CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Akuntansi dan Keuangan Sebagai Bahasa Bisnis 

by Humas Universitas Ma Chung / 15 January 2024 / Published in Machung

Dalam kehidupan sehari-hari, semua aktivitas kita tidak akan terlepas dengan bidang keuangan. Setiap orang pasti akan berhubungan dengan bidang keuangan, mulai dari bisnis atau industri yang besar hingga keuangan pribadi perorangan. Oleh karenanya, pada dasarnya setiap orang memerlukan bidang ilmu keuangan atau akuntansi. 

Akuntansi adalah bidang ilmu mengenai bagaimana kita dapat meringkas aktivitas ekonomi (aktivitas yang berhubungan dengan keuangan) menjadi sebuah laporan yang mudah untuk dibaca dan dipahami. Sebagai bahasa bisnis, ia berperan penting sebagai jembatan dan bahan evaluasi untuk mengetahui kinerja dari sebuah bisnis. 

Rino Tam Cahyadi, S.E., M.S.A selaku dosen Program Studi Akuntansi Universitas Ma Chung menekankan pentingnya laporan keuangan sebagai bahasa bisnis dan output dari ilmu akuntansi

“Untuk mengetahui kinerja dari sebuah bisnis diperlukan ilmu ini. Oleh sebab itu, untuk mengetahui apakah sebuah bisnis itu berjalan dengan baik atau tidak maka dibutuhkan sebuah laporan keuangan yang terpercaya,” ungkap Rino. 

Ia juga menekankan bahwa hal ini berlaku bagi semua jenis bisnis, baik bisnis yang sifatnya untuk mencari keuntungan (profitable) ataupun yang tidak mencari keuntungan (non-profitable). 

“Kalau bisnis ingin berkembang pesat, maka sistem keuangan harus ditata dengan baik. Sehingga dapat berjalan seimbang, antara produk bisnis, penjualan yang meningkat, dan sistem keuangan yang baik. Tidak ada bisnis yang besar tanpa pengelolaan keuangan yang baik dan benar” tambah Rino. 

Laporan keuangan yang dihasilkan oleh ilmu akuntansi juga tidak hanya berfokus pada laporan formal saja, melainkan di dalamnya meliputi manajemen pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusan taktis. Di Universitas Ma Chung, konsep mengenai akuntansi sebagai bahasa bisnis diintegerasikan dalam seluruh mata kuliah di Prodi Akuntansi. Mahasiswa di Prodi Akuntansi mempelajari secara mendetail mengenai pengelolaan keuangan untuk dapat mengetahui kinerja sebuah bisnis agar dapat berjalan dengan baik dan berhasil. 

Hal ini sejalan dengan motto yang dipegang teguh oleh Prodi Akuntansi yakni “Numbers are our language, success is our story,” yang diartikan “Angka adalah bahasa kami, kesuksesan adalah cerita kami.” 

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP