CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Pentingnya Seminar Nasional untuk Mahasiswa

by Humas Universitas Ma Chung / 24 June 2024 / Published in Machung

Seminar merupakan kegiatan yang kerap dilaksanakan di sebuah perguruan tinggi. Umumnya perguruan tinggi menyelenggarakan seminar mulai dari skala internal, regional, nasional, hingga internasional. Namun, apa sebenarnya arti dari seminar? Dan mengapa seminar begitu penting untuk dilaksanakan oleh perguruan tinggi?

Melansir dari laman kbbi.kemdikbud.go.id, Seminar pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya). Seminar menjadi penting karena memberikan segudang manfaat khususnya dalam ranah perguruan tinggi.

Pentingnya Mengikuti Seminar

Seminar khususnya dalam ranah perguruan tinggi menjadi agenda yang penting dan perlu untuk diikuti karena merupakan forum untuk berbagi pengetahuan, memperkenalkan penelitian terbaru, dan mendiskusikan isu-isu terkini dalam berbagai bidang. Tidak berhenti disitu, seminar juga memberikan kesempatan bagi seluruh pesertanya untuk dapat memperluas jejaring, wawasan, serta kolaborasi antar institusi.

Selain itu, bagi sebuah perguruan tinggi, seminar dapat membantu universitas untuk membangun reputasi akademik. Dengan demikian, pentingnya mengikuti seminar tidak hanya terbatas pada pengembangan individu, tetapi juga berkontribusi pada kemajuan institusi dan masyarakat secara keseluruhan.

Seminar Nasional Universitas Ma Chung

Dalam semangat tersebut, Universitas Ma Chung turut mengambil peran dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, Universitas Ma Chung menyelenggarakan Seminar Nasional untuk akademisi di seluruh Indonesia dengan tajuk seminar “Sustainability Through Smart Green Technology”

Dalam seminar ini, Universitas Ma Chung mengundang para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berpartisipasi dalam berbagi pengetahuan dan inovasi dalam menciptakan keberlanjutan melalui Smart Green Technology. Para peserta dipersilakan untuk mengirimkan makalah ilmiah mereka yang akan dipresentasikan dalam seminar dan dipublikasikan dalam prosiding seminar. Melalui hal ini, Seminar Nasional oleh Universitas Ma Chung dapat memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Seminar Nasional ini juga akan menghadirkan dua orang keynote speaker yakni Prof. Dr.med. Ito Puruhito, MD, FICS, FAMM selaku Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Rektor Universitas Airlangga periode 2001-2006, dan (dalam konfirmasi) Irwan Hidayat selaku Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, serta banyak invited speaker lainnya.

Seminar Nasional ini akan diselenggarakan pada Rabu, 24 Juli 2024. Adapun bidang yang dibahas meliputi:

1. Bidang Ekonomi dan Bisnis: “Smart Green Economics Sustainability”

Topik meliputi strategi bisnis berkelanjutan, analisis ekonomi lingkungan, pasar dan konsumen hijau, serta inovasi teknologi dan produk hijau.

2. Bidang Bahasa dan Pendidikan: “Examining Literature, Cultural Views, Language, and Translation in the Context of Sustainable and Smart Green Technology”

Topik meliputi ekokritik dalam literatur, ekolinguistik, perspektif budaya terhadap gaya hidup berkelanjutan, dan penerjemahan terkait teknologi hijau cerdas.

3. Bidang Teknologi dan Desain: “Technology and Design to Create Solutions for Society with the Concept of Smart Green Technology”

Skopa meliputi desain komunikasi visual, sistem informasi, teknologi informasi, dan teknik industri.

4. Bidang Ilmu Kesehatan: “Collaborative Strategies for Green Healthcare”

Topik meliputi farmasi klinis komunitas, teknologi farmasi, kimia dan analisis farmasi, serta bioteknologi farmasi.

5. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat: “Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan melalui Teknologi berbasis Kearifan Lokal

Membahas berbagai inovasi pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Melalui kegiatan seminar nasional ini, Universitas Ma Chung membuka kesempatan untuk bersinergi bersama memperkuat jaringan akademik dan kolaborasi penelitian, memperkaya wawasan tentang teknologi ramah lingkungan, serta berkontribusi nyata dalam upaya global menuju keberlanjutan. Harapannya melalui kegiatan ini dapat menghasilkan solusi inovatif yang berdampak positif bagi masa depan melalui sustainability smart green technology.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Seminar Nasional Universitas Ma Chung, dapat menghubungi email resmi senam@machung.ac.id atau kontak Rizky (0896-6363-7175) dan Taufik (0858-5589-0424). Templat pengunduhan tersedia di laman resmi Seminar Nasional Universitas Ma Chung https://senam.machung.ac.id/.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP