CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

7 Skill Yang Wajib Dikuasai Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0

by superadmin / 21 April 2022 / Published in Machung

Memasuki era revolusi industri 4.0, mahasiswa menghadapi banyak tuntutan perubahan dalam berbagai sektor, termasuk pada sektor perekonomian. Era revolusi industri 4.0 lebih menekankan pada pemanfaatan teknologi komputer dan internet dalam penggunaannya di berbagai bidang yang wajib dikuasai mahasiswa. Tidak seperti dahulu, kini pemanfaatan robot atau Artificial Intelligence (AI) dalam sektor industri semakin umum. Era disrupsi tentu akan memberikan dampak kepada para pekerja dan pelaku ekonomi.

Untuk beradaptasi dengan perubahan ini, mahasiswa harus memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mesin. Misalnya seperti kemampuan memecahkan permasalahan dan kreatifitas. Terutama bagi mahasiswa, hal ini juga pasti akan berdampak. Oleh karena itu, Yuk simak 7 skill yang wajib dikuasai mahasiswa di era revolusi industri 4.0 berikut ini.

Menguasai Bahasa Asing

Dengan menguasai berbagai bahasa asing, akan menambahkan nilai plus pada kompetensi diri anda yang akan mempermudah karir anda kedepan. Meski bahasa inggris wajib dikuasai mahasiswa, akan lebih baik jika anda juga dapat menguasai bahasa lain seperti bahasa mandarin, arab, jerman, dan lain sebagainya. Banyak perusahaan yang mencari posisi sebagai translator untuk kepentingan berkomunikasi dengan client yang berasal dari berbagai negara. Ini dapat menjadi peluang untuk anda jika anda dapat menguasai bahasa asing. Semakin banyak bahasa yang anda kuasai, maka akan semakin baik nasib anda kedepan.

Menulis

Kemampuan menulis wajib dikuasai mahasiswa, namun kemampuan ini tentu saja tidak didapatkan secara instan, melainkan harus terus diasah. Mulailah berlatih menulis dengan tema bebas, bisa dengan hobi, atau mungkin dengan menuangkan opini-opini yang anda miliki ke dalam sebuah tulisan atau artikel. Mintalah temanmu untuk memberikan komentar pada tulisan-tulisanmu pada platform social media atau blog pribadi.

Problem Solving

Hal ini akan sangat membantu pada saat terjun langsung di dunia kerja. Mahasiswa bisa mengasah kemampuan problem solving dengan aktif mengikuti organisasi dalam kampus. Biasanya kemampuan pemecahan masalah ini muncul saat anda menghadapi situasi pengambilan keputusan secara mendadak pada suatu rapat. Anda perlu menimbang baik, buruk, dan konsekuensi atas segala keputusan yang akan diambil. Maka dari itu mengapa skill ini sangat penting dan wajib dikuasai mahasiswa terutama dalam menghadapi era revolusi 4.0.

Menggunakan Microsoft dan Aplikasi Desain

Karena revolusi industri 4.0 menekankan pemanfaatan teknologi komputer dan internet, anda wajib memahami minimal basic cara mengoperasikan microsoft dan aplikasi desain secara sederhana. Jika anda telah mahir, maka hal ini akan memberikan nilai plus dan sangat bagus untuk CV anda kedepan.

Public Speaking

Tidak kalah penting, skill public speaking juga wajib dikuasai mahasiswa dan semua orang di jaman sekarang. Meski awalnya tidak mudah, tetapi dengan berlatih terus-menerus, kemampuan public speaking anda akan semakin lebih baik. Skill ini sangat dibutuhkan pada posisi pekerjaan yang bergelut dengan negosiasi, sponsorship, dan lain sebagainya. Anda bisa mengasah kemampuan public speaking dengan berlatih berbicara dengan diri sendiri di depan cermin, untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Universitas Machung memiliki berbagai program studi dan telah menghasilkan lulusan-lulusan yang profesional dalam bidangnya. Universitas Machung juga menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Daftar di sini sekarang juga.

Team Work

Fitrah manusia adalah sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan sama seperti saat anda bekerja. Kita tidak akan bisa mengerjakan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan dari team. Mulailah mencari tahu bagaimana kerja tim yang bagus, agar anda tidak kaget saat terjun langsung di dunia kerja. Mayoritas perusahaan juga mencantumkan syarat dalam pekerjaan mereka untuk mampu bekerja dalam tim.

Manajemen Waktu

Orang sukses dapat mengatur waktunya dengan baik, dan ini juga merupakan skill yang wajib dikuasai oleh mahasiswa. Mereka tidak akan membuang-buang waktu berharga mereka dengan sesuatu yang sia-sia. Ciri orang yang memiliki manajemen waktu yang baik adalah dengan mengatur waktunya dengan prioritas jobdesk yang harus mereka selesaikan. Kebanyakan mahasiswa mengerjakan sesuatu dengan menunggu waktu deadline yang semakin mepet. Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik. Manfaatkan waktu dengan baik, ini akan sangat membantu anda jika terjun dalam dunia kerja.

Sebagian besar skill yang wajib dikuasai mahasiswa dan dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 adalah soft skill. Dengan memiliki berbagai kemampuan tersebut, akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan perubahan era. Teruslah asah kemampuan anda dan lakukan yang terbaik dari yang anda bisa. Semoga tips ini bermanfaat.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP