CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Pengaruh Teknologi dalam Perkembangan Bahasa

by Humas Universitas Ma Chung / 18 March 2024 / Published in Machung

Perkembangan teknologi yang pesat tidak bisa dihindari. Hal ini berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk bahasa. Bahasa Inggris, sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia, juga mendapat pengaruh secara signifikan oleh adanya perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi, khususnya media sosial, telah membawa banyak perubahan baru dalam bahasa. Munculnya media sosial dan komunikasi digital telah membawa kata-kata dan frasa baru secara teratur, serta perkembangan lainnya semakin menjadi bagian dari komunikasi sehari-hari.

Menurut Nick Beaumont dalam artikel “The Impact of Technology on The Words We Use” di www.harvard.co.uk, Bahasa Inggris tidak pernah memiliki standar yang tetap dan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Internet, sebagai bentuk perkembangan teknologi, menjadi salah satu media utama yang berperan dalam perkembangan bahasa.

Pengaruh teknologi dalam bahasa, terutama Bahasa Inggris, sangat signifikan dan beragam. Beberapa aspek dari perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap bahasa antara lain:

1. Berkembangnya Kata-Kata Baru

Melansir dari laman englishpath.com, lebih dari 700 kata-kata baru ditambahkan ke Oxford English Dictionary pada Juni 2021. Dari kata-kata baru tersebut, beberapa berkaitan dengan bidang teknologi. Hal ini tentunya menandakan lahirnya banyak kosa kata baru yang digunakan dalam masyarakat sebagai bentuk pengaruh teknologi dalam perkembangan bahasa.

2. Akronim dan Pesan Singkat

Dengan berkembangnya teknologi, komunikasi kini seringkali dilakukan melalui pesan teks secara online. Seringkali, dalam pengiriman pesan online, efisiensi (kesingkatan) menjadi salah satu hal yang diprioritaskan. Penggunaan singkatan seperti “u” untuk “you” dan “gr8” untuk “great” semakin umum untuk digunakan, demikian pula dengan penghilangan tanda baca dan kapitalisasi dalam beberapa kasus.

3. Penggunaan Emoji

Emoji adalah representasi visual yang digunakan untuk menyampaikan emosi, ide, atau reaksi dalam komunikasi digital. Emoji menjadi bagian dari percakapan online yang menambahkan nuansa dan ekspresi pada pesan. Dengan berbagai fitur yang terus berkembang di media sosial penggunaan emoji baik dalam bentuk ikon, stiker, avatar, hingga gif semakin umum untuk digunakan oleh masyarakat luas.

Di Universitas Ma Chung, mahasiswa Program Studi Sastra Inggris tidak hanya mempelajari literatur dan karya sastra dalam Bahasa Inggris, tetapi juga memahami perkembangan Bahasa Inggris dan penggunaannya dalam masyarakat (sociolinguistic). Hal ini dilakukan agar mahasiswa mampu memahami fenomena kebahasaan di sekitarnya, memiliki wawasan global, dan menjadi lulusan yang berkualitas.

Selengkapnya mengenai kurikulum Program Studi Sastra Inggris dapat diakses di sini.

Sumber:

https://www.englishpath.com/the-impact-of-technology-on-the-english-language/
https://www.harvard.co.uk/the-impact-of-technology-on-the-words-we-use/

Sumber Foto: Freepik.com/macrovector

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP