CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Nusantara di Kaltim dan Nasib Provinsi Jakarta

by superadmin / 11 February 2022 / Published in Machung

Oleh: Murpin Josua sembiring

Masyarakat Indonesia sedang heboh dengan Nusantara – Ibu Kota Negara yang baru. Perpindahan suatu ibu kota negara merupakan hal biasa terjadi di negara lainnya. Perpindahan ibu kota negara dengan berbagai faktor penyebabnya, ada yang melihat dari aspek pertahanan keamanan negara dari potensi serangan asing dari wilayah laut. Misalnya, seperti yang dilakukan Myanmar 17 tahun lalu (thn 2005) dari ibu kota Yangon dipindahkan ke Utara Myanmar kota Navypydaw.

India tahun 1931 ibu kotanya pindah dari Kolkata ke New Delhi, Nigeria tahun 1991 ibukotanya dari Lagos pindah ke kota Abuja. Perpindahan ibu kota negara dipastikan ada berbagai pertimbangan yang sudah dikaji untuk peningkatan dan pemerataan perekonomian, stabilitas dari potensi bencana alam, harmonisasi pembangunan dengan potensi alam seni budaya setempat, meminimalisir gangguan keamanan, konflik sosial dan keagamaan dalam negeri, penguatan ideologi bangsa Indonesia dan lain sebagainya.

Desain Ibu kota Negara Nusantara Luar Biasa.

Kabupaten Penajam Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota negara yang baru bernama Nusantara seluas 56.180 hektare didesign menjadi kota  smart city, ecofriendly, greencity, environment city dengan dipimpin oleh kepala otorita khusus/otonomi seluas-luasnya mengurusi kepemerintahan di wilayahnya yang ditunjuk langsung oleh Presiden tanpa melalui Pilkada dan tanpa persetujuan DPRD Provinsi karena di wilayah otorita ibu kota negara nanti tidak ada partai politik, tidak ada DPRDnya. Kepala otorita kewenangannya sekelas menteri sehingga APBDnya akan diputuskan oleh DPR RI dan pengawasannya oleh DPR RI (baca UU IKN).

Selama ini pulau Jawa rata-rata 59 persen kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)  Nasional kita di mana rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional kisaran 5,72 persen per tahun. Pulau Kalimantan secara keseluruhan kontribusinya selama ini hanya 8,2 persen untuk pertumbuhan ekonomi Nasional pertahunnya.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi dengan eskalasi Kaltim menjadi ibu kota negara baru kita berharap multiplayer efeknya bisa meningkat hingga 30 persen dan rata-rata pertumbuhan ekonomi Kalimantan bisa 6 persen per tahun.

Lini-lini bisnis yang prospek di ibu kota negara Nusantara baik bagi investor domestik dan manca negara adalah bisnis IT, telekomunikasi, perumahan, apartement, ritel modern, perbankan, kuliner, pertanian modern, transportasi masal, mobil dan sepeda motor listrik. Investor asing yang sudah nyatakan minat masuk ke ibu kota negara Nusantara antara lain Uni Emirat Arab (UEA), China, Ingris, Korea, Jerman dan Jepang.

Proses dan eksistensi IKN akan dimulai tahun 2022 hingga tahun 2045 dengan harapan proses selama 23 tahun kedepan ibu kota negara Nusantara sudah kondusif berjalan sesuai tujuan dan strategi serta target-target yang ada pada masterplan semula. Pengalaman negara Brasil dan Kazakhstan realisasi pindah ibu kota butuh waktu 10 tahun.

Urgensi perpindahan ibu kota nasional ini harus dikelola sebagai bagian upaya kita untuk pemulihan ekonomi yang khas dengan potensi wilayah masing-masing yang sempat tergerus era pandemi dan saatnya beradaptasi masuk ke era new normal, menaikkan daya beli masyarakat, penciptaan lapangan kerja, jaminan sosial bagi masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan dan penguatan pertahanan dan keamanan negara, penanganan serta pemulihan bencana.

Persiapan untuk stabilitas perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur  sebagai ibu kota baru dengan sebutan Nusantara yang sangat ikonik bagi masyarakat kita maupun masyarakat dunia.  Perpindahan ibu kota baru ini menghabiskan dana sekitar Rp 501 triliun dan diperkirakan hingga tahun 2024 (sebelum Pilpres)  ada 7.000 ASN baik yang masih bujang dan berkeluarga akan pindah ke ibuk ota baru Nusantara tersebut.

Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Nasional

Jakarta (tanpa sebutan Daerah Khusus Ibukota baca DKI) dengan kepemimpinan Gubernurnya punya kedudukan dan fungsi sentral dan utama sebagai Propinsi Jakarta dengan kekhususan menjadi Pusat Ekonomi Nasional. Gubernur dan semua aparatnya harus serius, fokus berintegrasi tinggi menjadikan Jakarta sebagai pusat-pusat bisnis terbesar di Asia, bangun destinasi wisata dan rekreasi kelas dunia, siapkan pelabuhan peti kemas yang modern dan cepat pelayanannya.

Pelabuhan modern untuk kapal pesiar internasional, sarana dan prasarana transfortasi umum/massal yang modern/aman dan nyaman, perhotelan dan restauran yang mewah, komersialiasasi tarian-tarian budaya se-Indonesia dikembangkan ditaman mini Indonesia agar menjadi pendorong minatnya wisatawan domestik dan asing ke Jakarta, pusat industri kreatif (produksi platform digital bisnis, e-commerce, sorganya bagi tumbuhnya UMKM/IKM dan startup digital bisnis dll) bagi kaum mellenial kelas dunia sehingga banyak investor asing kelas dunia berkantor di Jakarta.

Income perkapita Jakarta selama ini rata-rata sebesar Rp 211.000.000/tahun (Rp. 17.583.000/Bln) dengan pertumbuhan ekonomi nya rata-rata 6,08 persen sebelum Pandemi , dimana DKI Jakarta berkontribusi 17-18 persen untuk pertumbuhan ekonomi Nasional.

Kita berharap dengan Propinsi Jakarta bisa menjadi Propinsi kekhususan untuk menopang perekonomian Nasional dengan cara menaikkan kontribusi pertumbuhan ekonominya menjadi 8 persen per tahun, menaikkan income percapita Rp 30.000.000/ bulan dan Pertumbuhan ekonomi menjadi sebesar 25 persen per tahun.

Pemerintah Pusat dapat menyerahkan semua asset-asset (lahan, gedung, fasilitas inftrastruktur dll) baik di berbagai Kementerian, non kementerian, Lembaga Tinggi Negara, Gedung DPR RI, BUMN, untuk didayagunakan oleh Gubernur Provinsi Jakarta kedepan sebagai Pusat Ekonomi Nasional dengan merevisi UU 29 tahun 2007 tentang provinsi.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP