CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Fakta Menarik Hubungan Indonesia dengan Tiongkok

by Humas Universitas Ma Chung / 6 June 2024 / Published in Machung

Indonesia dan Tiongkok memiliki sejarah panjang dalam kerja sama di berbagai bidang. Hubungan bilateral antara kedua negara ini tidak hanya mencakup aspek ekonomi, tetapi juga budaya, pendidikan, dan teknologi. Seiring dengan perkembangan zaman, kerja sama ini terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Terbaru, pada 8 September 2023, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), H.E. Li Qiang, di Istana Merdeka. Pertemuan ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan membahas kelanjutan kerja sama.

Melansir dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, dan laman Kompas, hubungan Indonesia dan Tiongkok secara umum mencakup bidang-bidang sebagai berikut.

1. Investasi

Kerja sama Indonesia dan Tiongkok dalam bidang investasi mencakup berbagai proyek besar. Salah satunya adalah rencana Contemporary Amperex Technology Co Limited (CATL) untuk mengembangkan produksi baterai EV terintegrasi. Terdapat pula kolaborasi dalam pembangunan industri petrokimia bersama perusahaan Tongkun dan Xingfengmin, serta pembangunan pabrik kaca oleh Xinyi.

2. Infrastruktur

Di bidang infrastruktur, salah satu proyek yang menonjol adalah peresmian dan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Selain itu, terdapat juga kerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara yang menunjukkan sinergi kedua negara dalam mengembangkan infrastruktur strategis.

3. Perdagangan

Dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), H.E. Li Qiang pada 8 September 2023, kedua pemimpin negara menargetkan peningkatan perdagangan bilateral antara RI-RRT di atas USD100 miliar. Salah satunya dengan dorongan dari pihak Indonesia untuk perluasan dan kemudahan akses produk-produk seperti sarang burung walet, hasil pertanian seperti buah durian, dan produk laut ke pasar Tiongkok.

Di sisi lain, Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin yang juga melakukan pertemuan bilateral dengan  Perdana Menteri (PM) Tiongkok, Li Qiang, membahas akses impor dan kerja sama dalam pengembangan produk halal.

4. Kesehatan

Pada bidang kesehatan, Indonesia kolaborasi positif ditandai dengan adanya Forum Investasi Kesehatan dan Biotek di Chengdu yang menghasilkan komitmen kerja sama senilai USD1.5 miliar. Ini menunjukkan komitmen kedua negara dalam meningkatkan sektor kesehatan melalui kolaborasi internasional.

5. Kawasan dan Global

Dalam bidang kawasan dan global, Indonesia dan Tiongkok bersepakat untuk saling memperkuat kerja sama di forum ASEAN dan G20, menunjukkan peran penting kedua negara dalam kerangka kerja sama regional dan global.

6. Budaya

Kerja sama Indonesia dan Tiongkok juga terjalin dalam bidang sosial dan budaya. Melansir dari laman Kompas.id, kerja sama ini mencakup pertukaran pelajar, budaya, hingga teknologi. Hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Tiongkok juga terlihat dalam dukungan satu sama lain di masa sulit. Produk makanan Indonesia dan Tiongkok juga semakin populer di negara satu sama lain, seperti adanya hot pot yang populer di Indonesia dan buah tropis yang populer di Tiongkok.

Dalam upaya mendukung hubungan baik antara Indonesia dan Tiongkok, Universitas Ma Chung turut berperan aktif. Salah satunya adalah dengan menjalin relasi yang baik dengan perguruan tinggi di Tiongkok seperti Tongren Polytechnic College, Qingdao University, Tianjin University, Hunan University, dan SIAS University melalui program pertukaran pelajar dan winter camp.

Melalui kerja sama ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk studi di kampus-kampus tersebut, mendapatkan relasi dan pengalaman internasional yang berharga, serta memperoleh kredit transfer.

Selain itu, Universitas Ma Chung juga akan menyelenggarakan rangkaian acara Dies Natalis dan Festival Kampung Pecinan pada 26-28 Juli 2024. Dengan tema “Symphony Budaya Tiongkok-Indonesia”, acara ini akan menghadirkan berbagai penampilan menarik dengan harmonisasi budaya Indonesia dan Tiongkok. Tandai kalender kalian dan saksikanlah puncak kemeriahan Festival Kampung Pecinan dengan berbagai penampilan yang memukau!

Sumber:

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5374/indonesia-dan-republik-rakyat-tiongkok-sepakati-kerja-sama-di-bidang-ekonomi-digital

https://kemlu.go.id/portal/id/read/5258/view/bertemu-pm-tiongkok-wapres-tekankan-penguatan-hubungan-bilateral-dan-kerja-sama-regional-indonesia-tiongkok

https://www.kompas.id/baca/opini/2023/12/06/membangun-dekade-baru-hubungan-tiongkok-indonesia

Sumber Foto: Freepik.com/@macrovector

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP