CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Dari Ma Chung ke Dunia: Prestasi Mahasiswa di Luar Negeri

by Humas Universitas Ma Chung / 29 September 2023 / Published in Machung

Angela Putri Natalia, mahasiswa Sastra Inggris memiliki kisah sukses dalam meraih beasiswa IISMA (Indonesian International Student Mobility Award) yang merupakan hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbud Dikti) Pemerintah Indonesia untuk mendanai program mobilitas pelajar Indonesia ke universitas di luar negeri. Angela membuktikan bahwa semakin mahir dan terampil dalam berbahasa Inggris, semakin mudah beradaptasi dan berkomunikasi di lingkungan internasional. Berbagai langkah strategis telah Angela tempuh untuk meraih kesuksesan ini.

Angela memberikan tips bahwa “Penting bagi calon penerima beasiswa untuk selalu berkonsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) dan Kepala Program Studi (KAPRODI). Konsultasi ini membantu memastikan bahwa mata kuliah atau kelas yang akan diambil sesuai dengan program studi di Indonesia dan dapat dikonversikan nilai-nilainya. Hal ini juga memperkukuh CV yang menjadi faktor penentu dalam penerimaan beasiswa”. ujarnya

“Prestasi akademik, terutama Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), memiliki peranan besar dalam mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu, mendapatkan dan mempertahankan nilai yang baik sejak awal studi sangatlah penting. Teman-teman Mahasiswa juga sebaiknya aktif dalam lembaga kemahasiswaan dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) untuk memperkaya Curriculum Vitae (CV) melalui proyek-proyek yang ada”. Sambungnya

Sebelum menulis surat motivasi (Motivation letter), Angela melakukan riset menyeluruh tentang beasiswa dan kampus yang diinginkan sangat dianjurkan. “Motivation letter (Motlet) harus konkret dan menggambarkan rencana selama menjalani program studi di luar negeri, termasuk bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat. Selain itu, perlu dijelaskan apa yang bisa diberikan kepada pemberi beasiswa, sesuai dengan tujuan dari beasiswa yang dilamar.” Tutur Angela.

Komitmen dan tekad yang kuat sejak awal merupakan fondasi kesuksesan dalam mendaftar beasiswa. Restu dan dukungan orang tua, teman, dan dosen juga memegang peran krusial dalam perjalanan ini. Dengan mengikuti platform media sosial yang membahas beasiswa dan studi luar negeri, mahasiswa dapat mendapatkan informasi dan inspirasi untuk menemukan beasiswa sesuai kebutuhan.

Inilah kunci sukses mahasiswa Ma Chung dalam meraih beasiswa untuk belajar di luar negeri. Dengan tekad, gigih, profesional dan persiapan yang matang, kesempatan untuk meraih pendidikan tinggi di luar negeri semakin terbuka lebar dan Universitas Humboldt Berlin adalah tempat dimana Angela akan memiliki pengalaman yang luar biasa untuk menjadi mahasiswa unggul dibidangnya.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP