CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Jurusan Teknik Industri Belajar Apa?

by Humas Universitas Ma Chung / 28 February 2024 / Published in Machung

Seiring dengan perkembangan Indonesia dari negara agraris menjadi negara industri, industrialisasi menjadi tidak terelakkan dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, permintaan akan tenaga ahli di bidang industri semakin meningkat. Untuk menghadapi tantangan ini, Universitas Ma Chung menyediakan Program Studi Teknik Industri yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar menjadi lulusan yang berkualitas, siap terjun ke dunia kerja, dan mampu bersaing di pasar global.

Untuk mempersiapkan mahasiswa akan kebutuhan tersebut, Universitas Ma Chung menyiapkan kurikulum pembelajaran yang komprehensif. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan tentang pemahaman terhadap teknologi terkini yang digunakan dalam industri, serta keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang diperlukan untuk bersaing di pasar global. Dengan demikian, lulusan Program Studi Teknik Industri di Universitas Ma Chung diharapkan dapat menjadi profesional yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di dunia industri.

Adapun overview mengenai kurikulum pembelajaran Program Studi Teknik Industri Universitas Ma Chung setiap tahunnya adalah sebagai berikut.

Pada tahun pertama, mahasiswa akan belajar konsep dasar teknik seperti Statistika, Aljabar Linear, Kalkulus, Fisika, Menggambar Teknik, Mekanika Teknik, dan dasar-dasar pemrograman.

Pada tahun kedua, mahasiswa akan mendalami pengetahuan teknik dan industri dengan mempelajari mata kuliah seperti Ergonomi & Perancangan Sistem Kerja, Perancangan dan Pengembangan Produk, serta mata kuliah sejenisnya. Selain itu, mahasiswa juga akan disiapkan untuk mampu melakukan analisis dan penelitian melalui mata kuliah Penelitian Operasional dan Perancangan Sistem Informasi.

Pada tahun ketiga, mahasiswa akan mendalami proses analitis dari berbagai perspektif melalui mata kuliah Analisis Perancangan Usaha dan Kewirausahaan. Mereka juga akan diperkenalkan pada berbagai sistem manajemen termasuk Ilmu Ekonomi. Kesempatan untuk mengambil mata kuliah pilihan dan praktik kerja lapangan juga tersedia. Selain itu, mahasiswa akan disiapkan untuk tugas akhir mereka melalui mata kuliah Metodologi Penelitian.

Pada tahun keempat kuliah, waktu akan digunakan khusus untuk program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), baik di internal maupun eksternal Universitas dan penyelesaian Tugas Akhir mereka.

Program Studi Teknik Industri Universitas Ma Chung juga memiliki warna khasnya yang juga menjadi keunggulan prodi, yakni Manufaktur Berkelanjutan. Manufaktur berkelanjutan adalah sistem produksi untuk mengurangi penggunaan energi, emisi, limbah, dan bahan yang tidak dapat didaur ulang. Pendekatan ini memperhatikan seluruh siklus hidup produk atau proses, dari tahap perolehan bahan mentah hingga akhir masa manfaat produk.

Melalui kurikulum yang komprehensif, Program Studi Teknik Industri Universitas Ma Chung mempersiapkan mahasiswanya dengan meningkatkan kemampuan kognitif, menggabungkan keterampilan softskills dan hardskills dalam kurikulum, dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perkuliahan. Dengan demikian, Universitas Ma Chung mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi lulusan yang berkualitas, siap pakai, dan mampu untuk bersaing dalam pasar global.

Informasi lebih lengkap mengenai kurikulum Program Studi Teknik Industri dapat diakses di sini.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP