CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Pengalaman IISMA di Jerman, Dari Pertemanan Hingga Toilet

by Humas Universitas Ma Chung / 16 February 2024 / Published in Machung

Pengalaman mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan pengalaman yang berharga bagi seluruh awardeenya, salah satunya adalah Angela Putri Natalia. Mahasiswi Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung yang akrab dengan sapaan Angela ini berhasil menjadi awardee program IISMA dan menempuh studi selama 1 semester di Universitas Humboldt Berlin. Melalui podcast bersama Program Studi Sastra Inggris, Angela membagikan kisahnya selama mengikuti program IISMA.

Angela menceritakan bahwa saat mengikuti program IISMA di Universitas Humboldt Berlin, ia tidak mengalami kesulitan dalam menjalin pertemanan meskipun awalnya tidak begitu akrab karena belum saling mengenal. Namun, seiring berjalannya waktu dan adanya kerja kelompok bersama, Angela yang tergabung dalam kelas yang terdiri atas 9 orang mahasiswa Amerika Serikat dan 24 mahasiswa Indonesia program IISMA bisa saling akrab dan saling mengenal.

Namun, Angela juga mengakui adanya perbedaan budaya yang kadang menjadi tantangan. Menurutnya, penting untuk tetap beradaptasi dengan budaya baru tanpa kehilangan jati diri. Sebagaimana dikatakan Wawan Eko Yulianto, Ph.D., seorang Dosen Program Studi Sastra Inggris, “Kita mencoba beradaptasi, namun tidak kehilangan jati diri kita sendiri.”

Salah satu pengalaman menarik lain yang dibagikan Angela adalah mengenai sistem toilet di Jerman. Angela menjelaskan bahwa di Jerman pengguna harus membayar sekitar 1 euro atau 50 cents untuk menggunakan toilet. Hal ini berlaku untuk semua toilet umum di wilayah Jerman, termasuk di restoran cepat saji. Adapun pembayaran yang dilakukan juga berbeda-beda, ada yang menggunakan kartu pembayaran dan ada pula yang menggunakan uang tunai.

Pengalaman Angela dalam program IISMA membuka wawasan dan cakrawala baru baginya. Selain memperoleh pengalaman akademis berharga, peserta program juga dapat belajar tentang budaya dan kebiasaan baru yang dapat memperkaya pengalaman hidup mereka. Ini sejalan dengan misi Universitas Ma Chung untuk melahirkan lulusan yang berwawasan global. Melalui Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional, Universitas Ma Chung selalu mendukung mahasiswanya agar memiliki wawasan dan pengalaman global.

Podcast bersama Angela dapat diakses di link berikut ini.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP