CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Ini Rahasia Orang Tua Memilih Perguruan Tinggi

by Humas Universitas Ma Chung / 1 April 2024 / Published in Machung

Perguruan tinggi adalah salah satu tahap yang penting dalam perjalanan akademik seseorang. Oleh karena itu, dalam memilih perguruan tinggi diperlukan pertimbangan yang matang. Dalam konteks ini, Universitas Ma Chung mengundang Ibu Retno, selaku orang tua mahasiswa yang menguliahkan kedua anaknya di Universitas Ma Chung, untuk berbagi pandangannya melalui Podcast Ma Chung Talk. Dalam podcast ini, Ibu Retno menjelaskan pertimbangannya dalam memilih perguruan tinggi dan alasan-alasannya memilih Universitas Ma Chung sebagai perguruan tinggi untuk kedua anaknya.

Pertimbangan dalam Memilih Perguruan Tinggi

Ibu Retno menyampaikan bahwa dalam memilih perguruan tinggi, ada dua pertimbangan penting yang perlu diperhatikan, yaitu kemampuan finansial dan kemampuan/layanan perguruan tinggi untuk dapat memenuhi minat serta memberikan bimbingan yang baik kepada mahasiswa.

Selain itu, menurut Ibu Retno, peran dosen sebagai tenaga pengajar juga sangat penting dalam mendidik mahasiswa. Sehingga mahasiswa tidak hanya kuliah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, tetapi juga mendapatkan bimbingan yang berharga seperti dalam hal kepemimpinan dan attitude.

Harapan / Goal Menguliahkan Anak

Ibu Retno mengungkapkan bahwa harapannya tentu setelah kedua anaknya lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

“Memang sih setelah lulus mendapatkan pekerjaan yang baik itu penting. Tapi tentu saja attitude juga sangat berperan. Jika seseorang mendapatkan pekerjaan yang bagus tapi tidak memiliki attitude yang baik, sulit bagi perusahaan untuk menerima mereka.”

Menurut Ibu Retno, kemampuan sosialisasi, kepemimpinan, dan persiapan untuk berinteraksi dengan masyarakat juga sangat penting, lebih dari sekadar mendapatkan pekerjaan. Ibu Retno menyatakan bahwa Universitas Ma Chung memiliki kriteria-kriteria tersebut.

Ibu Retno menambahkan bahwa meskipun ia tidak memaksakan anak-anaknya dalam pendidikan, namun ia selalu menekankan agar mereka melakukan yang terbaik dan konsisten. Ia juga percaya bahwa kualitas kepribadian seseorang sangat penting, dan telah mengedukasi anak-anaknya sejak kecil. Anak-anaknya diajarkan untuk merencanakan tujuan studi mereka sejak dini, sehingga setelah lulus, mereka sudah memiliki rencana yang jelas untuk melanjutkan studi mereka.

Kenapa Memilih Program Studi Teknik Informatika Universitas Ma Chung?  

Memilih sesuai dengan kemampuan finansial adalah hal penting bagi Ibu Retno. Selain itu, Ibu Retno juga aktif mencari informasi tentang beasiswa yang tersedia di Universitas Ma Chung. Dengan bekal kemampuan akademik yang baik, kedua anaknya berhasil meraih beasiswa unggulan.

Ibu Retno juga mencermati perilaku dari kedua anaknya. Menurutnya, keduanya berkembang dengan sangat baik selama berkuliah di Universitas Ma Chung, memiliki attitude dan mampu bersosialisasi dengan baik. Perilaku baik ini juga diterapkan oleh anak pertamanya setelah lulus kepada rekan kerjanya. Sedangkan adik yang mendapat kesempatan magang di Jakarta juga menunjukkan attitude yang baik.

Tentunya, pertimbangan-pertimbangan tersebut juga disertai dengan pertimbangan fasilitas dan kurikulum pembelajaran di Program Studi Teknik Informatika yang mempersiapkan mahasiswa dengan kebutuhan dunia kerja.

Universitas Ma Chung, Dosen, dan Industri

Kedua anak Ibu Retno menjalani magang di Jakarta. Anak keduanya menjalani magang selama satu tahun. Namun hal ini tidak mengganggu perkuliahan mereka karena kegiatan magang tersebut dikonversi sebagai bagian dari kuliah mereka.

Lebih lanjut, Ibu Retno mengungkapkan mengenai hubungan antara dosen dan mahasiswa di Universitas Ma Chung yang terjalin sangat baik. Komunikasi dengan dosen berjalan lancar, terutama dalam hal bimbingan untuk tugas akhir. Testimoninya ini, membuktikan kabar yang pernah ia dengar terkait hubungan dosen dan mahasiswa di Universitas Ma Chung.

 “Sebelum memasukkan anak-anak saya untuk berkuliah di Ma Chung, saya pernah dengar kalau dosen-dosen di Ma Chung akan selalu stay selama jam kerja,” jelas Ibu Retno

Merekomendasikan atau Tidak?

“Tentu merekomendasikan sekali, karena dari pengalaman pribadi. Bukan dari satu anak saja, tapi keduanya. Yang pertama sudah benar-benar lulus tanpa menunggu (anak kedua saat ini sedang magang di Jakarta),” ungkap Ibu Retno.

Adapun perusahaan justru yang menunggu anak pertamanya selama dua minggu agar dapat menyelesaikan keperluan kampus dan mencari kos sebelum akhirnya bekerja di perusahaan.

Testimoni dari orang tua mahasiswa merupakan bukti nyata dari komitmen Universitas Ma Chung dalam menyediakan kualitas belajar dan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Dukungan dan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa juga mencerminkan upaya universitas dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berkualitas.

Selengkapnya mengenai Podcast Ma Chung Talk bersama Ibu Retno dapat diakses Youtube dan Spotify Universitas Ma Chung.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP