CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

6 Tips Bertahan Hidup Saat Kuliah di Luar Negeri

by superadmin / 22 April 2022 / Published in Machung

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan gelar tinggi dari universitas ternama di luar negeri? Apalagi sekarang  banyak pihak yang menyediakan beasiswa pendidikan tinggi baik S1 hingga S3 ke luar negeri loh. Namun, bagi sebagian orang kuliah di luar negeri masih jadi hal yang menakutkan. Alasannya, jauh dari keluarga, sulit beradaptasi, hingga biaya hidup yang tinggi. Alhasil, beberapa alasan tersebut, membuat beberapa orang jadi takut untuk mendaftar kuliah ke luar negeri.

Padahal, kuliah di luar negeri memiliki banyak keuntungan loh, salah satunya yaitu bisa mendapatkan pengalaman dan pemahaman baru tentang tempat-tempat atau budaya di negara tersebut. Nah,inilah 6 tips bertahan hidup di luar negeri untuk kalian yang akan kuliah di luar negeri.

Tips Bertahan Hidup Saat Kuliah di Luar Negeri
Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels

Mengerti Bahasa yang Digunakan di Negara Tersebut

Yang harus kalian lakukan sebelum memutuskan untuk merantau ke luar negeri, yaitu memahami lebih mendalam bahasa nasional yang digunakan di negara tersebut. Hal ini akan mempermudah kalian beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, akan lebih mudah juga untuk mendapatkan teman baru, sehingga kalian tidak akan kesulitan bertahan hidup di luar negeri. Jika memang belum terlalu mahir ada baiknya selalu membawa buku saku/kamus kecil tentang bahasa negara tersebut atau bisa juga menggunakan google translate. Meskipun tidak semua bahasa hasil google translate akurat, tapi setidaknya bisa digunakan saat sedang terdesak.

Mencari Relasi Sebanyak Mungkin

Setelah mengerti bahasanya, selanjutnya yaitu membangun relasi dengan banyak teman. Meskipun mendapatkan teman memang sulit karena budaya yang berbeda, tetapi tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengajak bicara beberapa teman baru di sekitar kalian. Karena akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan selama memiliki relasi yang baik dan membantu kalian untuk bertahan hidup di luar negeri. Salah satunya yaitu, kalian bisa memiliki yaitu mendapatkan informasi-informasi  menarik seputar beasiswa, lowongan kerja part-time, lingkungan sekitar, tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi, hingga dormitori yang murah di sekitar kampus. Selain itu kalian juga bisa meminta bantuan pada teman saat sedang kesulitan atau memiliki masalah.

Pintar Mengatur Pengeluaran dengan Hidup Hemat

Bagi sebagian orang perilaku hemat mungkin cukup sulit diterapkan, apalagi kalau gaya hidupnya terbiasa hedonism. Namun kebiasaan hidup hemat ini harus wajib kalian miliki apabila ingin bertahan hidup di luar negeri. Jumlah pengeluaran jangan sampai melebihi jumlah tabungan yang kalian miliki ya, sebisa mungkin untuk selalu menyisihkan sedikit uang untuk menabung. Karena jika sewaktu – waktu kalian memiliki kebutuhan yang mendesak, tabungan ini akan bermanfaat untuk menyelesaikan masalah kalian. Keuntungan lainnya, kalian bisa belajar mengelola keuangan dengan baik.

Mencari Tambahan Biaya

Banyak dari mereka yang kuliah di luar negeri memanfaatkan waktu senggang mereka dengan mencari tambahan biaya. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan tambahan biaya agar bisa bertahan hidup di luar negeri seperti, Menjadi Guru private, untuk kalian yang pintar memiliki kemampuan baik di bidang akademis bisa memanfaatkan kelebihan kalian untuk menjadi guru privat. Untuk kalian yang pintar mengatur waktu, bisa mencoba untuk mencari pekerjaan part-time, contohnya sebagai pramusaji di kafe/restoran, penjaga minimarket, pengantar makanan, cleaner service, dan sebagainya. Tak hanya itu kalian juga bisa bekerja secara online sebagai freelance, melalui website khusus untuk mengisi waktu luang setelah kuliah.

Menjaga Kesehatan dan Mengenali Cuaca

Saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kalian harus mengenal cuaca dan lingkungan di negara tersebut untuk bertahan hidup di luar negeri. Jangan sampai salah memperkirakan cuaca karena hal ini dapat memicu kondisi kesehatan kalian dan masalah fatal lainnya. Pastikan untuk selalu menjaga pola makan, istirahat cukup, dan olahraga yang teratur. Karena kesehatan sangat penting, so don’t be ignorant of your health!

Mengerti Cara Melakukan Pekerjaan Rumah

Terakhir, sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri pastikan kalian sudah tahu cara melakukan pekerjaan rumah agar lebih muda bertahan hidup di luar negeri. Seperti halnya mencuci pakaian, memasak, menyapu, dan sebagainya. Mungkin hal itu terbilang sepele, tetapi sangat berguna untuk kalian yang jauh dari keluarga.

machung.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP