CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

7 Program Persiapan Karier yang Wajib Diketahui Mahasiswa

by Humas Universitas Ma Chung / 19 March 2024 / Published in Machung

Persiapan karier bagi mahasiswa merupakan langkah penting yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan di masa depan. Dengan mempersiapkan karier sejak dini, mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dunia kerja dan persyaratan yang dibutuhkan dalam bidang yang diminati.

Selain itu, persiapan karier juga membantu mahasiswa untuk mengidentifikasi minat dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki sehingga dapat memilih jalur karier yang sesuai dengan potensi dan tujuan hidupnya. Dengan demikian, persiapan karier bukan hanya tentang mencari pekerjaan setelah lulus, tetapi juga tentang mempersiapkan diri untuk sukses dalam karier yang diinginkan.

Adapun beberapa program persiapan karier yang dapat diikuti mahasiswa ataupun fresh graduate dalam mempersiapkan karier adalah sebagai berikut.

1. Internship

Internship, atau magang, merupakan program yang memungkinkan mahasiswa atau fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung di dalam sebuah perusahaan. Program ini dirancang untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan dan siap untuk diterapkan di dunia kerja. Durasi magang umumnya berkisar antara 3 bulan, 6 bulan, hingga satu tahun.

2. Management Trainee

Management Trainee memiliki konsep dan sistem yang mirip dengan program internship, namun perbedaannya terletak pada statusnya. Seorang peserta internship akan bekerja namun memiliki status sebagai pihak di luar perusahaan, sedangkan seorang Management Trainee merupakan bagian dari perusahaan tersebut. Selain itu, melansir dari laman Nestle.com, seorang Management Trainee akan dipersiapkan dengan keterampilan teknis dan non-teknis yang diperlukan untuk peran manajerial di perusahaan.

3. Graduate Development Program

Melansir dari laman IGI Global.com, Graduate Development Program adalah program yang dijalankan oleh perusahaan di mana lulusan baru mengikuti program pelatihan terstruktur yang umumnya berlangsung selama dua tahun pertama pekerjaan. Tujuan dari program ini adalah untuk membentuk pemimpin masa depan perusahaan.

4. Mentorship

Banyak organisasi dan lembaga yang menawarkan program mentorship untuk membantu mahasiswa dan lulusan baru dalam mempersiapkan karier mereka. Dalam program ini, peserta akan dibimbing oleh seorang mentor yang memberikan bimbingan dan arahan terkait rencana karier yang dimiliki.

5. Online Courses dan Professional Certification Programs

Tak kalah pentingnya, mengikuti kursus online, workshop, dan program sertifikasi profesional merupakan langkah yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan wawasan, melatih keterampilan, dan mendapatkan sertifikat keterampilan yang dapat diandalkan. Hal ini dapat sangat membantu mahasiswa dan fresh graduate dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

6. Volunteer Program

Berpartisipasi dalam program volunteer dapat memberikan manfaat besar dalam mempersiapkan karier. Melalui program ini, mahasiswa dan fresh graduate dapat mengembangkan keterampilan, memperluas jaringan profesional, dan menambah pengalaman kerja yang berharga. Selain itu, pengalaman ini juga dapat menjadi poin tambahan yang kuat dalam CV yang dimiliki.

7. Job Shadowing

Melansir dari laman resumecoach.com, job shadowing merupakan bentuk pelatihan di tempat kerja di mana seorang karyawan dapat belajar langsung dari rekan kerja yang lebih berpengalaman dengan mengamati tindakan mereka. Tujuannya adalah untuk memperoleh pemahaman langsung tentang pekerjaan atau industri di mana karyawan tersebut belum memiliki pengalaman sebelumnya.

Demikian informasi mengenai 7 program persiapan karier yang wajib diketahui mahasiswa. Persiapan karier penting untuk dilakukan mahasiswa maupun fresh graduate agar memiliki kapasitas yang memenuhi untuk pekerjaan dan sukses dalam karier yang diinginkan.

Kabar gembiranya, Universitas Ma Chung memiliki layanan Pusat Karier dan Alumni (RUBIK) yang siap sedia untuk memberikan layanan dan konsultasi seputar karier mahasiswa dan para alumninya.

Selain itu, Universitas Ma Chung juga memiliki email terintegrasi yang memastikan informasi mengenai peluang magang, graduate development program, dan lowongan pekerjaan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh mahasiswa dan alumni sehingga dapat membantu mereka mempersiapkan karier.

Hal ini mencerminkan komitmen universitas dalam memberikan dukungan penuh bagi kesuksesan karier para mahasiswa dan alumni, sekaligus menunjukkan sinergi yang kuat antara universitas, mahasiswa, dan alumni dalam mencapai tujuan bersama. Tentunya hal ini menjadi bentuk nyata kegigihan dan sinergi bersama demi mewujudkan karier yang gemilang.

Sumber:

igi-global.com

Resumecoach.com

Nestle.co.id

Sumber Foto: Freepik.com/pressfoto

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP