CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

5 Alasan Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman

by superadmin / 22 April 2022 / Published in Machung

Keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya bergantung pada faktor pengajar atau pebelajar saja. Perlu diketahui, bahwa keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari sarana prasarana hingga lingkungan belajar. Salah satu faktor penting dalam memaksimalkan proses pembelajaran adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Mengapa lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif sangatlah perlu untuk diciptakan? Inilah 5 alasannya.

Alasan Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman
Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Alasan pertama menciptakan lingkungan belajar yang nyaman adalah karena belajar merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Kita akan lebih mudah berkonsentrasi jika berada di tempat yang nyaman dan tenang. Begitu pun ketika belajar, pastikan lingkungan belajarmu sudah cukup nyaman dan kondusif agar proses belajarmu tidak terganggu. Dengan belajar di lingkungan yang nyaman, kita tentu akan lebih mudah berkonsentrasi dalam memahami materi yang akan dipelajari.

Tidak Stress dan Tegang

Alasan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman berikutnya adalah untuk mengurangi rasa stress dan tegang. Pernahkah kalian merasa tertekan dan stress ketika akan atau sedang belajar? Hal tersebut bisa saja terjadi dalam kondisi tertentu. Tidak jarang kondisi tersebut membuat proses belajar menjadi kurang maksimal.

Kalian bisa mengurangi rasa stress dan tegang tersebut dengan menciptakan suasana nyaman di sekitarmu, mulai mendengarkan musik, memilih spot belajar yang asik, hingga belajar ditemani cemilan favorit. Jika rasa nyaman sudah terbentuk, tentu kalian tidak akan stress dan tegang, bukan?

Meningkatkan Gairah Belajar

Alasan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman lainnya adalah untuk meningkatkan gairah belajar. Motivasi menjadi hal yang penting dalam keberhasilan proses belajar. Membangun motivasi belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Tentu saja, lingkungan yang nyaman dan menyenangkan akan membuat seseorang lebih bersemangat untuk belajar. Pada akhirnya, motivasi tersebut dapat dijadikan gaya dorong dalam pencapaian prestasi.

Belajar Lebih Efektif dan Efisien

Alasan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman adalah agar dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif akan membuat waktu belajarmu lebih efektif dan efisien. Bagaimana tidak, ketika belajar dengan suasana hati yang senang, otak akan lebih mudah menyerap materi. Kalian tidak lagi perlu membuang-buang waktu untuk mengulang materi. Hal tersebut sangat berbanding terbalik jika kalian belajar di lingkungan yang kurang nyaman dan tidak kondusif. Waktu kalian akan terbuang percuma hanya karena kesulitan berkonsentrasi pada saat belajar.

Hasil Belajar Optimal

Alasan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman yang terakhir adalah agar hasil belajar menjadi lebih optimal. Dari semua manfaat sebelumnya, pada akhirnya lingkungan yang nyaman dan kondusif akan memberikan manfaat besar bagi peningkatan hasil belajar seseorang. Lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif akan membentuk iklim belajar yang menyenangkan. Proses belajar yang menyenangkan tentu akan membantu mengoptimalkan hasil belajar kalian.

machung.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP