CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

3 Rekomendasi Self-Help Book untuk Hidup yang Lebih Efektif

by Humas Universitas Ma Chung / 19 December 2023 / Published in Machung

Hello Machungers!

Ketika membahas mengenai buku, ada banyak sekali genre menarik yang bisa kita baca. Salah satunya adalah self-help book atau buku nonfiksi yang memiliki topik untuk membantu pembacanya menyelesaikan masalah atau untuk mengembangkan diri.

Belakangan ini, buku dengan genre self-help banyak sekali diminati seiring dengan keinginan dan keasadaran para pembaca di dunia yang memiliki pola pikir pertumbuhan, salah satunya melalui literasi self-help book.

Nah ada banyak buku di dunia ini yang memiliki genre self-help. Tetapi, pada artikel ini akan khusus membahas 3 rekomendasi buku dengan genre self-help yang terkenal dan bestseller di dunia.

  1. Atomic Habits oleh James Clear

Atomic Habits adalah sebuah buku dengan genre self-help dengan begitu banyak pembaca. Sejak pertama kali diterbitkan pada 16 Oktober 2018, kini buku Atomic Habits telah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia.

Seperti judulnya Atomic Habits, buku ini membahas hal-hal sederhana yang dapat membantu kita untuk mengubah atau membangun kebiasaan baru dalam hidup. Banyak sekali tips yang diberikan dalam buku ini, salah satunya adalah dengan menggunakan metode two-minute rule.

Two-minute rule adalah metode untuk membantu membagun kebiasaan baru. Caranya adalah dengan melakukan kebiasaan yang ingin dibangun selama 2 menit saja setiap harinya. Mengapa hanya 2 menit? Hal ini dikarenakan fokus dalam metode ini adalah pada konsistensi untuk melakukan kebiasaan baru tersebut. Sehingga kebiasaan baru cukup dilakukan selama 2 menit agar tidak memberatkan dan bisa konsisten untuk dilakukan.

  1. The 7 Habits of Highly Effective Teens oleh Sean Covey

Pertama kali diterbitkan pada 9 Oktober 1998, buku The 7 Habits of Highly Effective Teens oleh Sean Covey ini telah terjual lebih dari 3 juta kopi. Buku ini adalah buku dengan genre self-help yang menyampaikan hal-hal yang dapat dilakukan remaja dalam membuat hidup mereka menjadi lebih efektif.

Dalam buku ini Sean Covey memberikan pendekatan atau contoh-contoh hal dengan cara yang sederhana bagi remaja dalam menjalani hidup mereka. Hal ini meliputi bagaimana untuk dapat membangun persahabatan dengan teman, mencapai tujuan atau cita-cita, menghadapi tantangan seperti menolak tekanan yang diberikan oleh teman sebaya, hubungan menghormati dengan orang tua, dan lain sebagainya.

Tidak akan bosan, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi seperti kartun maupun tantangan bagi para pembaca untuk turut serta aktif dalam aktivitas dan kiat-kiat yang disampaikan dalam buku ini.

  1. How to Win Friends and Influence People oleh Dale Carnegie

Buku How to Win Friends and Influence People oleh Dale Carnegie adalah salah satu buku self-help book terlaris sepanjang masa. Buku ini pertama kali diterbitkan pada Oktober 1936, kini telah terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

Buku ini menyampaikan tentang bagaimana cara untuk mengembangkan hubungan interpersonal. Salah satu hal yang ditekankan dalam buku ini adalah dengan berusaha untuk memahami perspektif orang lain. Tidak lupa, penting untuk menunjukkan ketertarikan terhadap topik pembicaraan, serta membuat lawan bicara merasa penting.

Hal lain yang diajarkan dalam buku ini adalah untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Tersenyum ketika berkomunikasi dengan orang lain, serta tidak mengkritik ataupun mengeluh secara berlebihan.

Demikian 3 rekomendasi buku dengan genre self-help untuk membantu kita dalam mengembangkan diri. Semoga bermanfaat!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP