CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Apa itu Green Technology?

by Humas Universitas Ma Chung / 14 June 2024 / Published in Machung

Kondisi lingkungan yang kian memprihatinkan telah menjadi perhatian banyak aktivis. Hal ini memicu munculnya Green Technology, yang mulai berkembang pada awal abad ke-19 ketika para ilmuwan mengamati dampak ekologis industri batu bara dan produsen berusaha mengurangi limbah yang dihasilkan. Tapi apa sebenarnya arti dari Green Technology?

Green Technology secara singkat diartikan sebagai istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pemanfaatan sains dan teknologi dengan tujuan menghasilkan produk dan layanan yang ramah lingkungan. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga, memperbaiki, dan melestarikan lingkungan.

Kini, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pelestarian lingkungan, semakin banyak perusahaan mulai menerapkan konsep tersebut dalam operasinya. Melansir dari laman Investopedia.com, beberapa negara telah memulai langkah-langkah untuk menghapus plastik sekali pakai. Misalnya, Singapura berkomitmen mencapai tingkat daur ulang sebesar 70% pada tahun 2030.

Adaptasi Green Technology

Melansir dari laman ukmindonesia.id, beberapa adaptasi yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan Bangunan Hijau

2. Penggunaan Energi Alternatif

3. Penggunaan Kendaraan Listrik

4. Daur Ulang

5. Penggunaan Produk Ramah Lingkungan  

Mengapa Begitu Penting?

Green Technology dapat membantu mengurangi dampak kerusakan lingkungan dengan:

1. Membantu mengurangi polusi udara dan air

2. Menghemat energi dari bahan bakar fosil yang merusak lingkungan dengan menggunakan energi terbarukan. Sehingga, kita dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

3. Melindungi alam dengan bahan-bahan daur ulang. Sehingga melalui hal ini dapat membantu  mengurangi kebutuhan untuk mengekstraksi sumber daya alam baru.

4. Mendukung ekonomi berkelanjutan tanpa merusak lingkungan dengan menciptakan keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian alam.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, Green Technology menjadi solusi yang semakin relevan dan penting untuk masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Universitas Ma Chung turut berperan dalam mendukung Green Technology. Salah satu buktinya adalah melalui Seminar Nasional bertajuk “Sustainability Through Smart Green Technology.” Kegiatan ini menunjukkan komitmen Universitas Ma Chung dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjalin kolaborasi lintas institusi, mitra, dan industri. Melalui seminar ini, civitas akademika dari berbagai bidang dapat bersinergi untuk bertukar pikiran dan berbagi hasil dari eksplorasi yang telah dilakukan.

Sumber Foto: Freepik.com/Freepik

Sumber:

Forbes.com

Thoughtco.com

Investopedia.com

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP