CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

5 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa

by superadmin / 22 April 2022 / Published in Machung

Apa itu soft skill? Ini adalah kemampuan yang berkaitan dengan interaksi antara satu sama lain. Dalam dunia kemahasiswaan, tentunya interaksi antara mahasiswa, dosen, dan teman-teman organisasi pastinya tak terhindarkan.  Universitas Ma Chung menjadi salah satu kampus terbaik yang menerapkan langkah peningkatan kualitas mahasiswa melalui edukasi soft skill. Selain itu mahasiswanya juga akan mendapatkan wawasan baru dari webinar, E-Learning, dan lain-lain. Machung sendiri merupakan kampus yang berlokasi di wilayah strategis, produktif, serta memberikan kemudahan untuk mengembangkan diri dengan baik. Hadirnya fasilitas E-Learning bisa memacu kamu menjadi mahasiswa yang lebih unggul dan berprestasi.

Dari sinilah, penguasaan soft skill yang bagus akan memberikan dampak yang sangat positif dalam pengembangan diri yang lebih baik. Sudah pasti mahasiswa terkait juga akan bisa mendapatkan banyak manfaat yang maksimal. Lalu apa saja soft skill yang wajib dikuasai mahasiswa tersebut? Berikut selengkapnya.

Soft Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa
Foto oleh fauxels dari Pexels

Kemampuan Untuk Berpikir Secara Kritis

Pertama, adalah kemampuan bagi mereka untuk berpikir secara kritis. Ada banyak tugas dan permasalahan yang dihadapi ketika menjadi mahasiswa. Dan masalah atau tugas tersebut tidak bisa diselesaikan se-simple yang dibayangkan. Oleh karena itu mahasiswa sangat membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Ini adalah kemampuan untuk berpikir out of the box, yang mana akan mampu memberikan solusi jangka panjang lebih baik nantinya. Kemampuan ini juga sangat bagus untuk membuat tugas kuliah terselesaikan dengan baik.

Mampu Bekerja Sama dengan Anggota Tim

Soft skill yang wajib dikuasasi berikutnya adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan anggota tim. Jadi kamu tidak boleh mengedepankan yang namanya emosi ketika hendak bekerja sama dalam tim. Kamu harus benar-benar paham betul bagaimana cara mencari solusi berdasarkan pada solusi yang terbaik untuk semuanya. Mungkin dalam tahapan awal, hal itu masih kaku untuk dilakukan. Tapi jika kamu sudah sering bekerja sama dengan tim, pastinya lambat laun kamu akan semakin mahir di mindset satu ini.

Bisa Menangani Konflik Tanpa Mengedepankan Emosi

Soft skill yang wajib dikuasai mahasiswa yang ketiga adalah mampu menangani konflik yang ada di depan dengan baik. Sekali lagi, jangan pernah mengedepankan yang namanya emosi. Kenapa? Karena emosi hanya akan menghancurkan segalanya. Utamakan berpikiran secara logis dan selalu mengedepankan kebaikan bersama.

Percaya Diri dalam Mengemukakan Pendapat

Lalu, soft skill yang wajib dikuasai mahasiswa yang juga tak kalah pentingnya adalah bersikap percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau berkomunikasi satu sama lain. Berani untuk berbicara adalah sesuatu yang amat penting untuk kamu lakukan. Karena terkadang diam tidak selamanya adalah emas. Jika kondisi terdesak, kamu juga harus mampu mengemukakan pendapatmu.

Mengedepankan Pemecahan Masalah Daripada Memperkeruh

Soft skill yang wajib dikuasai mahasiswa yang terakhir adalah menjadi pribadi yang mengedepankan pemecahan masalah. Jika ada pihak lain yang berupaya memperkeruh suasana, jangan malah ikut-ikutan memperkeruhnya. Kamu harus langsung berpikir untuk memecahkan masalah yang ada di depan dengan baik.

machung.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP