CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

5 Cara Tepat Membagi Waktu Kuliah dan Berorganisasi

by superadmin / 21 April 2022 / Published in Machung

Bingung menentukan antara kuliah atau berorganisasi? Tidak perlu bingung, cobalah untuk membuat prioritas antara keduanya hingga kamu bisa menjalaninya dengan sukses. Mahasiswa yang berkualitas ialah mahasiswa yang bisa membagi waktu serta menjalankan soft skill dan hard skill secara seimbang. Tentunya untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas dibutuhkan spesifikasi-spesifikasi yang harus kalian jalanai dengan baik. Tanpa adanya komitmen dalam membagi waktu dalam berkuliah dan berorganisasi, bisa dipastikan kuliahmu akan sedikit terganggu bahkan kamu akan kelabakan dalam  menghadapi keduanya.

Terus apa yang harus kamu lakukan? daripada semakin bingung yuk simak beberapa ulasan berikut tentang 5 cara tepat membagi waktu kuliah dan berorganisasi.

Cara Tepat Membagi Waktu Kuliah dan Berorganisasi
Foto oleh Monstera dari Pexels

Tentukan Prioritas Utama Kamu

Cara membagi waktu yang pertama adalah tentukan prioritas yang harus diutamakan terlebih dahulu. Putuskan juga mana yang lebih penting, kuliah atau organisasi. Dan tentunya kamu harus mendahulukan kuliah dan tugas kuliah kamu karena tujuan utama kamu datang ke kampus adalah kuliah dan mendapatkan ilmu. Tentunya, di organisasi juga banyak pelajaran yang dapat diambil, tetapi kamu tetap harus fokus dengan kuliah kamu agar mencapai tujuan yang kamu impikan selama ini.

Manajemen Waktu yang Baik

Kamu bisa membeli jam, tapi tidak bisa membeli waktu. Sedikit saja waktu kamu buang sia-sia, maka kamu akan merugi. Biasakan membuat perencanaan waktu dengan cara membagi waktu. Jika kamu aktivis, buatlah timeline atau semacam daftar harian yang terangkum jadi satu dalam buku agenda harian kamu. Biasakanlah untuk membuat perencanaan dari kegiatan yang akan kamu lakukan.

Tulis semua kegiatan dalam bentuk jadwal maupun timeline dari bangun tidur hingga kita beranjak ke tempat tidur. Buatlah perencanaan secara detail mulai dari harian, bulanan hingga tahunan. Dengan kegiatan yang terencana dan terjadwal kita akan memiliki panduan yang jelas, sehingga kita tahu kapan kita harus melakukan dan menyelesaikan kegiatan-kegiatan tersebut.

Buat To-do-list

Buat kamu yang selalu bingung dalam membagi waktu dalam mengerjakan tugas, ada baiknya kamu membuat memo kecil untuk mengingatkanmu apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Dengan begitu jadwal kamu akan lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik satu persatu, baik itu tugas kuliah maupun tugas di organisasi kalian.

Jangan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan yang menyenangkan bagi kamu, membuat kamu menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan saat ini. Apalagi jika sudah mendekati deadline. Jangan pernah salahkan siapapun jika tugas yang kamu kerjaan menjadi terbengkalai. Efeknya mungkin tidak akan terasa pada saat ini, melainkan pada masa depan kamu.

Tidak menunda pekerjaan merupakan salah satu cermin disiplin pribadi kamu. Jika saat ini kamu sedang menyelesaikan program skripsi kamu, jangan pernah menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Mahasiswa yang cepat selesai kuliah, belum tentu mahasiswa tersebut cerdas. Melainkan mahasiswa tersebut rajin dan mampu membagi waktu dengan baik. Baik bimbingan maupun belajarnya. Jangan sampai kamu yang memiliki potensi besar kalah dengan mahasiswa yang biasa-biasa saja hanya karena kamu suka menunda-nunda pekerjaan.

Isitrahatlah pada Waktunya

Saat kamu lelah akan tugasmu baik di perkuliahan maupun organisasi, itulah waktu yang tepat untuk kamu beristirah. Kamu bisa melakukan “Me-Time” seperti jalan-jalan, pergi bersama teman, dan lain-lain. Pastikan kamu membagi waktu dan mengambil istirahat yang cukup karena kamu bukanlah robot. Jika istirahatmu cukup, kamu akan lebih bertenaga dalam menghadapi tugas kuliahmu maupun organisasi lebih lanjut.

machung.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP