CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

6 Cara Bijak Memanfaatkan Uang Beasiswa

by superadmin / 22 April 2022 / Published in Machung

Saat ini mungkin sudah banyak pihak penyedia beasiswa untuk pendidikan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa sendiri bermacam-macam, ada beasiswa full/penuh ada juga beasiswa sebagian. Beasiswa sebagian hanya meliputi biaya pendidikan, tidak menanggung biaya kebutuhan lainnya. Adapun untuk beasiswa penuh sudah meliputi biaya kuliah, biaya kebutuhan hidup setiap bulan, biaya transport, kesehatan dan fasilitas tambahan lain. Oleh sebab itu bagi kamu yang mendapatkan beasiswa penuh, berbanggalah karena hampir semua kebutuhanmu sudah di tanggung oleh pihak penyedia beasiswa. Meskipun begitu, kamu juga harus berhati-hati menggunakan uang beasiswa, agar tidak keliru simak 6 cara bijak memanfaatkan uang beasiswa yang bisa kalian  berikut ini.

Cara Bijak Memanfaatkan Uang Beasiswa
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Gunakan Untuk Keperluan Pendidikan

Cara bijak  memanfaatkan uang beasiswa yang pertama adalah gunakan beasiswa untuk keperluan yang menunjang pendidikan. Tujuan utama dari beasiswa sebenarnya untuk meringankan beban para murid/mahasiswa yang membutuhkan bantuan biaya, dalam kelangsungan pendidikan mereka. Jadi sudah semestinya jika dana beasiswa digunakan untuk membayar uang pangkal, uang kuliah tunggal, biaya les, membeli buku, atau keperluan pendidikan lain. Utamakan untuk keperluan pendidikan terlebih dahulu ya.

Buat Catatan Kebutuhan dan Pengeluaran

Agar mudah mengelola keuangan, sebaiknya siapkan satu buku khusus untuk catatan perencanaan keuangan, pengeluaran dan pemasukan setiap bulan. Catat kebutuhan dengan skala prioritas mulai dari yang paling utama hingga yang dapat ditunda. Kamu juga perlu mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap minggu atau setiap bulan, secara rutin. Mulai dari pengeluaran untuk transportasi, makan sehari-hari, kebutuhan pribadi, pemasukan dari pihak pemberi beasiswa serta pengeluaran dan pemasukan tak terduga lain, kalau bisa catat semua sedetail mungkin. Dengan cara bijak  memanfaatkan uang beasiswa ini kamu akan tahu pengeluaran-pengeluaran apa saja yang sekiranya perlu dan tidak perlu. Tak hanya itu kamu juga dapat mengontrol pengeluaran di bulan berikutnya, sehingga uang beasiswamu akan aman untuk bisa ditabung.

Tabung Sebagian

Setelah kebutuhan pendidikan dan kebutuhan pribadi lainnya tercukupi, sebisa mungkin sisihkan beberapa uang beasiswa untuk di tabung sebagai cara bijak memanfaatkan uang beasiswa. Tujuannya agar nanti bisa kamu gunakan dalam jangka waktu panjang atau jika sewaktu-waktu ada kebutuhan lain yang tidak terduga. Sehingga tidak perlu bingung mencari pinjaman dana atau meminta uang orang tua lagi.

Gunakan Untuk Bisnis

Untuk penerima beasiswa full, cara bijak memanfaatkan uang beasiswa adalah dengan memanfaatkan sisa uang beasiswa yang telah kalian tabung untuk modal berbisnis. Dengan berbisnis tabungan kalian akan terus berputar dan bisa mendatangkan keuntungan yang lebih, sehingga kalian bisa mendapatkan pemasukan baru selain dari beasiswa atau  orang tua. So, jangan sia-siakan kesempatan dan bijak memanfaatkan uang beasiswa untuk mulai berbisnis ya.

Gunakan untuk Asah Soft Skill

Setelah menyisihkan beberapa uang dari beasiswa, kalian bisa gunakan uang tersebut untuk mengikuti beberapa les atau kursus. Hal ini juga merupakan cara bijak memanfaatkan uang beasiswa yang nantinya dapat mengasah softskill kamu. Softskill tersebut diantara lainnya seperti kemampuan berbahasa asing lain, desain grafis, melukis, bermain musik, belajar bisnis, marketing dan sejenisnya. Dengan softskill yang kamu punya akan menambah nilai lebih di dunia kerja. Bahkan, memiliki softskill akan tetap berguna saat kamu pensiun nanti.

Masak Sendiri

Pengeluaran yang paling banyak selain untuk biaya pendidikan yaitu pengeluaran untuk  makan sehari-hari. Oleh sebab itu cara bijak memanfaatkan uang beasiswa selanjutnya kamu bisa menabung sebagian uang beasiswa yang kamu miliki dengan memasak makanan sendiri, selain lebih sehat kamu juga bisa berhemat. Menurut beberapa mahasiswa lain yang mengenyam pendidikan di luar negeri maupun di luar kota, memasak sendiri dapat menekan pengeluaran hingga 70% dari pengeluaran mereka biasanya. Selain itu juga bisa mengasah skill memasak dan merefresh otakmu saat sedang tertekan karena banyak tugas.

machung.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP