan jarak antara kos dengan kampus atau tempat lain yang akan sering dikunjungi. Jarak yang terlalu jauh akan berpengaruh pada biaya transportasi yang diperlukan, seperti bensin atau ojek online kalau tidak membawa kendaraan pribadi.

5. Akses pada Tempat Kuliner atau Minimarket
Seringkali dilupakan, tapi akses pada tempat kuliner atau minimarket juga penting untuk dipertimbangkan. Hal ini tentunya sebagai antisipasi terhadap kebutuhan makan sehari-hari apabila tidak membeli makan di kampus atau catering. Selain itu, akses pada minimarket atau toko juga penting untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti sabun, air minum, dan sebagainya.

Selain dari Google ataupun aplikasi seperti Mamikos yang saat ini mudah untuk di akses, di Universitas Ma Chung apabila mahasiswa baru mengalami kesulitan, dapat berkonsultasi langsung dengan pihak universitas ataupun kenalan yang dimiliki untuk dapat dibantu mencari kos di sekitar lingkungan universitas. Pihak Universitas Ma Chung akan dengan senang hati membantu mahasiswa baru dalam mencari kos sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Adapun beberapa rekomendasi kos di sekitar Universitas Ma Chung dapat diakses pada link berikut ini.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP